Jurnal Lakon
Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Lakon

MENGURAI MAKNA KEMACETAN IBUKOTA Dekonstruksi Wajah Kemacetan Jakarta Dalam Teks Koran Tempo.co “Ahok: Mobil Mewah Boleh Lewat Jalur Transjakarta, Asal…”

Murti, Ghanesa Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

Analisa wajah kemacetan Jakarta dalam Koran Tempo.co “Ahok: Mobil Mewah Boleh Lewat Jalur Transjakarta, Asal…” merupakan upaya selebrasi pembacaan. Dekonstruksi sebagai cara baca menelanjangi teks mampu mengidentifikasi teks yang terpusat, final dan tertutup mampu dirayakan pemaknaannya. Konsep undecideable mempertontonkan bahwa rezim makna dan penyikapan kemacetan begitu ambigu, kabur sehingga memungkinkan untuk dijungkirbalikan secara hierarki metafisis yang menyimpan upaya penundukan. Differance hadir untuk menunda makna kemacetan yang sudah mapan dan penuh kepentingan nilai ekonomi politis, golongan, kelas, serta delusi kebaikan hati pemangku kuasa. Makna menjadi tersebar, meniadakan pusat dan memungkinkan terjadinya disemenasi sekaligus decentering dalam teks. Di sini, makna tidak lagi final tapi selalu menuju, mengada, berlari dan berkejaran menuju penanda-penanda.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

LAKON

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LAKON adalah sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Magister Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga Surabaya. Cetakan pertama terbit pada tahun 2012 dan terbit dua kali dalam setahun sejak tahun 2013. Jurnal peer-review ini juga berfungsi sebagai forum yang menampung berbagai penelitian ...