Jurnal Pustaka Ilmiah
Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pustaka Ilmiah

PENGEMBANGAN SISTEM OTOMASI DAN KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPINYA (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG)

Wahyudi, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan sistem otomasi di Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Selain itu untuk mengetahui spesifikasi teknis, tahapan pelaksanaan kegiatan, mengetahui kendala yang dihadapi, dan mengetahui keunggulan serta kekurangan dari pemakaian aplikasi SLiMS. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian yang akandigunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu di Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dalam mengembangkan sistem otomasi perpustakaan menggunakan software Senayan Library Management System atau SLiMS untuk mengelola sistem informasi manajemen perpustakaan. Kegiatan pengembangan sistem otomasi yang terapkan di Perpustakaan Politeknik Ilmu PelayaranSemarang dalam pengoperasian SLiMS pada server sering mengalami gangguan dikarenakaan pada penggunaan XAMPP yang kurang support untuk digunakan di Windows Server 2012R2 yang dipakai pada server, sehingga dalam pengoperasiannya harus meremote dari komputer client di ruang pengolahan dengan menggunakan Teamviewer untuk men-stop apache dan mysql kemudian men-startnya kembali agar dapat online dan dapat dioperasikan kembali. Solusi untuk mengatasi masalah tersebutkedepan yaitu mengganti XAMPP yang support dengan Windows Server 2012R2 dan akan mengganti OS (operating system) menggunakan LINUX agar lebih aman dari hack dan lebih ringan pengoperasian data basenya. SLiMS banyak digunakan di berbagai jenis perpustakaan di Indonesia karena SLiMS memiliki kekuatan besar pada peran penting komunitas yang terbentuk dihampir setiap kota di Indonesia.Kata kunci: Sistem Otomasi Perpustakaan, open source, Senayan Library Management System (SLiMS)

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalpustakailmiah

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Pustaka Ilmiah (JPI) presents up to date information on the research results in the field of library management, organization of information, information services, digital library and repositories, IT, media and information literacy, knowledge management, information and media preservation. ...