Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science
Vol 2 No 1 (2020): Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science

MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA MELALUI PERMAINAN HYPONIM

Patahuddin, Patahuddin (Unknown)
Syawal, Syawal (Unknown)
Namrullah, Zulwahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah siswa terkait pada penguasaan kosa kata dalam pengajaran bahasa Inggris. Dimana nilai siswa dikategorikan sedang (cukup) berdasarkan penilaian. Disamping itu kebanyakan siswa tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris dan siswa juga sulit me ngerti tentang materi. Oleh karena itu, penguasaan kosa kata siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan permainan hyponymy dapat meningkatkan kosa kata siswa. Peneliti meggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain dua kelompok test awal dan test akhir. Bentuk test adalah test kosa kata yang berhubungan dengan teks describetive yang berisi 25 soal. Sampel dipilih dengan menggunakan tehnik random sampling yang terdiri dari 60 siswa dari dua kelas yang diambil dari populasi siswa kelas sepuluh SMK Negeri 3 Parepare. Dimana kelas X.TKJ.1 sebagai kelas percobaan dan X Multimedia.1 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata siswa meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pre-test adalah 55.86 dan post-test adalah 81.86. Selain nilai yang berbeda dari pre-test dan post-test, nilai rata-rata siswa dalam post-test adalah 81.86 lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Minimal (71) di SMK Negeri 3 Parepare. Setelah menganalisis data dengan menggunakan SPSS 21, hasil dari probabilitas pada post test adalah (0.00) dan nilai signifikan adalah (0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sebagai kesimpulan, pengajaran kosa kata menggunakan permainan hyponim efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas sepuluh SMK Negeri 3 Parepare tahun ajaran 2016/2017.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

klasikal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science [p-ISSN 2656-9914| e-ISSN 2656-8772] publishes a scientific paper on the results of the study and review of the literature in the sphere of education, language teaching and science in primary education, secondary education and higher ...