cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
PAX HUMANA
ISSN : 23373512     EISSN : 25483021     DOI : -
Pax Humana adalah Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma yang terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). Jurnal ini hadir sebagai wadah pencerahan dan pemberdaya masyarakat atas dasar kasih dan perdamaian.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020)" : 4 Documents clear
Perempuan, Berkarya di Keluarga dan Masyarakat Utami, Birmanti Setia
PAX HUMANA Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Yayasan Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerjemahan makna konotasi iklan telah banyak dilakukan dari sudut pandang sosiologi, komunikasi maupun gender, padahal iklan juga bekerja dalam wilayah pikiran manusia melalui persepsi yang mempengaruhi pikiran bahkan perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan membongkar makna konotasi dalam iklan televisi Bebelac 3 versi Everyday is Mother’s Day menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan semiotika, desain komunikasi visual, komunikasi dan psikologi dalam konteks gaya hidup dan budaya yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, terutama yang berkaitan dengan perempuan sebagai anggota masyarakat. Analisis iklan televisi produk Bebelac 3 versi Everyday is Mother’s Day menunjukkan adanya kekuatan perempuan secara psikologis untuk memampukan dirinya melakukan multitugas dan multiperan secara seimbang dalam masyarakat. Keseimbangan peran perempuan di sektor domestik dan publik tidak hanya didukung oleh faktor eksternal, yaitu dukungan dan penerimaan oleh keluarga dan masyarakat, tetapi secara internal, dari dalam dirinya, perempuan didukung oleh faktor psikologis yang dimilikinya. Substansi penelitian ini memberikan acuan bagi penelitian mengenai peran perempuan dalam masyarakat dan perkembangan psikologis yang  memampukan perempuan untuk melakukan multiperan dengan seimbang dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya.Kata-kata Kunci: semiotika, periklanan, iklan televisi Bebelac 3, perempuan
Dakwah Digital pada Komunitas Virtual Akhwat Talks Discussion Marlina, Neneng Cucu
PAX HUMANA Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Yayasan Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena hijrah di kalangan masyarakat, yang pada prosesnya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenai pemilihan dan pemanfaatkan whatsapp group dalam berbagi ilmu agama, serta untuk melihat bagaimana budaya yang terbentuk dalam komunitas online sharing Akhwat Talks Discussions pada media messaging whatsapp ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Analisis Media Siber (AMS). Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui Analisis Media Siber (AMS) pada komunitas virtual Akhwat Talks Discussions terdapat level Ruang Media yaitu fitur whatsapp group yang dapat diakses dengan mudah sebagai sarana media komunikasi dakwah digital; level Dokumen Media yang menonjolkan aspek keunikan gaya bahasa dalam berdakwah serta mana bentuk kajian terekam, dapat disimpan serta disebarluaskan; level Objek Media yang mana interaksi antaranggota terjadi dalam dua jenis, sehari-hari dan rutin; serta  level Pengalaman telah memberikan anggota komunitas sebagai bagian dari proses hijrah.
Analisis Visual Konten Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi di Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta Dita, Lusi Ana; Wenas, Michael Bezaleel
PAX HUMANA Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Yayasan Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media sosial banyak dilakukan oleh perusahaan atau sebagai media promosi. Media sosial saat ini telah menjadi tren yang membuat semua orang menggunakan untuk melakukan komunikasi atau melakukan komunikasi. Penelitian ini membahas bagaimana proses komunikasi konten media sosial sosial instagram, yang dilakukan Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih sebagai media promosi. Analisis ini dibuat dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan semiotika untuk menganalisis komunikasi konten instagram Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta. Hasil dari penelitian ini ditemukan hasil dari komunikasi konten visual yang telah dilakukan oleh Sekolah Kristen Pelita Nusantara Kasih.
Optimalisasi Instagram Sebagai Alat Cyber Public Relations Perusahaan di Era Industri 4.0. Mujianto, Haryadi; Nurhadi, Zikri Fachrul
PAX HUMANA Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Yayasan Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.797 KB)

Abstract

Di era industri 4.0 manajemen perusahaan dihadapkan dengan berbagai peluang untuk menggali potensi pasar salah satunya dengan sistem digitalisasi. Penggunaan cyber public relations memudahkan manajemen untuk berkomunikasi dengan masyarakat secara cepat dan efisien. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan sebagai alat cyber public relations. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi instagram sebagai alat cyber public relations perusahaan di era industri 4.0. Penelitian dilakukan pada beberapa perusahaan yang telah menggunakan Instagram sebagai salah satu alat cyber public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa optimalisasi instagram sebagai alat kehumasan membawa manfaat besar terhadap kinerja public relations perusahaan. Manajemen perusahaan dapat melakukan kampanye komunikasi pada konsumen dengan lebih meluas dengan adanya Instagram.Kata kunci: Optimalisasi Instagram, Alat Cyber Public Relations, Era Industri 4.0.AbstractIn the industrial era 4.0, the company's management was faced with various opportunities to explore market potential, one of which was by digitizing the system. The use of cyber public relations makes it easy for management to communicate with the public quickly and efficiently. Instagram is a social media platform that is widely used as a tool for cyber public relations. This study aims to analyze the optimization of Instagram as a tool for corporate public relations in the Industrial Age 4.0. The study was conducted on several companies that have used Instagram as a cyber public relations tool. The method used in this research is qualitative with descriptive analysis. Research subjects are informants who provide research data through interviews. This research results in finding that optimizing Instagram as a public relations tool brings great benefits to the company's public relations performance. Company management can carry out communication campaigns to consumers more widely with Instagram. Keywords: Instagram Optimization, Cyber Public Relations Tools, Industrial Era 4.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 4