cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli" : 12 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN IJARAH PADA BANK ABC SYARIAH CILEDUG PERIODE 2015 Muchtar, Ellyta; Rahmiyatun, Fitri; Oktiyani, Roni; Sugiharti, Sugiharti
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.38 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan ijarah di Bank ABC Syariah cabang Ciledug. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank ABC Syariah tahun 2015 yang telah dipublikasikan melalui website Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dimana data penelitian dianalisa secara deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian tanpa perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukan terjadi sedikit penurunan jumlah rekening debitur atau berkurangnya dana pembiayaan ijarah yang disalurkan ke masyarakat dari kuartal ke II ke kuartal III sekitar ≥ 2.5%  Hal itu dikarenakan kurangnya minat masyarakat akan pembiayaan ijarah yang ditawarkan oleh Bank. Dapat disimpulkan bahwa turunnya minat masyarakat untuk mengajukan pembiayaan ijarah dikarenakan taktik pemasaran yang dilakukan bagian pemasaran dengan menggunakan formula 7P tidak dilaksanakan secara optimal. Untuk itu perlu dilakukannya kegiatan promosi yang gencar melalui pemberian brosur, personal selling untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pembiayaan syariah dengan sistem bagi hasil, dan cara pengajuan pembiayaan ijarah.  
PENGOLAHAN DAN MANAJEMEN USAHA KELOMPOK MAWAR DAN DAHLIA UNTUK PANGAN ENBAL Tapotubun, Elizabeth Juleny; Tumiwa, Bruri B.
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.898 KB)

Abstract

The application of ipteks the purpose for the community this is formulated a strategy the development of local food  enbal  to increase public welfare; optimize the utilization of enbal as a source of calories nutritious healthy for the community; encourage the provision of processed products enbal nourishing and safe.Approach, stage socialisation implementation evaluation and assistance to partner nen tei idar and nen fangnanan active is a step that has been done so that produces product enbal fish qualified and become mainstay for the government district southeast maluku as local food seeded.Ipteks for the community ( ibm ) ohoi wain consisting of partners nen te idar and nen fangnanan performed starting from early approach with partner with activities until counseling and training has been can be done and practiced so as to produce a cashbook, stamp production of the group netting technique good by labeling right and interesting making the practice of processing
PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Pangestuti, Dewi Cahyani
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.896 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dukungan organisasi (POS) X1, kepuasan kerja (SAT) X2 dan komitmen afektif  (AFC) X3 serta dampaknya pada Organizational Citizenship Behavior (OCB) Y Pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan,  dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta. Penelitian ini menggunakan model persamaan SEM (Structural Equational Modeling) untuk menguji hubungan/pengaruh antar variabel. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 160 orang.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Persepsi Dukungan Organisasi  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 34.81%. Persepsi Dukungan Organisasi  berpengaruh terhadap komitmen afektif pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 14.44%. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap komitmen afektif pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 20.25%. Persepsi Dukungan Organisasi  berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 5.76%. Kepuasan kerja berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 9.61%. Komitmen afektif berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior pegawai, besarnya pengaruh langsung sebesar 6.25%.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN INDOGROSIR SAMARINDA Agathanisa, Citha; Prasetio, Arif Partono
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.267 KB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarinda. Penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data yang telah disebar kepada 107 karyawan Indogrosir Samarinda. Kuesioner yang telah tersebar terdiri dari 45 butir pernyataan dengan menggunakan enam (6) skala Likert.  Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarida. Dalam penelitian ini analisis regresi linear sederhana juga digunakan dalam mengolah data kuesioner dan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif antara kompensasi dengan kepuasan kerja pada karyawan Indogrosir Samarinda.. Nilai koefisien determinasi yang didapat pada nilai ini ialah 0,620 yang menunjukkan bahwa tingkat kompensasi yang diberikan terhadap kepuasan kerja sebesar 62%. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk perusahaan untuk meningkatkatkan pengelolaan pemberian kompensasi terhadap kepuasan karja demi menjaga tingkat kepuasan kerja yang dirasakan oleh karyawan.
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA PT. TRI MANUNGGAL KARYA Shabrina, Dwima Nur; Prasetio, Arif Partono
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.932 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention pada  karyawan PT.Tri Manunggal Karya yang menrupakan salah satu perusahaan  jasa di bidang konstruksi dan supplier.    Metode penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner  kepada seluruh karyawan yang ada di PT. Tri Manunggal Karya.  Sampel terpilih adalah sebanyak 110 orang dari total keseluruhan karyawan sebanyak 150 orang melalui convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert. Item yang digunakan   pada variabel independent (X) yaitu kepuasan kerja sebanyak 20 item pernyataan dan variabel dependet  (Y) yaitu turnover intention sebanyak 6 item pernyataan.  Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis deskriptif. Sementara untuk menguji data dengan menggunakan uji normalitas one sample Kolmograv-Smirnov, uji heteroskedastisitas Glejser dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh melalui analisis regresi linear sederhana nilai signifikansi sbesar 0,031 < 0,05 maka penelitian ini mendukung hipotesis H1 yaitu kepuasan kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap turnover intention PT. Tri Manunggal Karya.
MENGANALISIS FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN UMKM DI BEKASI Rosita, Rahmi; Purwanto, Kun; Tri Utami, Rahayu; Darmawan, Darmawan
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.831 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kota Bekasi.Dalam penelitian ini penulis memfokuskan penelitian kepada pengusaha UMKM yaitu usaha sektor informal kuliner di Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor: karakter(X1) kebersihan tempat(X2), lokasi(X3), pengalaman menjual(X4) kenyamanan tempat(X5), keamanan area parker(X6), dan cita rasa(X7) berpengaruh terhadap keberhasilan usaha kuliner (Y). Serta untuk mengetahui variabel mana diantara ketujuh variabel tersebut yang paling doninan terhadap keberhasilan usaha kuliner di kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha kuliner yang usahanya masih bergerak dalam sektor informal, namun telah menjalankan usahanya lebih dari 5 (lima) tahun. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda dengan skala likert. Dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan tertutup sebanyak 100 responden.Dari analisis koefisien regresi, maka persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 0,145 + 0,096X1 + 0,254X2 + 0,347X3 + 0,199X4 + 0,024X5 + 0,064X6 + 0,806X7Dari hasil uji ANOVA, menunjukkan bahwa F hitung sebesar 204,064 dengan tingkat signifikan 0.001. karena nilai signifikansinya < 0.05, maka cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter penjulan, keamanan area parkir, lokasi dan kenyamanan tempat, secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha kuliner.Berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah sebesar 0,938. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent (cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter,  keamanan area parkir, lokasi, dan kenyamanan tempat) terhadap variabel dependent(keberhasilan usaha kuliner) sebesar 93,8%. Dengan kata lain variabel independent (cita rasa, pengalaman menjual, kebersihan tempat, karakter, keamanan area parkir, lokasi, dan kenyamanan tempat), mampu menjelaskan sebesar 93,8% variabel dependent (keberhasilan usaha kuliner), sedangkansisanya 6,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.
ANALISIS BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI PADA CV. DIGITAL PRINTING (DIMENSI) KOTA BIMA Muniarty, Puji; Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.748 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui seberapa besar biaya administrasi dan umum pada CV. Digital Printing (Dimensi) Kota Bima. Jumlah variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel mandiri yaitu biaya administrasi dan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian yaitu data target dan realisasi penggunaan biaya administrasi dan umum pada CV Digital Printing (Dimensi) Kota Bima selama 10 tahun yaitu tahun 2001 sampai dengan tahun 2015. Sampel yang digunakan yaitu data keuangan biaya administrasi dan umum selama 5 tahun yaitu tahun 2011 sanpai dengan tahun 2015 dengan pendekatan sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria ketersediaan data terbaru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis dengan uji t one sample. Berdasarkan nilai t hitung sebesar 7,332 dan nilai t table sebesar 2,132 (7,332 > 2,132) sehingga dapat simpulkan bahwa biaya administrasi dan umum pada CV Digital Printing (Dimensi) Kota Bima tidak efisien.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI BIZNET NETWORKS Sembiring, Jericho Haganta; Prasetio, Arif Partono
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.231 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di perusahaan Biznet Networks yang berlokasi di Jakarta Pusat, total responden dalam penelitian ini berjumlah 171 responden dari seluruh karyawan yang ada di perusahaan Biznet Networks. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 171 responden. Kuesioner yang digunakan memiliki 43 butir pernyataan dengan skala likert 6 titik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, sedangkan teknik analisis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel yaitu kompensasi dan motivasi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kompensasi memiliki pengaruh signifikan positif terhadap motivasi kerja karyawan pada perusahaan Biznet Networks, hasil tersebut diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam mengelola sistem pemberian kompensasi secara lebih baik lagi agar dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan.  
DETERMINAN PERDAGANGAN EKSPOR INDONESIA KE NEGARA TUJUAN UTAMA EKSPOR 2000 – 2015 Nopeline, Nancy
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.727 KB)

