cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September" : 12 Documents clear
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Herawati, Niken; Hidayat, Aris; Suwarsito, Suwarsito
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.938 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Indosat Yellow. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner. Berdasarkan hasil dari analisa penelitian ini, mengindikasikan bahwa kualitas layanan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, ditunjukan dari nilai signifikan si uji t =0.001 lebih kecil dari α =0.05 dengan koefisien regresi =0.102. Harga secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, ditunjukan dengan nilai signifikansi uji t =0.000 lebih kecil dari α=0,05. Kualitas layanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ditunjukan dari nilai signifikansi uji F =0,000 lebih kecil dari α=0.05 dan mampu memiliki kontribusi terhadap variabel kinerja sebesar 0.496 atau 49.6%. sisanya sebesar 50.4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dianalisa dalam penelitian ini.
ANALISA PENGARUH TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BPRS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM) PAMEKASAN MADURA Rabbani, Didin Burhanuddin; Arifin, Syamsul
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.183 KB)

Abstract

Kinerja karyawan yang terus meningkat dan tata ruang kantor yang nyaman adalah bagian dari unsur-unsur manajemen tersebut, sehingga stigma positif perbankan syariah dapat mewabah pada masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui bagaimana keadaan tata ruang kantor pusat PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) PamekasanMadura; kedua, peneliti ingin mengetahui analisa pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja karyawan di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura; ketiga, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja karyawan di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tata ruang kantor pusat PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan Madura terhadap kinerja karyawannya.
BIAYA DAN MANFAAT PENDIDIKAN : Studi kasus MTs Nurul Ummah dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Khasanah, Siti Nur
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.545 KB)

Abstract

Supriadi Dedi, 2004, “satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah”, Bandung: Remaja Rosdakarya. Suhardan  Dadang, dkk, 2012, “Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan”,Bandung; Alfabeta. Mulyono, 2016 “Konsep Pembiayaan pendidikan”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fatah Nanang,2012 “Standar Pembiayaan Pendidikan”,Bandung: Remaja Rosdakarya. Imam Machali dan Ara Hidayat, 2012, “ pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam mengelola Sekolah dan Madrasah”,Yogyakarta: Kaukaba. Ara Hidayat dan Imam Machali, 2016 “The Handbook Of Managemen Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia”,Jakarta: Kencana
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, KEPUASAN PELANGGAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN PADA PT KAI KOMMUTER JABODETABEK STASIUN DEPOK JAWA BARAT Addin, Syahrial; Basa, Putie Maharani; Afif, Nurullah Sururi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.084 KB)

Abstract

Kebijakan pada kualitas pelayanan dan harga tiket dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan verifikatif dengan ukuran populasi 100 responden dengan teknik sampling. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan jasa PT KAI Commuter Jabodetabek sebesar 31.9%, model dapat dijalankan dan sisanya (68.1%) tidak dapat dijalankan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan harga tiket terhadap loyalitas pelanggan.
PENGARUH PEMBERIAN MATA KULIAH PERPAJAKAN DAN PELATIHAN PAJAK TERHADAP MINAT MAHASISWA BERKARIR DI BIDANG PERPAJAKAN Warmana, G. Oka; Widnyana, I Wayan
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.674 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati (FE Unmas) Denpasar. Tidak seperti penelitian sebelumnya yang hanya dilakukan pada mahasiswa program studi akuntansi, penelitian ini juga dilakukan pada mahasiswa program studi manajemen. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan apakah pemberian mata kuliah perpajakan dan pelatihan pajak dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk berkarir di bidang pajak. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) Mata kuliah perpajakan berpengaruh positif terhadap minat berkarir di bidang perpajakan. 2) Pelatihan pajak berpengaruh positif terhadap minat berkarir di bidang pajak. 3) Minat mahasiswa program studi akuntansi lebih tinggi daripada mahasiswa program studi manajemen untuk berkarir di bidang pajak.
KINERJA PELAYANAN PUBLIK PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) SEMEMI SURABAYA Utomo, Priyo; Arifin, Syamsul; Nuryadi, Nuryadi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.777 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Sememi Surabaya ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja Pelayanan Publik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sememi Surabaya. Peneliti menggunakan Metode deskriptif  kuantitatif untuk menggambarkan pelayanan publik di Puskesmas Sememi Surabaya.  Fokus penelitian didasarkan pada sembilan Indikator yang meliputi: 1) Responsivitas, 2) Responsibilitas, 3) Akuntabilitas, 4) Empati, 5) Efektivitas, 6) Produktivitas, 7) Efisiensi, 8) Kepuasan, 9) Keadilan. Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Responden yang diberi pertanyaan berkaitan dengan fokus penelitian adalah 52 orang pegawai Puskesmas Sememi Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari aspek proses yang diukur melalui indikator responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, dan empati termasuk dalam kriteria tinggi. Kinerja Puskesmas Sememi Surabaya jika dilihat dari aspek hasil yang diukur melalui indikator efektivitas, produktivitas, efisiensi, kepuasan dan keadilan termasuk dalam kriteria sedang. Secara keseluruhan kinerja organisasi Puskesmas Sememi Surabaya termasuk dalam kriteria rendah.
IMPLEMENTASI FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MTs MAFATIKHUL HUDA JAGASIMA Asafu, Afif Nur
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.366 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi dan mengkaji secara deskriftif mengenai implementasi fungsi kepemimpinan kepala madrasah di MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, sebagaimana yang dikembangkan oleh miles dan huberman mengemukakan bahwa aktifitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Sumber informan dalam penelitian ini adalah, Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Tata Usaha, Guru-guru serta karyawan MTs Mafatikhul Huda Jagasima. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bisa dikatakan bahwa kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda Jagasima, mengerti dan memahami tentang fungsi kepemimpinan hal tersebut dibuktikann dari cara beliau dalam menjalankan roda kepemimpinan, dari hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dalam menjalankan roda kepemimpinannya kepala madrasah MTs Mafatikhul Huda menjalankan fungsi kepemimpinannya yaitu fungsi konsultatif, fungsi partisipasi dan fungsi pengendalian.
PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, ETIKA AUDITOR, DAN KECERMATAN PROFESIONAL PADA KUALITAS AUDIT APARAT INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN SOSIAL RI Wicaksono, Dimas
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.855 KB)

