Teacher in Educational Research
Vol 1, No 2 (2019)

DIRECTED READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Haryati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2019

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia materi teks laporan dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) . Subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Padureso. Setting penelitian dari bulan Juli sampai Oktober 2018 bertempat di SD Negeri Padureso Prosedur Penelitian Tindakan kelas dirancang 2 siklus  dengan tahap-tahap perencanaan, tindakan , obsevasi, dan refleksi. Pada setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan .Teknik pengumpulan data: tes yang berupa butir soal dan non tes yang berupa lembar pengamatan/observasi. Teknik analisis data: diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar kondisi awal, siklus I, siklus II.  Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap kondisi awal ada 2 siswa (15,38%) yang tuntas dan 11 siswa (84,61%) belum tuntas dengan nilai  rata-rata 48,96. Pada siklus I, siswa yang tuntas  7 siswa (53,84%), siswa yang belum tuntas  6 siswa (46,15%) dengan nilai  rata-rata 63,07. Pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 10 siswa (76,92%), siswa yang belum tuntas menjadi 1 siswa (23,07%), dengan nilai rata-rata 70,38. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi directed reading thinking activity dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 7,31 dan ketuntasan belajar klasikal: dari sklus I ke siklus II sebesar 30%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

TER

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Teacher in Educational Research is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the ...