JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia)
Vol 9, No 2 (2019)

PERSEPSI DAN MINAT MASYARKAT TERHADAP ASURANSI SYARIAH DI KABUPATEN TANGERANG

Khumaini, Sabik (Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Husein, Muh Turizal (Universitas Muhammadiyah Tangerang )



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

AbstractIslamic insurance is an effort to protect each other and help among a number of people through investments in the form of assets or tabarru 'which provide a pattern of taking to face certain risks or dangers through a contract that is in accordance with sharia. This study aims to determine and analyze people's perceptions and interests in Islamic insurance in Tangerang Region.The sampling technique uses purposive sampling method. The data used are primary data obtained based on respondents' answers to the questionnaire given. This study uses multiple linear regression analysis methods with the classic assumption test, descriptive analysis, t test (partial), F test (simultaneously), and coefficient test.The results showed that partially the perception and interest variables of the community had a significant positive effect on islamic insurance. Furthermore, simultaneously the perception variable, and community interest have a significant positive effect on islamic insurance in Tangerang Region with a level of significance of less than 5%.Keywords: insurance, Islamic, perception, interestAbstrakAsuransi syariah adalah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang yang melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru? yang memberikan pola pengambilan untuk menghadapi risiko atau bahaya tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi dan minat masyarakat terhadap asuransi syariah di Kabupaten Tangerang.Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap kuesioner yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, uji t (secara parsial), uji F (secara simultan), dan uji koefisien.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel persepsi dan minat masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap asuransi syariah. Selanjutnya, secara simultan variabel persepsi, dan minat masyarakat berpengaruh positif signifikan terhadap asuransi syariah di Kabupaten Tangerang dengan level of significance kurang dari 5%.Kata kunci: Asuransi, Syariah, Persepsi, Minat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JESI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JESI: Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia adalah jurnal ekonomi yang memberikan kajian ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Jurnal JESI berupaya untuk menyajikan hasil karya ilmiah, dalam bentuk tulisan yang mengulas pokok permasalahan perekonomian yang berlandaskan syariah ...