Abstract

Peran audit internal yang dijalankan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial RI dipertanyakan karena adanya korupsi yang tidak terdeteksi oleh aparat inspektorat sebagai auditor internal namun ditemukan oleh auditor eksternal yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh kompetensi, independensi, etika auditor dan kecermatan profesional pada kualitas audit aparat Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial RI. Kuesioner disebarkan kepada auditor sebanyak 43 kuesioner. Jumlah yang kembali adalah 32 kuesioner (74%). Metode analisis data yang digunakan ialah analisa regresi linear berganda (multiple regretion) dimana kompetensi, independensi, etika auditor dan kecermatan profesional sebagai variabel independen sedangkan kualitas audit sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi, independensi, etika auditor, dan kecermatan profesional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Secara parsial kompetensi, etika auditor, dan kecermatan profesional berpengaruh pada kualitas audit. Sedangkan independensi tidak berpengaruh pada kualitas audit
PENGARUH PENGETAHUAN MANAJEMEN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Parnawi, Afi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.704 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rasa puas dan ketidak puasan kerja karyawan pada suatu organisasi yang dipimpin oleh seorang kepala madrasah. Keberhasilan kepala madrasah dalam mengelola organisasinya tidak lepas dari pengetahuan manajemen, gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonalnya.                 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Hasil riset adalah bahwa pengetahuan manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan baik secara parsial maupun secara simultan. Dari hasil analisis determinasi masih ada faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan selain variabel pengetahuan manajemen. Semakin baik pengetahuan manajemen maka akan semakin baik pula kepuasan kerja karyawan pada Madrasah Aliyah Negeri Provinsi Kepulauan Riau.
TITIK IMPAS DAN PERENCANAAN LABA Chalil, Didi Chariadi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.559 KB)

Abstract

Dalam ekonomi, khususnya biaya akuntansi, titik impas adalah titik di mana biaya atau pengeluaran dan pendapatan seimbang sehingga tidak ada kerugian atau keuntungan. Titik Impas atau Break Even Point menjadi ukuran penting dalam bisnis. Namun, pengusaha sering menafsirkan BEP dengan perputaran. Titik impas dan laba atas investasi adalah dua hal yang sangat berbeda. Ketika kita menjalankan bisnis, pasti akan mengeluarkan biaya operasional. Ada dua jenis biaya operasi, biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap adalah perhitungan biaya didasarkan pada saat penjualan produk. Misalnya, dalam menjalankan bisnis ini kita harus menyewa tempat dengan biaya sewa sebesar Rp. 2 juta / bulan, jadi meskipun tidak ada penjualan produk yang kita pajang, kita tetap harus membayar sewa tempat ini. Jadi meskipun usaha kita sepi dan tidak ada penghasilan tapi tetap ada biaya tetap. Perencanaan laba adalah rencana kerja yang telah dipertimbangkan dengan cermat dan dijelaskan secara kuantitatif dalam hal laporan keuangan untuk jangka pendek dan jangka panjang. Beberapa faktor yang mempengaruhi perencanaan laba : Keuntungan atau kerugian yang diderita dari volume penjualan tertentu. Volume penjualan yang harus dicapai untuk menutup semua biaya yang digunakan dengan tujuan untuk memperoleh laba yang memadai. Balik modal (titik impas)

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue