Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUKUR BESARAN DASAR FISIKA MELALUI METODE STAD

-, Casmuti (SMP 1 Bojong Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah )



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMPN 1 Bojong Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 40 siswa, terdiri dari 20 siswa putri dan 20 siswa putra. Prosedur tindakan kelas ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai tolok ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada kompetensi mengukur Besaran Dasar Fisika meningkat, yaitu nilai rata-rata yang menghasilkan 67 atau lebih, dan siswa yang mendapat nilai 67 atau lebih minimalh 85% dari jumlah siswa. Hasil observasi selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh prosentase siswa yang tuntas belajar menunjukkan adanya peningkatan. Siklus I nilai rata-rata kelas 72,75, siswa yang memperoleh nilai ?67. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 79,75 siswa yang memperoleh nilai ?67 sebanyak 34 anak dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%. Simpulan penelitian penerapan metode STAD dapat meningkatkan kemampuan mengukur Besaran Dasar Fisika.Kata Kunci: Besaran Dasar Fisika, Metode Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...