cover
Contact Name
Ari Septian
Contact Email
ariseptian@unsur.ac.id
Phone
+628121428312
Journal Mail Official
ariseptian@unsur.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Suryakancana Jalan Dr. Muwardi Komplek Pasir Gede Raya Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
PRISMA
ISSN : 20893604     EISSN : 26144611     DOI : https://doi.org/10.35194/jp.v9i2
Core Subject : Education, Social,
This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, Ethnomatics in Mathematics Learning, Design Didactical in Mathematics Learning, Lesson Study in Mathematics Learning
Articles 94 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG YANG MELIBATKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN BAGI SISWA KELAS V DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MODEL Hidayat, Sarip
PRISMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i1.373

Abstract

Penelitian ini memakai model PBL (Problem Based Learning) dengan harapan akan mendorong peserta didik dalam meningkatkan pemahaman dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan, melatih menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi juga membiasakan belajar kelompok melalui penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep, tujuan dan kondisi peserta didik. Pelaksanaan Penelitian terdiri dari dua siklus. Pada siklus Pertama belum ada peningkatan yang berarti, ini disebabkan peserta didik masih belum terbiasa menyelesaikan suatu masalah dengan kerja kelompok, sedangkan pada siklus Kedua peserta didik mulai terbiasa menyelesaikan tugas secara kelompok dengan adanya kerjasama dalam mengerjakan tugas dengan baik. Hal ini bisa terlihat dari pencapaian aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 18,60%, aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 14%, dan kemampuan kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 6,3%, dan prosentase ketuntasan pun mengalami peningkatan sebesar 14,63%. Dari hasil pelaksanaan Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan pada siswa Kelas V SDN Ibu Dewi VII Cianjur.  Kata Kunci : Model Problem Based Learning, pemahaman
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED Novtiar, Chandra; Aripin, Usman
PRISMA Vol 6, No 2 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 2 tahun 2017
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v6i2.122

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir  kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan salah  satu  pendekatan  pembelajaran  yang  diharapkan  mampu  mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa  adalah pendekatan open ended. Melalui pembelajaran ini, siswa terlibat langsung dan belajar mengeluarkan ide-ide dalam menyelesaikan soal-soal bersifat open ended, sehingga membangkitkan minat siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Diharapkan melalui pembelajaran ini, siswa menjadi termotivasi, ulet dan bersungguh-sungguh dalam memahami matematika sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Bentuk luaran dari penelitian ini berupa produk bahan ajar bersifat open ended yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design, dimana subyek penelitian tidak dikelompokkan secara acak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kota Cimahi, sedangkan sampelnya SMP Taruna Mandiri kemudian diambil dua kelas secara acak kelas, diperoleh kelas 7B sebagai kelas eksperimen dan kelas 7C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 5 soal uraian kemampuan berpikir Kritis dan 20 butir soal skala sikap kepercayaan diri dalam belajar matematika, kemudian data tersebut dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, baik dari hasil analisis data maupun pengujian hipotesis, maka penulis menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian kepercayaan diri dalam belajar matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada pendekatan konvensional. Kata kunci:           Kemampuan  Berpikir Kritis matematis, Kepercayaan Diri, Pendekatan Open Ended
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bermuatan Nilai Islam (Studi Kualitatif di Salah Satu Sekolah Dasar di Jawa Barat) Widodo, Suprih; Septianiady, Septianiady; Rahayu, Puji
PRISMA Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v9i2.1048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar dengan muatan nilai Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah sebanyak 3 orang siswa dengan kemampuan pemecahan masalah rendah, sedang, dan tinggi. Siswa diberikan 3 soal tes kemampuan pemecahan masalah non rutin bermuatan nilai Islam untuk dianalisis. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah keenam siswa termasuk kategori mampu pada indikator memahami masalah dan termasuk kategori belum mampu pada indikator yang lainnya. Mayoritas siswa merasa soalnya cukup sulit akan tetapi seluruh siswa menyatakan senang termotivasi untuk melakukan amalan serta menyatakan bahwa tsaqafah keislaman bertambah.
Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Yaumil, Sekarjati Syahidah; Yuhana, Yuyu; Rafianti, Isna
PRISMA Vol 9, No 1 (2020): PRISMA Volume 9, No 1 Tahun 2020
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v9i1.922

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian menggunakan metode pre   eksperimental   design   dengan   desain   penelitian   berbentuk   matching   pretestt-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Cilegon. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas eksperimen. Metode penelitian ini melibatkan dua kelas eksperimen dengan dua perlakuan berbeda yakni kelas eksperimen 1  menggunakan model pembelajaran problem posing  tipe  post  solution  posing  dan  kelas  eksperimen 2  menggunakan model  pembelajaran cooperative tipe  berkirim salam dan  soal.  Instrumen  yang  digunakan  yakni  tes  kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang  mendapatkan  model  pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal; (2) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah  matematis  siswa  yang  mendapatkan  model  pembelajaran  problem  posing  tipe  post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal. Kata Kunci : Post Solution Posing, Cooperative tipe Berkirim Salam dan Soal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE JIGSAW Widodo, Sri Adi; Ayuningtyas, Annis D; Sumarti, S
PRISMA Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v8i2.719

