WICAKSANA: Jurnal Lingkungan dan Pembangunan
Vol 2, No 2 (2018)

PENGARUH PENGALAMAN BERTRANSAKSI SECARA ONLINE DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DAN WORD OF MOUTH (Studi Kasus Pada Produk Fashion Di Kota Denpasar)

Sumartini, Ade Ruly (Unknown)
Mandasari, I.A Cynthia Saisaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Didalam pemasaran, kepuasan pelanggan merupakan aspek yang paling penting dan memberikan kontribusi bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Pemasaran dalam perkembangannya telah berkembang dari cara konvensional ke cara yang lebih berteknologi yaitu secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengalaman bertransaksi produk fashion secara online terhadap kepuasan pelanggan serta word of mouth. Penelitian ini dilakukan di Denpasar. Penentuan sampelnya adalah 55 orang yang membeli produk fashion melalui toko online minimal 1 kali dalam 6 bulan terakhir ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis PLS (Partial Least Square). Penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman berbelanja online memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, serta penyebaran informasi dari mulut ke mulut. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyebaran informasi dari mulut ke mulut.Kepuasan pelanggan juga memberikan pengaruh yang tidak langsung antara pengalaman bertransaksi secara online terhadap word of mouth. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan basis bagi toko online yang menjual produk fashion untuk memberikan pengalaman yang memuaskan dalam bertransaksi secara online serta meningkatkan kemauan pelanggan untuk menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut melalui kepuasan pelanggan. Kata Kunci: pengalaman berbelanja, kepuasan pelanggan, word of mouth

Copyrights © 2018