Jurnal Geuthee
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Geuthee : Penelitian Multidisiplin

IDENTIFIKASI KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (STUDI PENELITIAN DI SMP NEGERI 2 PEUKAN PIDIE)

Rahmah, Tuti Rahmah (Unknown)
Fajri, Heri Fajri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2018

Abstract

Penelitian yang berjudul Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 2 Pekan Pidie ini, mengangkat masalah yaitu kesulitan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, penilain pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Peukan Pidie. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri 2 Peukan Pidie yang berjumlah 25 orang. Metode yang di gunakan deskriptif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Analisis data di cara dengan menghitung presentase sederhana dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesulitan guru dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, diperoleh skor rata-rata 3,21 dan termasuk dalam katagori biasa saja. Kemudian tigkat kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, diperoleh skor rata-rata 3,18 dan termasuk dalam kategori biasa saja. Sedangkan tingkat kesulitan guru dalam penilaian pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, diperoleh skor rata-rata 2,92 dan termasuk dalam katagori biasa saja. Karena tingginya persentase pilihan jawaban sulit pada tahapan penilaian daripada tahapan yang lain, maka tahapan penilaian yang paling sulit dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Energy Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Bidang penelitian yang akan dilakukan oleh jurnal ini meliputi: hukum, pendidikan, sains dan teknologi, dan sosial ...