cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November" : 12 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN IKAN ASAP DI KECAMATAN WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE Sumiratin, Endang; Syarbiah, Sarty
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.978 KB)

Abstract

Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah para pelaku usaha pengolah ikan asap dalam menjalankan usahanya. Pelaku usaha pengolah ikan asap di Kecamatan Wawotobi adalah industri kecil atau industri Rumah Tangga dimana modal yang mereka peroleh adalah modal sendiri, dengan kondisi sosial ekonomi yang berbeda-beda, sehingga pendapatan yang diperoleh pedagang satu dengan pedagang lainnya berbeda-beda pula, baik dari segi usaha maupun dari segi produksi yang diperoleh. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara langsung (purposive). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah :Identitas responden meliputi : umur, pendidikan formal, pengalaman berusaha dan jumlah tanggungan keluarga. Pendapatan meliputi : besarnya penerimaan dan biaya usaha yang dikeluarkan.       Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1. Penerimaan rata-rata usaha pengolahan ikan asap yang dilakukan  di Kecamatan Wawotobi Kabupaten Konawe rata-rata sebesar Rp. 20.336.646,- setiap produksi dalam 1 bulan, dan biaya rata-rata yang dikeluarkan dalam usaha pembuatan ikan asap sebesar Rp. 15.247.098,- serta pendapatan rata-rata yang diperoleh sebesar Rp.5.089.548,-. 2. Usaha pengolahan ikan asap layak dikembangkan karena mempunyai R/C = 1,3 artinya setiap penggunaan biaya Rp. 1.000,- maka akan diperoleh penerimaan Rp. 333,- layak diusahakan/ menguntungkan
SISTEM INFORMASI INVENTORY BARANG KOPERASI KARYAWAN PERHUTANI CEPU BERBASIS WEB Larasati, Oktavenia
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.968 KB)

Abstract

Koperasi Karyawan Perhutani Cepu adalah salah satu koperasi yang bergerak di bidang toserba (pembelian dan penjualan barang). Dalam bisnis tersebut pengelola menggunakan gudang sebagai tempat penyimpanan persediaan barang dagangan. Sistem persediaan barang (inventory) sangat penting guna membantu perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Sistem informasi mengenai persediaan barang di Koperasi Karyawan Perhutani Cepu masih menggunakan sistem manual, sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan pada saat proses bisnis dan akan memakan waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem informasi inventory barang Koperasi Karyawan Perhutani Cepu berbasis web. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) yaitu model waterfall, terdiri dari tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan. Hasil pengujian black box menunjukan hasil yang valid, sedangkan untuk pengujian kuisioner mendapatkan hasil yang memuaskan dengan persentase rata-rata sebesar 92,8%, yang menyatakan bahwa sistem ini dapat membantu Koperasi dalam proses pelaksanaannya.
ANALISIS PENGARUH PENYELESAIAN KONFLIK ANTAR KARYAWAN TERHADAP STRES KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA, Tbk SURABAYA Kurniawati, Rohmah; Waloyo, Waloyo; Utomo, Priyo
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.479 KB)

