Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 1 (2020): DIDAKTIKA Februari 2020

Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar

Hikam, Fajar Farham (Unknown)
Karima, Salma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi siswa terhadap bidang stadi Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan ini dilaksanakan di SDIT Insantama Banjar. Dengan ini di identifikasikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dinamakan sebagai variabel X sedangkan prestasi belajar PAI dinamakan sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 23 orang yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan pengolahan data, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 10.412 + 1.705 X. Hasil penelitian koefisien korelasi atau hubungan ternyata menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti, diperoleh harga koefisien dan korelasi antara metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...