Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2016)

PENGGUNAAN METODE DRILL PADA MATERI AJAR PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN

-, Sutarmiyati (SD Negeri 01 Kepatihan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah )



Article Info

Publish Date
28 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Terbukti dari peningkatan pada nilai rata-rata ulangan pada setiap siklus yaitu pra siklus 64,19; siklus I 71,84; dan siklus II 90,19 diikuti juga peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase nilai setiap siklus yaitu pra siklus 24%; siklus I 51%; dan siklus II 96%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan bermain kartu penjumlahan bilangan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang penjumlahan bilangan pecahan pada pembelajaran Matematika kelas IV. Kata Kunci: Metode Drill, Bermain Kartu, Prestasi Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...