Jurnal As-Salam
Vol 2 No 1 (2018): Jurnal As-Salam

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah)

Hakim, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan kerjasama siswa, prestasi belajar IPS, dan efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi, dimana setelah melakukan  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas VII MTs qaryatul Jihad yang terdiri atas 28  siswa, sedangkan, kuasi eksperimen dilaksanakan di kelas VIIA MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah sebagai kelas eksperimen, dengan 30 siswa, dan VIIB sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes prestasi belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan rumus nilai rata-rata dan uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat meningkatkan kerjasama, prestasi belajar IPS siswa, dan efektif meningkatkan prestasi belajar IPS dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAS

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Junal As-Salam merupakan jurnal publikasi ilmiah dari Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Aceh, diterbitkan secara paper-based pada tahun 2016 dan diterbitkan secara online sejak tahun 2017. Jurnal As-Salam dan diterbitkan 3 (tiga) bulanan (Januari-April, Mei-Agustus, ...