Abstract

Ekspor sangat dibutuhkan bagi proses pertumbuhan ekonomi karena peningkatan ekspor dapat meningkatkan pendapatan suatu negara yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, maka export-led growth strategy karena semakin penting bagi negara berkembang seperti Indonesia.Penulis ingin meneliti mengenai determinan ekspor non-migas dari Indonesia ke lima negara partner dagang Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data panel dan diolah dengan menggunakan eviews.Variael Distance (jarak) merupakan variabel yang memiliki nilai korelasi yang cukup tinggi terhadap GDP sehingga harus dihapus dari model penelitian (multikolinieritas terjadi) dan akhirnya ada empat variabel yang akan dilakukan uji lebih lanjut.Hasil penelitian ini adalah variabel PDB negara partner dagang, PDB Domestik dan Tariff berpengaruh terhadap nilai ekspor Non-migas di Indonesia. Variabel Nilai tukar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai ekspor non-migas di Indonesia.
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PT. TEJA SEKAWAN JAKARTA UTARA Susanti, Inggit Dessy; Astuti, Rachmawati Darma; Sariasih, Findi Ayu; Putra, Jordy Lasmana
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.366 KB)

Abstract

Kegiatan penjualan dalam rangka menginformasikan dan mendorong permintaan terhadap produk dari perusahaan dengan cara mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut serta mempengaruhi calon pelanggan menjadi pelanggan setia. Sasaran promosi dapat tercapai apabila perusahaan menganggarkan biaya promosi yang memadai dan dengan adanya biaya promosi yang memadai diharapkan dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan analisis biaya promosi dengan penjualan. Biaya promosi dapat diukur dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi, sedangkan penjualan dapat diukur oleh banyaknya produk yang telah terjual secara kredit konsinyasi dan secara tunai atau cash. Dengan adanya biaya promosi yang memadai maka  akan dapat membantu penjualan produk kepada calon pelanggan atau masyarakat serta memperkenalkan produk-produk perusahaan kepada calon pelanggan atau masyarakat luas. Maka dari itu disarankan kepada pihak manajemen pemasaran atau bagian marketing untuk mengelola biaya promosi secara efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan perusahaan.  

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue