Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist
Vol 2, No 1 (2018): Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist

PENGUJIAN TEORI PECKING MODEL DAN TRADE-OFF DALAM ANALISIS STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Pasaribu, Dompak (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori pecking model dan teori trade-off dalam analisis struktur modal di Bursa Efek Indonesia. Teori pecking order diwakili oleh variable profitabilitas dan ukuran perusahaan, sementara variabel-variabel struktur aktiva dan fasilitas perpajakan mewakili teori trade-off. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa rasio-rasio keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2011-2017. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 7 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan variabel terikat adalah debt ratio; sedangkan struktur aktiva, fasiltias perpajakan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas bertindak sebagai variabel bebas. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur aktiva memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap rasio hutang perusahaan. Sementara variabel fasilitas perpajakan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap rasio hutang perusahaan. Secara simultan, variabel-variabel bebas dapat mempengaruhi rasio hutang secara signifikan. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa teori Pecking Model dan Trade Off masih relevan digunakan sebagai teori yang mempengaruhi struktur modal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jsika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Methosika: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Methodist adalah media informasi karya ilmiah pada ilmu Akuntansi dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia, terbit 2 (dua) kali setahun, pada bulan Oktober dan April. Media ini terbuka untuk ...