Abstract

Konflik, perselisihan, dan pertentangan dapat terjadi dimana saja, kapan saja, antar siapa saja dan menyangkut hal apa saja, sehingga konflik pun dapat terjadi ditempat kerja. Dalam lingkungan kerja, konflik antar karyawan yang terjadi sebaiknya diselesaikan dengan baik karena konflik yang dapat diselesaikan akan menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kinerja karyawan. Dari latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelesaian konflik antar karyawan terhadap stres kerja dan kinerja karyawan pada PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian maka teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 4.01. Variabel pada penelitian ini adalah penyelesaian konflik antar karyawan yang terdiri dari : variabel kerjasama, variabel bersaing, variabel menghindar, variabel akomodasi dan variabel kompromi, sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah variabel stres kerja dan variabel kinerja karyawan. Data yang digunakan didasarkan pada hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden, responden pada penelitian ini adalah karyawan PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya. Analisis hasil pengujian Goodness-Of Fit Index, menunjukkan data mempunyai kecocokan yang baik dengan model penelitian dengan hasil Chi Square = 154,229 dan koefisien determinan ( R2 ) dalam model SEM ditunjukkan oleh nilai AGFI = 0,792 yang masih berada di bawah Cut Off Value, namun sudah dapat dikatakan bahwa model sudah Fit dalam uji model SEM. Model menunjukkan terdapat pengaruh langsung antara variabel kerjasama, bersaing, menghindar, akomodasi dan kompromi terhadap stres kerja dan kinerja karyawan. Karyawan PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk Surabaya lebih menyukai penyelesaian konflik dengan cara Kompromi hal ini didasarkan pada perhitungan dari data yang diolah bahwa penyelesaian konflik antar karyawan dengan cara ini memberikan kontribusi terbesar dalam menurunkan stres kerja, sedangkan penyelesaian konflik antar karyawan dengan cara bersaing memberikan kontribusi terbesar terhadap kinerja karyawan. Karyawan menganggap bahwa kedua cara ini dianggap sebagai cara yang efektif dalam menciptakan hubungan kerja dan terciptanya keharmonisan dalam berorganisasi.
PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat & Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Ternate) Pratama, Rheza
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.834 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana perkembangan dan kemajuan penerapan manajemen risiko pada perbankan Syariah di Kota Ternate. Populasi dari penelitian ini adalah dua Bank Syariah yang ada di Kota Ternate yaitu: Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat dan sampelnya adalah manajer dan staf tiap-tiap bank yang menangani manajemen risiko. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam pengambilan data penelitian ini mengunakan metode wawancara dan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (a). Pemahaman risiko dan manajemen risiko pada Bank Muamalat maupun Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Ternate semuanya masuk dalam kategori baik. (b). praktek manajemen risiko pada bank Muamalat maupun Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Ternate mayoritas menilai bahwa praktek manajemen risiko sudah masuk dalam kategori baik. Namun sebanyak 21,4% di Bank Muamalat dan 13,3% di Bank Syariah Mandiri menilai cukup. (c). Bank Muamalat maupun Bank Syariah Mandiri kantor Cabang Ternate menilai identifikasi risiko masuk dalam kategori baik. Namun sebanyak 7,1% di Bank Muamalat 13,3% di Bank Syariah Mandiri menilai cukup. (d). Bank Muamalat maupun Syariah Mandiri kantor Cabang Ternate mengatakan penilaian dan analisis risiko masuk dalam kategori baik. Namun sebanyak 28,6% di Bank Muamalat dan 6,7% pada Bank Syariah Mandiri yang menilai cukup. (e). Bank Muamalat maupun Bank Syariah Mandiri kantor cabang Ternate semuanya mengatakan baik tentang pelaksanaan monitoring dan pemantauan risiko. (f). Informan Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Cabang Ternate menilai bahwa praktek-praktek manajemen risiko yang berkaitan dengan risiko pembiyaan/kredit sudah dapat dikatakan baik karena praktek dilapangan sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu terkait dengan prinsip-prinsip penerapan manajemen risiko kredit/pembiayaan.
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BALI BERKELANJUTAN MENGHADAPI PASAR BEBAS ASEAN (AFTA) Suryawati, I Gusti Agung Alit
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.963 KB)

Abstract

Pasar bebas Asean sudah mulai tahun 2015 harus dijadikan tantangan sekaligus peluang untuk pengembangan pariwisata Bali yang berkelanjutan. Makalah ini mengkaji bagaimana strategi pengembangan pariwisata Bali berkelanjutan menghadapi pasar bebas Asean sejak 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, studi dokumen dan wawancara mendalam dengan 10 informan yang berasal dari pengambil kebijakan, pengamat dan pelaku bisnis pariwisata di Bali. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menerapkan dua teori, yaitu teori hirarki kebutuhan dan teori stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pariwisata budaya telah menjadi sector andalan pembangunan daerah yang mampu mensejahterakan masyarakat Bali. Keberlangsung pariwisata Bali ditopang oleh strategi keberlanjutan politik, ekonomi, keberlanjutan ekologis dan sosial-budaya masyarakat Bali. Disamping meningkatkan mutu layanan wisata, profesionalitas tenaga kerja pariwisata Bali juga perlu ditingkatkan agar mampu berperan dalam persaingan pasar bebas Asean mulai sejak tahun 2015.
PEMAHAMAN PENTINGNYA KEMASAN TERHADAP PELAKU USAHA BERDASARKAN RENTANG VARIASI LAMA USAHA Amarul, Amarul; Sukirno, Sukirno; Andari, Andari
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.024 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang kemasan pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif dengan data kuantitatif. Dengan menggunakan kuesioner sabagai alat intrumennya dimana jumlah sampelnya adalah 101 para pelaku uaha dengan rentang waktu lama usaha yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 91,09%  para pelaku usaha yang telah melakukan kemasan pada produknya dan 8,91% yang belum memberikan kemasan pada produknya dan para pelaku usaha yang nilai presentase nya lebih tnggi yaitu pada lawa waktu usaha kurang dari 2 tahun yaitu 96,55% dan nilai presentase nya rendah yaitu pada lama waktu usaha lebih dari 10 tahun sebesar 75%.
ANALISIS RASIO SOLVABILITAS TERHADAP LAPORAN KEUANGAN INTERIM UNTUK MENILAI TINGKAT KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus PT Unilever Tbk) Nurhayaty, Ety; Setyorini, Dini; Rosmita, Rosmita
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.068 KB)

