Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Syntax Imperatif

MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS MADRASAH (STUDI KASUS TERHADAP PENGAWAS MADRASAH ALIYAH DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS)

ihsanda, numan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi dari fenomena bahwa Pengawas memerlukan teknik-teknik yang jitu dan efektif agar kegiatan supervisi mampu mencapai tujuan yang diharapkan dan mampu meningkatkan kualitas mengajar guru. Teknik supervisi yang digunakan akan selalu memperhatikan dan terkait banyaknya guru dan variasi mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab guru yang dibimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program perencanaan Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Aliyah, untuk mengetahui pelaksanaan Supervisi Akademik pengawas Madrasah Aliyah, untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi partisipasi dengan mengamati sekaligus mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang supervisi akademik pengawas madrasah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi akademik Pengawas Madrasah Aliyah di Kementerian Agama Kantor Kabupaten Ciamis dilakukan dengan memenuhi standar prosedural dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan menggunakan seperangkat instrumen yang diperlukan serta dilakukan dengan cara-cara modern, meninggalkan cara konvensional-tradisional. Dilihat dari sisi hasilnya belum maksimal, hal ini dapat dimaklumi karena upaya peningkatan mutu akademik tidak bisa hanya dengan supervisi akademik Pengawas saja, tetapi faktor lain dalamaspek penyelenggaraan pendidikan secara simultan menentukan keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan secara umum.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...