cover
Contact Name
Fata Nidaul Khasanah, S.Kom., M.Eng.
Contact Email
fatanidaul@binainsani.ac.id
Phone
+6285647212938
Journal Mail Official
ifbi@binainsani.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siliwangi No. 6 Rawa Panjang Bekasi Timur Kota Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS
ISSN : -     EISSN : 25483412     DOI : -
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika STMIK BINA INSANI. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Networking, Aplikasi Sains, Animasi Interaktif, Pengolahan Citra, Sistem Pakar, Sistem Komputer, Soft Computing, Web Programming, Data Mining, Multimedia Application dan Sistem Penunjang Keputusan. Media komunikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun (Juni dan Desember).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)" : 10 Documents clear
Sistem Penggajian Karyawan PT. Neo Bogor Dengan Menggunakan Metode Waterfall Septiani, Minda; Nurvitaliah, Fikkri
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.049 KB)

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi memudahkan data dicatat melalui berbagai cara dengan berbagai media. Dengan banyaknya kemudahan yang diperoleh, maka tidak sedikit perusahaan yang telah menerapkan sistem komputerisasi yang berkembang sejalan dengan besarnya kebutuhan terhadap informasi, dalam menjalankan aktifitas kerjanya, agar lebih teratur dan terarah dengan waktu yang lebih efisien. Maka dari itu penting diperhatikan dalam mengembangkan sistem informasi akuntansi penggajian pada perusahaan karena seorang karyawan merupakan faktor penting dalam mengembangkan perusahaan. Karyawan merupakan penggerak utama perusahaan yang memberikan sumbangan pemikiran tenaga dan keahlian. Karyawan akan merasa puas apabila besar gaji yang diterimanya sesuai dengan keahlian dan jabatannya sehingga karyawan akan terdorong untuk semaksimal mungkin bekerja sesuai dengan kemampuannya. Kata kunci: Metode Waterfall , Sistem Penggajian Karyawan Abstract: Information technology makes it easy for data to be recorded in various ways with various media. With the many conveniences obtained, then not a few companies that have implemented a computerized system that evolves in line with the large needs of information, in running its work activities, to be more organized and directed with a more efficient time. Therefore it is important to note in developing payroll accounting information system in the company because an employee is an important factor in developing the company. Employees are the prime mover of companies that contribute thought-providers of energy and expertise. Employees will be satisfied if the amount of salary received in accordance with the expertise and position so that employees will be motivated to the maximum possible work in accordance with its ability. Keywords: Employee Payroll System, Waterfall Method
Normalisasi Dalam Perancangan Basis Data Relasional Purchase Order (PO) Setiyadi, Didik
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.445 KB)

Abstract

Abstrak: Basis data merupakan koleksi terpadu dari data yang saling terintegrasi dengan tujuan untuk kecepatan dalam pengambilan kembali data untuk memenuhi kebutuhan end user suatu perusahaan. Dalam melakukan perancangan basis data dapat dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) pendekatan yaitu dengan melakukan normalisasi atau dengan konsep ERD (Entity Relationship Diagram). Normalisasi merupakan teknik formal yang digunakan dalam perancangan basis data untuk menghasilkan rancangan basis data yang optimal yang bebas anomali (insert, update dan delete). Dalam perancangan basis data dengan  normalisasi menggunakan kasus data Purchase Order (PO). Dalam normalisasi dilakukan dengan melakukan Unnormalized Form (UNF), First Normal Form  (1 NF), Second Normal Form (2NF), Thirt Normal Form (3NF) sampai terbentuknya ERD (Entity Relationship Diagram) dan terbentuknya perancangan struktur tabel dari tabel-tabel yang terbentuk dari hasil normalisasi.   Kata Kunci: Anomali, Entity Relationship Diagram, Normalisasi.   Abstract: A database is an integrated collection of data are integrated with the purpose to speed in taking back the data to meet the needs of the end user of a company. When doing database design can be done by using 2 (two) approach is to perform normalization or with the concept of an ERD (Entity Relationship Diagram). Normalization is a formal technique used in designing the database to produce an optimal database design that is free of anomalies (insert, update, and delete). In the design of data base with normalization using case data Purchase Order (PO). In the normalization is performed by doing the Unnormalized Form (EXTRACT), the First Normal Form (1 NF), Second Normal Form (2NF), Thirt Normal Form (3NF) until the formation of the ERD (Entity Relationship Diagrams) and the formation of table structure design tables of results of normalization.  Keywords: Anomalies, Entity Relationship Diagram, Normalization.
Simple Additive Weighting Dalam Penentuan Rekomendasi Kenaikan Jabatan Karyawan Normah, Normah
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.942 KB)

