Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

ANALISIS PRAANGGAPAN DALAM NOVEL NEGERI DI UJUNG TANDUK DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI

Setiawati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis praanggapan yang terdapat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk; memaparkan hasil praanggapan yang terdapat dalam novel Negeri di Ujung Tanduk; dan membuat bahan dan kegiatan pembelajaran menulis teks eksposisi untuk tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi dokumen. Teknik analisis datanya yaitu analisis isi. Hasil dari penelitian ini adalah dalam novel Negeri di Ujung Tanduk terdapat 77 jenis konteks, dari 77 konteks yang terdapat dalam novel tersebut. Selanjutnya, hasil penelitian dimanfaatkan sebagai untuk membuat bahan dan kegiatan pembelajaran menulis teks eksposisi di SMA.

Copyrights © 2017