DAYAH: Journal of Islamic Education
Vol 2, No 1 (2019): DAYAH: Journal of Islamic Education

Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh

Raudhatinur, Maida (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Budaya sekolah islami merupakan salah satu strategi dalam pembinaan akhlak siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan budaya sekolah islami di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh, yang mencakup bentuk-bentuk dan langkah-langkah pelaksanaannya, peran dewan guru, pemahaman dan pendapat siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan budaya sekolah islami dalam pembinaan akhlak siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dan langkah-langkah penerapannya, peran dewan guru, pemahaman dan pendapat siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan budaya sekolah islami dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, dewan guru dan siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ditemukan ada 10 bentuk budaya sekolah islami di SMP Negeri 19 Percontohan dalam pembinaan akhlak siswa yang pada pelaksanaannya melibatkan peran dewan guru sebagai pengajar, pendidik dan partisipan. Secara keseluruhan siswa mendukung pelaksanaan budaya sekolah islami dan paham dengan pelaksanaannya. Selain itu juga terdapat 6 faktor yang mendukung pelaksanaan budaya sekolah islami, dan juga tidak terlepas dari 2 kendala yang dihadapi, yaitu pengaruh perkembangan teknologi dan karakter siswa yang berbeda-beda. Solusi yang ditempuh untuk menghadapi kendala tersebut yaitu dewan guru tidak memperbolehkan siswa menggunakan smartphone di sekolah dan melakukan pendekatan individual dengan siswa, jika ada yang bermasalah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Education

Description

DAYAH: Journal of Islamic Education is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of study in Islamic pedagogy and various other related education issues. The journal publishes research articles of interest to education ...