cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret" : 5 Documents clear
MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM REFORMASI BIROKRASI MENUJU INFORMATION TECHNOLOGY (IT) Yusriadi, Yusriadi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.911 KB)

Abstract

Pelaksanaan reformasi birokrasi telah mendapatkan landasan hukum melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. Salah satu agenda Indonesia pada reformasi birokrasi adalah menciptakan Good Governance di Indonesia. Pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. Perubahan pengelolaan sektor publik tidak hanya bertujuan memodernisasi institusi negara dan mengurangi biaya pelayanan publik, namun juga diharapkan untuk menghasilkan kerjasama yang dinamis antara pemerintah dengan masyarakat sipil dan sektor swasta. Salah satu usaha pembaharuan untuk menunjang reformasi birokrasi adalah menggunakan teknologi informasi. Usaha ini dinilai efektif untuk memperbaiki birokrasi di Indonesia. Information Technology didefinisikan sebagai penyampaian layanan dan informasi dari pemerintah kepada publik menggunakan sarana elektronik yang mempermudah masyarakat berkomunikasi dengan pemerintah dan ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan, mengekspresikan kebutuhan nyata masyarakat. Tulisan ini mendeskripsikan manajemen perubahan dalam reformasi birokrasi dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan sistem informasi yang berdampak tercapainya efisiensi dan efektivitas manajemen pemerintah daerah.
MENENTUKAN JUMLAH TENAGA KERJA PADA CV. AZKA SYAH BOGOR MENGGUNAKAN MOVING AVARAGES METHOD Basa, Putie Maharani; Suryani, Indah; Nurhayaty, Ety
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.745 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang di butuhkan CV. AZKA SYAH BOGOR, dimana perusahaan ini bergerak di bidang garment yang memproduksi pakaian muslim dengan sulam etnik. Penentuan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan CV. AZKA SYAH BOGOR menggunakan metode rata–rata bergerak dan dua metode pengukuran kesalahan peramalan. Yaitu Mean Absolute Deviation dan Mean Squared Error. Penggunaan dua metode pengukuran kesalahan peramalan adalah membandingkan dan meminalisir tingkat kesalahan dari hasil peramalan.  Dari hasil penelitian dapat ketahui adanya kelebihan dan kekurangan tenaga kerja pada CV.AZKA SYAH BOGOR.
ANALISIS PENDAPATAN USAHA PAPRIKA DI DESA PANCASARI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG Duwika, Kadek
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.69 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pedapatan usaha pertanian khususnya yang memiliki mata pencaharian sebagai petani, sehingga sektor pertanian memegang peranan penting. Sektor pertanian terdiri dari beberapa sub sektor yang meliputi tanaman bahan makanan, peternakan, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan hortikultura. Hortikultura merupakan salah satu potensi dalam pembangunan pertanian. Produk hortikultura yang meliputi tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, tanaman obat dan tanaman hias mempunyai kontribusi yang besar terhadap manusia dan lingkungan. Paprika merupakan salah satu komoditas sayuran komersial yang dapat dibudidayakan secara hidroponik. Saat ini penanaman paprika terus dikembangkan karena adanya kebutuhan pasar yang terus meningkat, sehingga prospek yang cerah untuk dibudidayakan ( Prihmantoro, 2003). Hasil penjualan paprika dalam satu musim tanam adalah sebesar Rp 158.400.000,00 per 400 m2. Biaya usaha tani Paprika adalah seluruh komponen biaya yang dikeluarkan oleh petani dalam menjalankan usaha tani paprika. Biaya total yang dikeluarkan terdiri atas biaya tunai dan biaya yang diperhitungkan biaya tidak tunai sebesar Rp. 16. 587.000. Total keuntungan yang didapat petani dari usaha tani paprika adalah Rp. 93.013.000,-/tahun/petani.
PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI KASUS PADA ROKOK SAMPOERNA AMILD DI KOTA BIMA) Ernawati, Sri
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.674 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Promosi terhadap loyalitas Merek rokok Sampoerna AMild di Kota Bima, (2) pengaruh Inovasi Produk terhadap loyalitas merek rokok Sampoerna AMild di Kota Bima, (3) pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap loyalitas Merek  rokok Sampoerna AMild di Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Penelitian ini di lakukan di Kota Bima mulai tanggal 1 Maret  2017 - 31 Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen rokok Sampoerna AMild di Kota Bima. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek rokok Sampoerna AMild di Kota Bima, (2) Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek rokok Sampoerna AMild di Kota Bima, (3) Promosi dan Inovasi Produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas merek rokok Sampoerna AMild di Kota Bima.
ANALISIS MODEL PERHITUNGAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN Hidayat, Hidayat
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.457 KB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hasil produktivitas karyawan apabila diukur berdasarkan waktu real dan waktu standar, 2) mengetahui hasil produktivitas karyawan apabila diukur produktivitas nyata dan produktivitas standar, 3) mengetahui perbedaan hasil dari dua metode penghitungan produktivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian ini menguji teknik penghitungan produktivitas karyawan. Ruang lingkupnya para karyawan di lingkungan perusahaan mebel di Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah perusahaan mebel di Jawa Timur dengan jumlah 410 perusahaan. Penentuan sampel ditetapkan secara purposive yaitu pada 5 (lima) kota. Lima kota di Jawa Timur yang memiliki jumlah perusahaan terbanyak adalah Surabaya, Pasuruan, Sidoarjo, Malang dan Gresik. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa berdasarkan model penghitungan indeks produktivitas dimana penghitungan yang dilakukan adalah berdasarkan waktu real dan waktu standar, dan penghitungan yang dilakukan berdasarkan produktivitas dan produktivitas standar ternyata didapatakan hasil indeks produktivitas yang sama tidak didapatkan selisih dari hasil kedua model perhitungan produktivitas tersebut. Hasil akhir indeks produktivitas yang diperoleh menunjukkan tidak ada perbedaan melalui kedua teknik penghitungan tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue