Ekonomi Bisnis
Tahun 20, No. 2, Juli 2015

EVALUASI MODEL PEMBERDAYAAN KOPERASI INTAKO PADA UMKM DI SENTRA INDUSTRI TAS DAN KOPER TANGGULANGIN SIDOARJO SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEMISKINAN

Aminy, Aisyah (Unknown)
Wisadirana, Darsono (Unknown)
M. Siahaan, Hotman (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2015

Abstract

Peranan UMKM yang begitu besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan mencegah kemiskinan.UMKM memberikan kontribusi yang mencapai 54,34% terhadap total nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur pada Tahun 2012. Dibalik potensinya, UMKM memiliki kendala dan keterbatasan baik secara internal maupun eksternal sehingga pemberdayaan perlu dilakukan. Pendekatan sentra atau clustering dianggap merupakan strategi yang tepat untuk melakukan pemberdayaan UMKM. Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin Sidoarjo memiliki model pemberdayaan untuk memaksimalkan pengembangan sentra yaitu dengan adanya Koperasi INTAKO. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pemberdayaan Koperasi INTAKO pada UMKM yang sudah dijalankan di sentra industri tas dankoper Tanggulangin Sidoarjo, (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas model pemberdayaan tersebut, dan (3) menyusun formulasi model pemberdayaan Koperasi INTAKO yang efektif pada UMKM di sentra tersebut dalam pencegahan kemiskinan. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya modifikasi pada berbagai program yang selama ini dijalankan oleh Koperasi INTAKO sebagai bentuk pemberdayaan kepada anggotanya. Dengan modifikasi model pemberdayaan Koperasi INTAKO tersebut diharapkan menjadi sebuah upaya pencegahan kemiskinan terutama bagi pelaku usaha mikro.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, ...