Abstract

Abstrak: Kenaikan jabatan atau jenjang karir merupakan hal yang sangat diimpikan bagi setiap karyawan karena mempengaruhi fasilitas apa saja dan besar yang akan didapatkan selain gaji itu sendiri. Namun tidaklah diraih dengan mudah. Setiap perusahaan pastinya memiliki kriteria atau persyaratan yang berbeda-beda dalam menentukan apakah seorang karyawan layak atau tidak naik jabatan. bukan hanya sekedar berkontribusi baik, namun juga dilihat dan dinilai dari berbagai aspek. Pengambilan keputusan bukanlah hal mudah, pimpinan harus berlaku adil dan bersikap objektif dalam menilai kondite setiap karyawan. Metode Simple Additive Weighting adalah metode terpilih dalam membantu pimpinan menerapkan sistem pendukung keputusan dengan lima kriteria, yaitu pendidikan dengan bobot 20%, absensi 25%, lama kerja 10%, prestasi kerja 20%, dan attitude 25%. Sistem Pendukung Keputusan dibutuhkan karena jika lima kriteria kenaikan jabatan tersebut jika dinilai dan dilakukan pemilihan secara manual dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan, dan kesulitan bagi pimpinan dalam memilih sejumlah karyawan yang masing-masingnya bisa jadi unggul pada kriteria yang berbeda, selain itu juga menghindari adanya praktek kkn di lingkungan perusahaan dengan melakukan pemilihan karyawan secara adil dan objektif. Didapatkan hasil rating nilai karyawan dengan nama Tole, Bambang dan Dikdik dengan peringkat teratas sebagai karyawan terekomendasi untuk naik jabatan, yaitu Tole 86,25%, Bambang 77,91%, dan Dikdik 77,5%. Kata kunci: Karyawan, Kenaikan Jabatan, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan Abstract: Increased position or career path is something that is highly dreamed of for each employee because it affects any facility and the amount that will be obtained in addition to the salary itself. But that is not easy to achieve. Every company must have different criteria or requirements in determining whether an employee is eligible or not promoted. not only contributing well, but also seen and assessed from various aspects. Decision making is not easy, the leader must be fair and objective in assessing the condition of each employee. Simple Additive Weighting method is the method chosen in helping leaders implement decision support systems with five criteria, namely education with a weight of 20%, absenteeism 25%, work duration 10%, work performance 20%, and attitude 25%. Decision Support System is needed because if the five criteria for promotion if selected manually and carried out, it is feared that it will cause confusion, and difficulties for leaders in selecting a number of employees who can each lead on different criteria, in addition to avoiding practices in the company environment by choosing employees fairly and objectively. Employee rankings were obtained with the names Tole, Bambang and Dikdik with the highest rank as recommended employees for promotion, namely Tole 86,25%, Bambang 77,91%, and Dikdik 77,5%. Keywords: Decission Support System, Employee, Promotion, Simple Additive Weighting.
Sistem Penunjang Keputusan Kenaikan Kelas Pada SMA Negeri 100 Jakarta Saputra, Fachrullyanta Adi; Dani, Dani; Gedriyansah, Syadhaffa; Herlawati, Herlawati
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.839 KB)

Abstract

Abstrak: Kebutuhan komputer pada saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan hal ini dikarenakan komputer menjadi barang yang sangat penting untuk memudahkan suatu pekerjaan. Komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang yang manusia kerjakan saat ini membutuhkan komputer. Sampai saat ini SMA Negeri 100 Jakarta dalam hal pengolahan data absensi siswa masih dilakukan dengan metode konvensional, sehingga terjadi kesulitan dan ketidakakuratan dalam mencatat dan menghitung banyaknya siswa/i yang tidak hadir atau terlambat. Untuk memproses pengolahan data tersebut, diperlukan pembangunan sistem penunjang keputusan untuk absensi siswa/i yang terkomputerisasi. Penulis menggunakan software VB.NET dan SQL Server dalam pembuatan program. Metode yang digunakan dalam membangun sistem informasi penjualan adalah metode observasi, wawancara, pustaka, analisis data dan sistem, perancangan sistem, pembuatan program, pengujian program, implementasi program. Dengan adanya aplikasi absensi ini, maka dapat membantu dan mempermudah dalam pengolahan data absensi serta dapat mempercepat dalam pembuatan laporan.   Kata kunci: Absensi, Sistem Penunjang Keputusan, VB.Net   Abstract: Computer needs at this time experience a significant increase this is because the computer becomes a very important item to facilitate a job. Computers are a need that cannot be abandoned and ignored by humans, almost in every field that humans do today requires computers. Until now, SMA Negeri 100 Jakarta in terms of processing student attendance data is still carried out using conventional methods, resulting in difficulties and inaccuracies in recording and calculating the number of students who are absent or late. To process data processing, it is necessary to develop a decision support system for computerized student attendance. The author uses VB.NET and SQL Server software in making the program. The method used in building a sales information system is the method of observation, interviews, literature, data and system analysis, system design, program making, program testing, program implementation. With this attendance application, it can help and facilitate the processing of attendance data and can accelerate in making reports.   Keywords: Attendance, Decision Support System, VB.Net
Metode Rapid Aplication Development Pada Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Mukhayaroh, Anna
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.368 KB)

Abstract

Abstrak: Klinik DR Agus HP merupakan salah satu usaha yang bergerak pada penyedia layanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam bidang pelayanan kesehatan masyarakat tentunya Klinik DR Agus HP dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal demi perbaikan kualitas kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan merancang sistem informasi rekam medis guna pengelolaan rekam medis yang baik sehingga menghasilkan efektifitas dan efisiensi dalam diagnosa pasien dan pembuatan laporan data kesehatan pasien. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah metode Rapid Aplication Development. Penulis membuat penelitian mengenai sistem informasi rekam medis pada klinik dengan harapan dapat mengatasi kendala yang sering terjadi pada sistem pelayanan kesehatan secara konvensional.   Kata kunci: Sistem Infomasi, Sistem Rekam Medis, Rapid Application Development   Abstract: Clinic Dr. Agus HP is one of the businesses engaged in health care providers for the community. In the field of public health services, of course the Clinic of Dr. Agus HP is required to provide optimal services for the improvement of the quality of public health. This study aims to design a medical record information system for the management of a good medical record so as to produce effectiveness and efficiency in diagnosing patients and making reports on the patient's health data. In this study the data collection method used by the author is the Rapid Application Development method. The author made a research about the medical record information system of Dr. Agus HP Clinic in the hope of overcoming the obstacles that often occur in conventional health care systems.   Keywords: Information System, System Medical Record, Rapid Application Development
Metode Analisis Dan Desain Terstruktur Untuk Pengembangan Sistem Informasi Layanan Pasien Pramudita, Rully; Safitri, Nadya
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.273 KB)

Abstract

Abstrak: Sistem Informasi Layanan Pasien merupakan suatu sistem yang yang bertujuan untuk melayani pasien dalam hal pendaftaran dan perhitungan tagihan. Untuk mengoptimalkan pelayanan yang diberikan kepada pasien maka dibutuhkan sebuah pengembangan sistem yang terkomputerisasi serta terancang dengan baik. Sehingga dapat memperbaiki sistem yang telah ada saat ini dalam hal pencatatan registrasi, pembatalan registrasi, perubahan registrasi serta  proses perhitungan tagihan. Analisis dilakukan berdasarkan sistem yang ada sebelumnya dan merancang ulang untuk memperbaikinya. Pengembangan sistem menggunakan metode SSADM (Structured System Analysis and Design Method). Hasil akhir dari analisis dan perancangan sistem yaitu sebuah rancangan sistem yang dapat diimplementasikan ke dalam pelaksanaan layanan pasien di rumah sakit.   Kata kunci: Informasi, Layanan, Pasien, Sistem, Structured System Analysis and Design Method   Abstract: Patient Service Information System is a system that aims to serve patients in terms of registration and billing calculations. To optimize the services provided to patients, it requires a computerized and well-designed development system. So that it can improve the existing system in terms of registration registration, registration cancellation, registration changes and bill calculation process. Analysis is carried out based on an existing system and redesign to improve it. System development using the SSADM (Structured System Analysis and Design Method) method. The final result of system analysis and design is a system design that can be implemented into the implementation of patient services at the hospital.   Keywords: Information, Patients, Services, Structured System Analysis and Design Method, Systems
Klasifikasi Penurunan Kualitas Telur Ayam Ras Berdasarkan Warna Kerabang Menggunakan Support Vector Machine Maimunah, Maimunah; Rokhman, Taufiqur
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.066 KB)

Abstract

Abstrak: Kualitas telur merupakan karakteristik dari telur yang menentukan kesegaran dan kesehatan telur. Salah satu unsur penentuan kualitas telur adalah berdasarkan kondisi kerabang telur. Warna kerabang yang berbeda dipengaruhi oleh jenis pigmen,konsentrasi pigmen dan struktur kerabang. Intensitas warna coklat dari kerabang telur dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu telur dengan warna coklat tua, coklat dan coklat muda. Telur dengan warna kerabang coklat tua mempunyai kerabang lebih kuat dan tebal dibanding telur yang berwarna coklat muda. Oleh karena itu telur dengan warna kerabang coklat tua mengalami penurunan kualitas lebih rendah dibandingkan warna coklat dan coklat muda. Dalam penelitian ini dilakukan klasifikasi penurunan kualitas telur ayam ras berdasarkan warna kerabang menggunakan support vector machine. Semakin muda warna coklat kerabang telur semakin cepat penurunan kualitasnya. Dengan menggunakan SVM maka dapat diklasifikasikan kualitas telur berdasarkan warna.dengan  akurasi 80%. Kata Kunci: Intensitas, Klasifikasi, Kualitas,  Warna Kerabang Abstract: Egg quality is a characteristic of eggs that determines the freshness and health of eggs. One element of determining egg quality is based on the condition of the eggshell. Different shell colors are influenced by the type of pigment, pigment concentration and shell structure. The brown color intensity of eggshells is divided into 3 groups, namely eggs with dark brown, brown and light brown. Eggs with dark brown shells have stronger and thicker shells than light brown eggs. Therefore, eggs with dark brown color have a lower quality compared to brown and light brown. In this research,  a classification of the quality of chicken eggs based on eggshell was classified using a support vector machine. The younger the eggshell brown color the faster the quality decreases. By using SVM, egg quality can be classified based on color with 80% accuracy Keywords: Classification, Eggshell, Intensity, Quality
Kepuasan Pelanggan Dan Minat Beli Ulang Serta Dampaknya Pada Loyalitas Penggunaan Transportasi Secara Online Shadiq, Jafar; Tjahjadi, Djajasukma
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.511 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh faktor harga, kualitas pelayanan, uang elektronik, variasi produk dan kemudahan terhadap kepuasan, minat beli ulang serta berdampak pada loyalitas Gojek di Kota Bekasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, kousioner dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa harga mempengaruhi kepuasan pelanggan dan minat beli ulang, kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan minat beli ulang, uang elektronik tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan tetapi memiliki pengaruh kepada minat beli ulang, variasi produk mempengaruhi kepuasan pelanggan dan tidak mempengaruhi minat beli ulang, kemudahan mempengaruhi kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan mempengaruhi word of mouth (WOM), word of mouth (WOM) mempengaruhi minat beli ulang, kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas pelanggan, word of mouth (WOM) mempengaruhi loyalitas pelanggan, minat beli ulang mempengaruhi loyalitas pelanggan.   Kata Kunci: Gojek, Minat Beli Ulang, Transportasi Online, Website   Abstract: This study aims to determine the effect of price factors, service quality, electronic money, product variation and ease of satisfaction, repurchase interest and impact on loyalty of motorcycle taxi drivers in Bekasi City. Data collection research was carried out through observation, questionnaires and interviews. Based on the results of the study that prices affect customer satisfaction and repurchase interest, service quality affects customer satisfaction and repurchase interest, electronic money does not affect customer satisfaction but has an influence on repurchase interest, product variation affects customer satisfaction and does not affect repurchase interest, ease of influencing customer satisfaction, customer satisfaction affects word of mouth (WOM), word of mouth (WOM) influences repurchase interest, customer satisfaction influences customer loyalty, word of mouth (WOM) affects customer loyalty, repurchase interest affects customer loyalty.  Keyword: Gojek, Online Transportation, Repurchase Interest, Website  
Metode Waterfall Pada Aplikasi Perpustakaan SMA PGRI Jasinga Sofica, Verra; Fahrudin, Efa Fahmi
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.636 KB)

Abstract

Abstrak: Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh sekolah sebagai pendukung dan penunjang proses kegiatan belajar mengajar bagi para siswa. Keberadaan sebuah perpustakaan sangat membantu untuk menambah atau meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi para siswa di sekolah. Salah satu langkah yang diterapkan untuk meningkatkan citra perpustakaan dengan menerapkan teknologi  informasi dengan cara membangun sebuah sistem informasi perpustakaan sekolah. Penelitian dilakukan di SMA PGRI Jasinga. Permasalahan yang ada pada SMA PGRI Jasinga, perpustakaan yang berjalan  masih menggunakan sistem manual atau konfensional, dimana cara pencarian, pendataan buku, pendaftaran anggota, proses peminjaman dan proses pengembalian buku masih menggunakan buku fisik sebagai media pencatatannya sehingga dapat menghambat dalam proses pencatatan data, pencarian data, dan pembuatan laporan diantaranya laporan anggota, buku, peminjaman dan pengembalian buku dan denda, maka perlu dibuatkan suatu aplikasi perpustakaan secara komputerisasi sebagai alat bantu dalam pengolahan data. Aplikasi perpustakaan menggunakan pendekatan Waterfall, bahasa pemrograman menggunakan Java, software yang digunakan Netbeans 8.1, database menggunakan Mysql, sedangkan laporan menggunakan IReport. Manfaat dari penelitian ini data saling terintegrasi sehingga dapat mempermudah petugas dalam memproses registrasi anggota, penginputan data buku, peminjaman dan pengembalian buku dengan cara yang lebih efisien dan menghemat tempat dalam penyimpanan data, memudahkan dalam pencarian data buku, anggota, peminjaman buku, pengembalian buku dan melihat laporan anggota, buku, peminjaman, pengembalian, dan denda.   Kata Kunci: Aplikasi Perpustakaan, Metode Waterfall, Netbeans 8.1     Abstract: The school library is one of the facilities provided by the school as a supporter and supporter of the process of teaching and learning activities for students. The existence of a library is very helpful to increase or increase knowledge and insight for students in school. One of the steps applied to improve the image of the library by applying information technology by building a school library information system. The study was conducted at the Jasinga PGRI High School. The problems that exist in the PGRI Jasinga High School, the current library still uses a manual or conventional system, where the search method, book collection, member registration, borrowing process and book return process still use physical books as a recording medium so that it can hamper the data recording, search data, and making reports including member reports, books, borrowing and returning books and fines, it is necessary to make a computerized library application as a tool for data processing. The library application uses the Waterfall approach, the programming language uses Java, the software used by Netbeans 8.1, the database uses Mysql, while the report uses IReport. The benefits of this study are integrated data so that it can facilitate officers in processing member registration, inputting book data, borrowing and returning books in a more efficient way and saving space in storing data, making it easier to search book data, members, borrowing books, returning books and view member reports, books, loans, returns, and fines.   Keywords: Library Application, Netbeans 8.1, Waterfall Method  
Adaptif Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) dalam Pengidentifikasi Kualitas Telur Ayam Ras Berdasarkan Warna Kerabang Rosadi, Dede; Handayanto, Rahmadya Trias; Maimunah, Maimunah; Whidhiasih, Retno Nugroho
INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol 3 No 1 (2018): INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS (Desember 2018)
Publisher : Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Insani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.368 KB)

Abstract

Abstrak: Kerabang telur merupakan lapisan luar telur yang melindungi telur dari penurunan kualitas baik disebabkan oleh kontaminasi mikroba, kerusakan fisik, maupun penguapan. Salah satu yang mempengaruhi kualitas kerabang telur adalah umur ayam, semakin meningkat umur ayam kualitas kerabang semakin menurun, kerabang telur semakin tipis, warna kerabang semakin memudar dan berat telur semakin besar. Telur yang lebih besar memiliki pigmen warna lebih sedikit dan warnanya lebih terang jika dibandingkan dengan telur yang lebih kecil. Telur dengan warna lebih coklat tua lebih kuat dan tebal dibanding telur yang berwarna coklat terang. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun aplikasi yang dapat mengidentifikasi telur ayam ras ke dalam 3 kelas (kualitas 1, 2 dan 3) berdasarkan citra RGB dari warna kerabang telur ayam ras menggunakan metode ANFIS. Dengan Metode ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System) menunjukkan hasil penelitian ini dapat mempermudah pembeli dalam menentukan mutu telur dengan cara melihat warna kerabang dan menghemat waktu pembeli dalam menentukan mutu telur di pasar.   Kata Kunci: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System, ANFIS, Kerabang Telur, RGB.   Abstract: Eggshell is an outer layer of eggs that protects the egg from deterioration in quality caused by microbial contamination, physical damage or evaporation. One that affects eggshell quality is the age of chickens, the increasing age of chickens the quality of the eggshell decreases, the eggshell gets thinner, the color of the eggshell fades and the weight of the egg increases. Larger eggs have fewer color pigments and lighter colors compared to smaller eggs. More dark brown eggs are stronger and thicker than light brown eggs. The problem formulated in this study is how to build an application that can identify race chicken eggs into 3 classes (quality 1, 2 and 3) based on the RGB image of race chicken eggshell using the ANFIS method. The ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System) method shows the results of this study can facilitate buyers in determining egg quality by looking at the color of the egg and saving the buyer's time in determining the quality of eggs in the market.   Keywords: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System, ANFIS, Egg Shell, RGB.

Page 1 of 1 | Total Record : 10