Journal of Physical and Outdoor Education
Vol. 2 No. 1 (2020): Journal of Physical and Outdoor Education

Mengembangkan self-esteem siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament)

Budiman (Unknown)
Kusmantara, Alvi Dwi Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (team games tournament) terhadap self-esteem siwa di SMA Pasundan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain The Randomized pre-test-posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (direct instruction). Instrumen yang digunakan menggunakan angket yang berjumlah 92 pernyataan. Dari analisis data yang didapat hasil t hitung untuk kelas eksperimen sebesar 5,166 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk peningkatan self-esteem siswa yang berarti hipotesis diterima. Sedangkan t hitung yang didapat dari kelas kontrol sebesar 2,156 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 2,060 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran konvensional (direct instruction) untuk peningkatan self esteem siswa yang berarti hipotesis ditolak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpoe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Physical and Outdoor Recreation, a print journal published by Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) STKIP Pasundan Cimahi, which was founded 2019. It publishes articles from high-quality research on Physical Education scope, including teaching-learning Physical ...