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan . Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya rata rata prestasi belajar Matematika dari siklus I sebesar 55,6 menjadi 93,9 pada siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan persentase siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar matematika dari 14,70%, menjadi 94,11%. Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Jigsaw, Prestasi Belajar.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING Rusyani Zain, Ella Nurlatifah
PRISMA Vol 7, No 2 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 2 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i2.371

Abstract

This research is based on facts in the field indicating that the mathematical connection ability of self-efficacy of students has not been in accordance with expectations. This study aims to improve the ability of mathematical connections and self-efficacy of students using the Brain Based Learning approach. This research method is an experimental method with the population of all SMPN students in Cianjur District and a sample of two classes of students SMPN 2 Cipanas randomly selected class. Instruments used are test instruments and non-test. The result of the research shows that the improvement of mathematical connection ability and self-efficacy of students using Brain Based Learning approach is better than using ordinary learning. this study has an association for both variables with moderate criteria. Keywords: Brain Based Learning, Mathematical Connection, Self-Efficacy. 
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN Herdiman, Indri; Nurismadanti, Ilfa Febrina; Rengganis, Pusparini; Maryani, Neni
PRISMA Vol 7, No 1 (2018): Jurnal PRISMA Volume VII, No 1 tahun 2018
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v7i1.213

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematik adalah keterampilan seseorang dalam  menentukan suatu keputusan atau memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif  kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berpikir kritis matematik pada materi Lingkaran. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes berupa soal uraian, soal diberikan kepada siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri yang berada di Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebanyakan siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal nomor 2 dengan indikator  alasan dan soal nomor 5 dengan indikator tinjauan ulang dan kesimpulan. Setelah melakukan wawancara, siswa mengatakan tidak memahami konsep dan juga rumus apa yang harus digunakan dalam menyelesaikan soal. Disarankan proses pembelajaran hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, sehingga kemampuan berpikir kritis matematik dapat tercapai.Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis matematik
IMPLEMENTASI STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Budiman, Hedi; Esvigi, Igfania
PRISMA Vol 6, No 1 (2017): Jurnal PRISMA Volume VI, No 1 tahun 2017
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v6i1.26

Abstract

Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) adalah strategi pembelajaran yang membiasakan siswa untuk berpikir matematis dengan beberapa aktivitas seperti: mengeksplorasi ide-ide matematis; merefleksi kebenaran atau kesuaian jawaban; generalisasi dan mengidentifikasi strategi penyelesaian masalah yang dapat diterapkan pada masalah lain; memformulasi pertanyaan; dan mengkonstruksi contoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melaluipenggunaan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa salah satu SMA Negeri di Cianjur dengan subjek sampel siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling.Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia menunjukkan sikap positif. Rata-rata gain ternormalisasi siswa pada kelas eksperimen tinggi dan sedang, sedangkan kelas kontrol pada kategori sedang dan rendah. Selisih gain ternormalisasi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis,Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM), Multimedia
Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Nurrohmah, Siti; Pujiastuti, Heni
PRISMA Vol 9, No 2 (2020): PRISMA Volume 9, No 2 Tahun 2020
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v9i2.955

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika dalam materi lingkaran. Metode yang dipakai peneliti adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-C SMP Negeri 1 Ciruas sebanyak 26 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode penghimpunan data dengan memberikan soal materi lingkaran. Dari hasil studi memperlihatkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dalam materi lingkaran masih belum optimal. Tampak dari hasil perolehan nilai siswa, diperoleh 3 siswa pada kelompok tinggi dengan persentase sebesar 11,53%, 17 siswa pada kelompok sedang dengan persentase sebesar 65,4% dan 6 siswa pada kelompok rendah dengan persentase sebesar 23,7%.
PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON THE ABILITY OF STUDENTS MATHEMATICAL CONNECTION Julyanasari, Nining; Praja, Ena Suhena
PRISMA Vol 8, No 2 (2019): Jurnal PRISMA Volume 8, No 2 tahun 2019
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jp.v8i2.400

Abstract

Mathematics is one of the subjects that are interrelated, both in mathematics and outside mathematics. So the ability is important mathematical connections controlled by the learner. Learning model that can improve students' mathematical connection that is the model of Problem Based Learning (PBL). Based on this background, the purpose of this study is to determine the activity of students in learning by using the PBL model, knowing the increase in students' mathematical connection capabilities on each indicator and overall, knowing the increase in students' mathematical connection capability significantly, knowing the individual and classical completeness of the ability of students' mathematical connections, determine a student's response to the application of PBL models. The method used in this study is the experimental method the population of all class X SMAN 1 Astanajapura academic year 2014/2015. The sampling technique used technique purposive sampling The results showed that (1) An increase in the activity of students using the PBL model (2) An increase in the ability to connect mathematical students on each indicator and overall (3) An increase in the ability to connect significantly with the value  (4) the achievement of individual mastery with  and 1,095,and classical completeness with  and  (5) the existence of a positive response to learning PBL models. Based on the results obtained are expected research further research can use the PBL model transform and determine the increase math skills.Keywords: Problem Based Learning, Student Mathematical Connections

Page 1 of 10 | Total Record : 94