INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS
Vol 1 No 2 (2017): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Juni 2017)

Aplikasi Pembelajaran Energi Angin Berbasis Augmented Reality

Sukma, Dadan (Unknown)
Pamudji, Rama Adistya Nurtjahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Salah satu mata pelajaran di dalam kurikulum sekolah dasar adalah ilmu pengetahuanalam (IPA), yaitu berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,sehingga ilmu pengetahuan alam bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yangberupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatuproses penemuan yang mulanya abstrak menjadi konkrit. Salah satu materi yang dipelajaridalam mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar adalah Energi Gerak Akibat PerubahanUdara. AR (augmented reality) adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang menggabungkandunia nyata dan dunia virtual serta dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanyamenjadi sangat tipis. Dengan memanfaatkan teknologi AR (augmented reality) maka aplikasipembelajaran gerak pesawat dapat disimulasikan kedalam bentuk 3D sehingga gerak pesawatdan kincir angin tersebut dapat terlihat lebih nyata. Aplikasi ini dirancang dengan pemodelanUML (Unified Modelling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram dan Activity Diagram,serta Storyboard dengan diimplementasikan menggunakan Adobe Flash CS6. Aplikasi inidiharapkan dapat dapat meningkatkan pemahaman siswa serta membuat pembelajaranmenjadi lebih kreatif dan interaktif.Kata kunci: Augmented Reality, Energi Gerak Akibat Perubahan Udara, Pesawat terbang.Abstract: One of the subjects in the elementary school curriculum is natural science, which isrelated to how to find out about nature systematically, so that natural science is not only themastery of a collection of knowledge in the form of facts, concepts, Principle but also a processof discovery which was initially abstract to concrete. One of the materials studied in the sciencesubjects of class IV Primary School is Motion Energy Due to Air Changes. AR (augmentedreality) is a term for the environment that combines the real world and the virtual world and ismade by the computer so the boundary between the two becomes very slim. By utilizing AR(augmented reality) technology, aircraft motion learning application can be simulated into 3Dform so that the aircraft and windmill can be seen more real. This application is designed withUML modeling (Unified Modeling Language) which consists of Use Case Diagram and ActivityDiagram, and Storyboard with implemented using Adobe Flash CS6. This application isKeywords: Augmented Reality, Motion Energy Due to Air Changes, Aircraft

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ITBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, ...