Jurnal Skripta: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2019): SKRIPTA MEI 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN PEMBERIAN PUNISHMENT AND REWARD (PR) DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DI SMK NEGERI I TEPUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sulistyani, Fajrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMK N 1 Tepus. Hal ini ditandai dengan Metode yang digunakan belum menarik perhatian siswa untuk aktif, sehingga siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi belajar dengan menggunakan Pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan materi yang berbeda, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TKR  SMK N 1 Tepus Pada Tahun 2017/2018 yang berjumlah 216siswa. Data hasil keaktifan siswa diperoleh dari lembar observasi selama proses pengajaran berlangsung, dan data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dua siklus yang ditempuh diperoleh data bahwa ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut sebesar 30 pada siklus I dan 50 pada siklus II. Ketuntasan  hasil keaktifan siswa diperoleh 79 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pengajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar dan mengidentifikasi sejauh mana keaktifan siswa dalam pengajaran siswa kelas XI TKR SMK  N 1 Tepus. Kata-kata  kunci: Pengajaran Kooperatif Numbered Heads Together, Hasil Belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

skripta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

SKRIPTA: JURNAL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 2015 dengan P-ISSN 2443-3705 dan E-ISSN 2745-9705 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal ini dikelola dengan menggunakan open journal system (OJS) ...