Abstract

PT. Unilever Indonesia, Tbk, merupakan salah satu perusahaan multinasional yang mulaiberoperasi di Indonesia sejak 5 Desember 1933. Dan kini menjadi salah satu perseroan terdepan untuk kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang penyediaan consumer products yaitu Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Rangkaian produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang terkenal di dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban keuangan perusahaan menggunakan rasio solvabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan data kuantitatif meliputi studi pustaka, dan analisis dokumen perusahaan. Hasil dari penelitian bahwa kemampuan PT Unilever Tbk menunjukkan kondisi yang kurang baik, hal ini ditunjukkan pada perhitungan debt to equity ratio, Debt to Assets Ratio dan Long Term Debt to Equity Ratio, dimana komposisi utang masih lebih besar dari pada asset.
PROSEDUR SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PT NUSA KONSTRUKSI ABADI Ajusta, A. A. Gede
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.552 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi prosedur system penggajian karyawan, keberadaan karyawan yang memegang peran penting dalam menjalankan kegiatan perusahaan baik operasional maupun administratif. Penggajian sebagai wujud apresiasi perusahan dan karyawan dalam memenuhi hak dan kewajiban masimg masing. Balas jasa berupa bentuk gaji maupun upah merupakan bentuk penghargaan perusahaan yang diberikan kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur system  pembayaran gaji yang diterapkan pada PT Nusa Konstruksi Abadi (PT NKA) Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian dengan mengutamakan objektifitas yang terjadi pada masa sekarang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa komponen gaji pada PT NKA antara lain yaitu gaji pokok, insentif untuk karyawan, uang lembur, tunjangan structural. Sistem Penggajian sudah menggunakan Aplikasi Payroll, sehingga dalam melakukan pelaporan penggajian, bagian SDM sudah mampu melakukan pelaporan secara terintegrasi dalam satu Aplikasi Payroll yaiu dari laporan gaji, laporan potongan pajak, Laporan Pajak, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBAYARAN PBB OLEH MASYARAKAT DI DESA LABAN KECAMATAN MENGANTI – KABUPATEN GRESIK Waloyo, Waloyo; Kurniawati, Rohmah; Utomo, Priyo
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.232 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penyuluhan PBB (X1), Pelayanan Administrasi (X2) dan Tempat pendaftaran (X3) terhadap Pembayaran PBB (Y) di Desa Laban Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik secara simultan maupun parsial, serta mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi pembayaran PBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sejumlah 120 orang. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji hipotesis adalah uji F dan uji t. Hasil uji validitas menunjukkan semua item kuesioner valid dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa item kuesioner reliabel. Sedangkan analisis regresi linier menunjukkan bahwa ada hubungan kausalitas antara variabel bebas dengan variabel terikat. Uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel penyuluhan PBB (X1), Pelayanan Administrasi (X2) dan Tempat pendaftaran (X3) berpengaruh signifikan terhadap Pembayaran PBB (Y) dengan variabel tempat pembayaran PBB (X3) memiliki pengaruh paling dominan.
PEMBERDAYAAN KARANG TARUNA (Studi Kasus Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik) Utomo, Priyo; Mursyid, Imam; Arifin, Syamsul
Jurnal Mitra Manajemen Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.017 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pemberdayaan Karang Taruna Sinar Muda di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu tujuan pemberdayaan yang berdasarkan pada Permensos No 23 Tahun 2013 beberapa tahapannya yaitu persiapan pemberdayaan, pelaksanaan pemberdayaan, sampai pada pendayagunaan lanjutan. Untuk meningkatkan sumber daya manusia Karang Taruna Sinar Muda di Desa Ngabetan dimulai dari sosialisasi program. Selanjutnya adanya pemberian motivasi kepada Anggota Karang Taruna tentang pentingnya pelatihan yang nantinya akan meningkatkan kemampuan mereka dalam berorganisasi. Selain itu dengan adanya pendayagunaan lanjutan dalam hal memberikan wewenang kepada anggota Karang Taruna Sinar Muda untuk melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan. Untuk meningkatkan kelembagaan Karang Taruna Sinar Muda Desa Ngabetan dimulai dengan tahapan perencanaan pemberdayaan dalam bentuk perekrutan. Selanjutnya kegiatan pemberdayaan dimulai dengan pembentukkan awal kepengurusan. Kemudian dalam tahapan pendayagunaan lanjutan, perangkat desa memberikan wewenang kepada ketua Karang Taruna Sinar Muda untuk melakukan pembentukan kepengurusan baru dengan berbagai pengembangan divisi yang ada. Untuk mengembangkan aktivitas karang taruna memerlukan beberapa proses atau tahapan yang tidak mudah seperti halnya harus mensinergikan antara program kerja Desa dengan program kerja yang dilakukan oleh pihak Karang Taruna Sinar Muda. Peningkatkan sarana prasarana untuk kegiatan Karang Taruna Sinar Muda membutuhkan proses yang tidak mudah, mulai dari pengajuan yang nantinya akan dibawa ke Musyawarah Desa, sampai pada kesepakatan untuk menggunakan sarana prasarana yang ada untuk melakukan kegiatan yang sudah diprogramkan. Adanya upaya untuk meningkatkan jejaring antara Karang Taruna Sinar Muda dengan pihak diluar desa, akan tetapi belum maksimalnya jaringan atau mitra yang ada di desa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue