cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 20883226     EISSN : 26208210     DOI : -
Core Subject : Education,
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman (ISSN Print: 2088-3226|ISSN Online: 2620-8210) adalah jurnal yang memuat tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, review buku baru, studi naskah di bidang Keislaman, Keilmuan, dan Kemanusiaan, dengan konsentrasi pada disiplin ilmu Tarbiyah, Syari’ah, Ushuluddin, dan Dakwah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, Juni dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 118 Documents
BUDAYA DISIPLIN KERJA; Sebuah Sketsa Kerja Orang-Orang Jepang Sukaimi, Syafiah; Said, Muh
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 2 (2018): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.666 KB)

Abstract

Jepang, termasuk salah satunya negara di dunia yang turut diperhitungkan dalam persaingan dunia global atas berbagai percepatan kemajuan yang di alaminya terutama di bidang sain dan teknologi. Salah satu penyebab utamanya karena eksis dan lestarinya budaya disiplin di kalangan masyarakat Jepang pada umumnya. Sikap-sikap mental dan perilaku sosial positif setiap pribadi dalam berbagai aktivitas, merupakan wujud budaya disiplin mereka. Terlestarinya budaya disiplin mereka di samping karena faktor warisan tradisi leluhur mereka, serta berperannya secara aktif setiap orang tua dan para pendidik (guru) dalam mendidik generasinya hingga usia dianggap bisa mandiri, dan juga karena faktor dukungan pemerintah (Raja) dengan berbagai sarana dan fasilitas berasis teknologi modern. 
DARI ISLAM KE KRISTEN Konversi Agama pada Masyarakat Suku Minangkabau Ilahi, Kurnial; Rabain, Jamaluddin; Sarifandi, Suja’i
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 2 (2018): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285 KB)

Abstract

Fenomena konversi agama pada masyarakat suku Minangkabau; dari Penganut Islam menjadi pemeluk Kristen dimulai sejak adanya kontak dan relasi perdagangan antara bangsa-bangsa Barat; Portugis, Belanda, Inggris dan Prancis dengan masyarakat Minangkabau dari Kerajaan Pagaruyung (1347–1825 M). Nama-nama pendeta orang Minang, di antaranya adalah : (1) Pendeta I.F.M. Salim Alias Abdoel Chalid Salim (1904-1985), ia adalah adik kandung Haji Agus Salim, Pahlawan Nasional, (2) Pendeta Willy Amrul alias Abdul Wadud Karim Amrullah disingkat AWKA (1927-2012), adik seayah dari Buya HAMKA, (3) Pendeta Akmal Sani yang sangat besar peranannya dalam merombak Ranah Minang “Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah” menjadi kawasan “Adat dan Syarak basandi Yesus dan Injil,”
DESAIN dan STRATEGI PEMBELAJARAN Menimbang Model Pembelajaran Multiple Intelligent Rajab, Masbukin
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 6, No 1 (2016): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.868 KB)

Abstract

Diantara problem mendasar dalam proses pendidikan di Indonesia adalah lemahnya para guru dalam menggunakan pendekatan pembelajaran. Para guru lebih mementingkan strtagi doktrinasi ketimbang dialog dan partisipasi aktif peserta didik. Pendekatan pembelajaran belum mampu melawan keyakinan naif, memancing pertanyaan, terbuka terhadap beragam perspektif, dan yang penting meregangkan pikiran siswa sampai pada titik yang dapat mereka gunakan untuk menerapkan pengetahuan yang ada disituasi dan konteks yang baru. Pembelajaran Multiple Intelligent menghendaki sebuah skenario pembelajaran maupun kegiatan belajar mengajar yang tidak hanya terhenti pada tahapan dimana siswa mengumpulkan data dan memperoleh informasi dari luar yakni guru, narasumber, buku, laboratorium dan lingkungan ke dalam ingatan siswa saja, namun lebih jauh dari itu semua. Yaitu memandang siswa tidak dalam keadaan “kosong” melainkan memiliki kecerdasan yang sama.
THORIQAH dan PENGARUHNYA DIDUNIA ISLAM Arbi, Arbi
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 6, No 2 (2016): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.009 KB)

Abstract

Thariqah selama ini dipahami sebagai kelompok-kelompok sufi yang kurang apreciate terhadap kehidupan duniawi dan cenderung memikirkan kepentingan Ukhrawi. Namun, dalam perjalanannya tidak demikian. Secara politik peran thariqah juga penting dalam sejarah Islam, dalam dakwah penyebaran Islam juga demikian, begitu juga secara intelektual, kemerdekaan spritualitas yang mereka miliki justru melahirkan berbagai khasanah dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam Islam.
REAKTUALISASI NILAI-NILAI FIQIH NUSANTARA; Sebagai Solusi Problem Masyarakat Ekonomi Asean/ MEA
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 7, No 1 (2017): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.209 KB)

Abstract

Reaktualisasi Nilai-Nilai Fiqih Nusantara Sebagai Solusi Problem MEA berangkat dari asumsi dasar bahwa fiqih nusantara adalah merupakan bentuk dari hasil dialog  pemikiran para ulama’ nusantara dengan realitas social. Oleh karenanya keberadaannya harus selalu berkembang sesuai dengan realitas zaman yang dihadapi. MEA merupakan salah satu bentuk realitas social yang berada di wilayah  nusantara, tentunya keberadaannya memiliki efek positif dan efek negative. Dan sekaligus akan memunculkan beberapa problem social baik dalam bidang ekonomi, politik maupun hukum. Munculnya problem baru akibat dari MEA seperti, kualitas produk, apakah produk yang datangnya dari Negara lain memiliki kualitas halal ? Hal tersebut  seharusnya ada jawaban yang bersifat relegius dari para  pakar ahli hukum Islam yang disebut dengan fiqih Nusantara. Dengan adanya perkembangan zaman, maka perlu adanya upaya mengaktualkan kembali nilai-nilai fiqih Nusantara sebagai bentuk jawaban terhadap semua problem social baik dalam bidang ekonomi, politik, hukum dan yang lainnya. Gagasan fiqih Nusantara telah di gaungkan oleh Prof. Dr. Hasbi Ash-Shidiqy pada tahun 1974, kemudian di segarkan lagi oleh Azzahirin, kemudian muncul gagagas fiqih social oleh KH. Sahal Mahfudz, dan akhir-akhir ini muncul gerakan melestarikan Islam Nusantara , secara tidak langsung harus muncul produk hukum Islam yang dapat berdialog dengan peradaban Nusantara
ISLAMIC EDUCATION in INDONESIA DURING the DUTCH COLONIAL; The Case Muhammadiyah and NU Hijazi, Ahmad
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 1, No 2 (2011): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.338 KB)

Abstract

The hegemony of colonialism in the Muslim world, including in Indonesia, has produced complex problems. Since there is a restriction to religious activities, education was targeted to forbid. However, in Indonesia, this process could not be implemented by the Dutch government since the Muslim intellectuals did not want the process implemented. Indonesian Muslim intellectuals at that time tried to establish Islamic organizations as resuscitation media for Muslim societies. It is interesting that there is different spirit among Islamic organizations so it creates different character or model in resuscitating Muslim societies at that time.Islamic organizations such as Jamiat Khair, Persyarikatan Ulama, Muhamadiyah, and NU have different characteristics in making transformation in the society. In this case, different backgrounds of the founding fathers of the organization influence this difference. Also, the responses to the problems of Muslim societies were also different. Muhammadiyah which had basis in the towns and intellectual communities was different from NU which had followers in the villages who had mystical traditions.
PENDIDIKAN ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTI-ETNIK: Mendesain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Ihsanudin, Nurwahid
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 7, No 2 (2017): Madania
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.965 KB) | DOI: 10.24014/jiik.v7i2.4837

Abstract

Perbedaan tipikal dan karakter individual yang terdapat dalam kultur setiap kelompok etnik memiliki hubungan resiprokal dengan dinamika pendidikan. Eksistensi tersebut merupakan khazanah sekaligus tantangan bagi para guru di tengah masyarakat multietnik yang multikultur. Sebab dengan perbedaan kultur itulah di samping guru dapat mengambil pelajaran, ia juga dihadapkan dengan primordialisme masyarakat. Dalam Pendidikan Islam keanekaragaman merupakan suatu keniscayaan sebagai Kodarallah (ketetapan Allah). Berbekal kesadaran bahwa Islam sebagai rahmat al alamin, maka bagi guru perbedaan kultur akan dipandang sebagai ikhtilaf al tanawu (perbedaan bersifat variatif).
REORIENTASI NILAI-NILAI SEKOLAH Ramli, Ahmad Arif
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 2, No 1 (2012): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.539 KB)

Abstract

Sekolah seringkali menjadi "hantu" bagi sebagian peserta didik. Karenaperlakuannya yang terkadang melupakan aspek-aspek nilai dan makna sekolah serta spritualitas peserta didik itu sendri. Tulisan ini, merupakan hasil telaahan terhadap nestapa itu dan sekaligus melihat alternative lain dengan mengajukan spritualitas dan batiniah peserta didik sebagai basis pengembangan pendidikan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA dengan MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE Neliwati, Neliwati
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 8, No 1 (2018): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.824 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah dengan model pembelajaran tipe Think-Pair-Share pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan posttes pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 5,44 atau meningkat sebesar 6,50 dari nilai awal; ranah afektif = 24,315 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,34 atau meningkat sebesar 0,8 dari siklus I; ranah afektif = 34,315 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat dari siklus I)). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif pada siklus III = 8,47 atau meningkat sebesar 1,13 dari siklus II; ranah afektif 40,525 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 6,21 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tipe TPS (Think-Pair-Share) meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan sistem peredaran darah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 27 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017
CREATION of the UNIVERSE by AL-QURAN Analysis of QS. Al-Anbiya: 30 and Its Relevance to the Theory of Science Ali, Munziri
Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 2, No 2 (2012): Madania
Publisher : Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.018 KB)

Abstract

The term of ‘alam has similiarity with ilm in Arabic. This indicates that there is a close connection between a concept of knowledge with the obligation to explore the nature. One of surah in Qur’an which discusses about the nature is al-anbiya’ : 30. In this verse, God says that sky and earth are basically unified coherently so that they are like one mass. This is in line with the most recent finding of the nature theory. Based on this theory, thousand years ago, the nature was accumulated strongly in the form of ball with which its trellis   is not more than 3.000.000 mile.

Page 1 of 12 | Total Record : 118