Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 5 No 1 (2020): Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Efektifitas Supervisi Akademik dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Cirebon

Firmansyah, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

This study provides information on the effectiveness of academic supervision and the use of information and communication technology on teacher pedagogical competencies. This research method uses survey methods with quantitative research. Approved survey research is to explain the causal relationship and hypothesis testing. The subjects in this study were Islamic High School Islamic Education Teachers in the city of Cirebon who received 44 people, because it counted the population, the authors did not take samples. The data collection method used in this study used a questionnaire. The results of hypothesis testing found the analysis of academic supervision of teacher pedagogical competence reached 0.23% with a significant number 0.595> 0.05. The influence of the use of ICT on teacher pedagogical competence reached 0.886 and a significant value of 0.000 <0.05 influence was given positively. Comparative analysis between academic supervision and the use of ICT by 82.3% and significance of 0,000 <0.05, which means that a positive relationship is recorded and academic supervision and the use of ICT together provide significant use to the competence of pedagogical teachers by 85.8%, with using a comparison fund of 0.720 and a significance value of 0,000 <0.05. H0 is rejected and accepted, which agreed to a significant difference between the dependent variable on the independent variable partially and simultaneously.AbstrakPenelitian ini menyajikan informasi tentang efektifitas supervisi akademik dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kompetensi pedagogik guru. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei yang dimaksud adalah bersifat menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri di kota Cirebon yang berjumlah 44 orang, karena sedikitnya jumlah populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis ditemukan analisis pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru mencapai 0.23% dengan angka signifikan 0,595 > 0,05. Pengaruh penggunaan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru mencapai 0.886 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh positif. Analisis korelasi antara supervisi akademik dengan penggunaan TIK sebesar 82.3% dan signifikasi 0,000 < 0,05 artinya terdata hubungan positif dan pengaruh supervisi akademik dan penggunaan TIK secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 85.8%, dengan besarnya nilai pengaruh 0,720 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dependen terhadap variabel independen secara parsial dan simultan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

eduvis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eduvis (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) adalah publikasi interdisipliner penelitian asli dan artikel tentang manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon yang terbit dua kali dalam ...