Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

YULAINI, ERMA (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2017

Abstract

ABSTRAKModel pembelajaran Make-A Match adalah salah satu pembelajaran kooperatif dengan mencari pasangan digunakan untuk memahami suatu konsep atau informasi tertentu yang harus ditemukan peserta didik. Peserta didik dapat mencari pasangan sambil belajar menggali satu konsep atau tema dalam suasana yang menyenangkan. Peserta didik yang telah memiliki kartu soal diminta untuk mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban dengan cara mencocokkannya dan diberikan point atau nilai-reward bagi yang berhasil dengan batas waktu yang ditentukan. Pada kegiatan pembelajaran akuntansi, tenaga pengajar masih cenderung menyampaikan materi ajar denganmenggunakan metode ceramah, metode latihan serta metode pemberian tugas. Penggunaan metode ceramah akan menjadi tidak efektif dan membosankan biladidalamnya tidak disertai penerapan model pembelajaran tertentu. Demikian juga dengan penggunaan metode latihan yang menoton akan membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif dan memberikan peluang siswa hanya mencontohdari hasil yang didapat dari temannya. Metode lain yang sering digunakan tenaga pengajar adalah metode pemberian tugas yang biasanya membuat siswa mengeluh karena tidak sedikit peserta didik yang mengalami kesulitan untukmengolah informasi yang telah diterimanya pada saat materi pelajaran disampaikan untuk kemudian dikomunikasikan dalam menyelesaikan tugas. Oleh sebab itu untuk bisa memahami mata pelajaran akuntansi dan meningkatkanhasil belajar siswa tersebut maka guru bidang studi atau pendidik berupaya untuk dapat memotivasi belajar siswa dengan salah satu cara yaitu menggunakan strategi model pembelajaran kooperatif Make A Match atau mencari pasangan, Penerapan model pembelajaran make-a match ini dimulai dengan teknik, yaitu dengan cara Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya. Setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya. Setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai-reward, kartu dikumpul dan dikocok, untuk babak berikutnya, dilanjutkan pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, serta refleksi sehingga guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran Make-A Match pada mata pelajaran akuntansi yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami konsep-konsep dasar akuntansi sehingga diharapkan kejenuan dan kesulitan terhadap mata pelajaran akuntansi bisa teratasi dan hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat sesuai dengan standar ketuntasan minimal (KKM).Kata kunci : Model Pembelajaran Make A Match, pembelajaran akuntansi

Copyrights © 0000