Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 1, No 1 (2014): Juni 2014

BIMBINGAN TERPROGRAM DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rahmawati, Erna (SD Negeri Pesantunan 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes )



Article Info

Publish Date
08 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk mendiskripsikan bimbingan terprogram untuk dapat meningkatkan aktivitas serta kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Pesantunan 02. Rumusan masalah yang tersusun dalam penelitian ini adalah apakah melalui bimbingan terprogram dapat meningkatkan aktivitas kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SD Negeri Pesantunan 02 Kecamatan Wanasari. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu dimulai bulan September 2013 sampai bulan Desember 2013. Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri Pesantunan 02 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini dirancang dengan 3 siklus  dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyusun RPP dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari data yang diperoleh selama melaksanakan siklus I sampai siklus III. Dimana hasil akhiir yang diperoleh dari penelitian ini adalah 86 % atau sangat baik. Saran berkaitaan dengaan penelitian ini antara lain bagi guru hendaknya harus menguasai dan memahami pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan baik.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...