Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif

PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI TK AZZAHRA BOJONGSOANG

halimah, nengg (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Taman Kanak-kanak (TK), merupakan wahana asuhan kesejahteraan sosial yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan dasar guna menstimulus perkembangan kemampuan Anak Usia Dini sebelum menempuh jenjang pendidikan selanjtnya. Anak usia dini yakni bayi yang baru lahir sampai anak yang berusia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak atau dikenal dengan istilah Golden Age. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, produk bahasa mereka juga akan meningkat dalam kuantitas, keluasan dan kerumitan. Mereka sering kali berbahasa menggunakan bahasa lisan, tulisan, isyarat, bilangan, lukisan, dan mimik muka. Melalui hasil observasi di TK Azzahra Bojongsoang, permasalahan yang sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun dalam mengenal huruf, anak merasa kesulitan dalam menyebutkan, menuliskan, dan membedakan beberapa huruf. Hal ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun belum berkembang. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu dengan media kartu huruf bergambar, diharapkan dapat memberikan pembendaharaan huruf yang benar kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...