G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol. 1 No. 2 (2018): April 2018

PEGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH BENGKEL DAN INSTRUMEN K3

Wardani, Endah Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Mind Mapping berbasis Problem Solving terhadap keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Bengkel dan Instrumen K3. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa semester II Pendidikan Teknik Elektro Universitas PGRI Madiun. Sampel yang digunakan satu kelas, yaitu berjumlah 11 mahasiswa dan  menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan angket. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan uji statistik menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penerapan media yaitu sebesar 61,64, dan rata-rata untuk keatifan yaitu sebesar 46,73. Sedangkan hasil korelasi product moment menunjukkan nilai sig. 0,028, yang artinya terdapat pengaruh antara media pembelajaran Mind Mapping berbasis Problem Solving terhadap keaktifan belajar mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...