JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 2 (2020): JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN ANALOGI UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan pada saat ini adalah rendahnya pengembangan kreativitas yang disebakaan oleh pembelajaran yang hanya menuntut peserta didik untuk menguasai konsep dari materi tertentu sehingga kemampuan berpikir kritis dan kreatif jarang dilatihkan, Model pembelajaran berbasis analogi dapat berperan sebagai salah satu strategi pada berbagai pokok bahasan pada materi pelajaran. Strategi ini dapat digunakan sebagai suatu model pembelajaran alternatif untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, tidak hanya itu model pembelajaran jenis ini dapat memecah kebuntuan komunikasi belajar antara pendidik dan peserta didik, pendidik dalam model pembelajaran ini bertugas memberikan bantuan kepada peserta didik dalam memahami konsep dari materi pembelajaran sebelum diinstruksikan untuk menarik kesimpulan melalui aktivitas individu yang terpusat pada peserta didik, hasil penelitian yang telah dilakukan dan beberapa teori pendukung mengatakah bahwa model pembelajaran yang berbasis analogi dianggap sangat baik jika diterapkan pada materi yang bersifat abstrak hal ini dilakukan dalam upaya memperjelas konsep dari materi yang diajarkan, langkah yang terlebih dahulu dilakukan oleh pendidik diantaranya mengkonstruk pikiran peserta didik agar memiliki kreatifitas, Berdasarkan hasil kajian ilmiah yang dilakukan, dengan dukungan hasil penelitian, serta kerangka teori pendukung diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran analogi yang dirancang dalam kajian ilmiah ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam sebuah pembelajaran, karena telah diujicobakan dalam penelitian terdahulu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...