cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni" : 6 Documents clear
MENGANALISIS FAKTOR PENENTU SERVICE QUALITY, CONTENT OF CULTURE, TRUST, CUSTOMER STATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY Rosita, Rahmi; Utami, Rahayu Tri; Darmawan, Darmawan; Estiana, Ria
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.376 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap penyedia jasa tata rias pengantin di Bekasi.Instrument dilakukan menggunakan kuesioner tertutup sebanyak 70 responden, dengan alat ukur skala likert.Uji instrument dilakukan dengan uji Validitas dan reliabilitas.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode regresi linier berganda.Dari analisis uji hipotesis dan berdasarkan hasil keluaran program statistik diperoleh bahwa korelasi signifikan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan sebesar 0.539. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara kualitas pelayanan (X1) dengan loyalitas pelanggan. Kandungan suatu budaya (X2) sebesar 0.093 tidak mendapat dukungan data.Kepercayaan (X3) dengan loyalitas pelanggan sebesar 0,386. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan tidak signifikan antara kepercayaan dengan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan (X4) dengan loyalitas pelanggan tidak signifikan sebesar 0,46.Dari hasil uji analisis Model Summary diperoleh data bahwa angka R sebesar 0,576 menunjukkan bahwa korelasi hubungan antara loyalitas pelanggan dengan ke 4 variabel bebasnya adalah cukup kuat.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG Yudasella, Ighfa Fahira; Krisnawati, Astrie
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.415 KB)

Abstract

Pemberdayaan konsumen melalui literasi keuangan diyakini akan diperlukan untuk mendukung upaya pencapaian stabilitas sistem keuangan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang lebih inklusif. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam hal e-commerce. Salah satu penyebabnya adalah budaya konsumsi masyarakat Indonesia yang tergolong tinggi. Salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat literasi keuangan dan tingkat perilaku konsumtif, juga untuk mengetahui apakah terdapapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 400 siswa SMA di Kota Bandung dengan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa SMA di Kota Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,694 > 1,966) dan dengan tingkat signifikansi < 0,005 yaitu 0,000. Melalui uji regresi linier sederhana diperoleh Y’ = 14,746 + 0,405X yang berarti setiap kenaikan 1 tingkat literasi keuangan akan meningkatkan perilaku konsumtif sebesar 0,405 kali. Adapun literasi keuangan memengaruhi perilaku konsumtif sebesar 16% sedangkan 84% lain dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini, tingkat literasi keuangan siswa SMA di Kota Bandung tergolong sedang yaitu 60,37% dan tingkat perilaku konsumtif siswa SMA di Kota Bandung tergolong tidak tinggi yaitu 49,69%.   Kata Kunci: Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif, Siswa SMA
PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. PLN PERSERO RAYON PRIGEN Suprapti, Sri; Muliatie, Yurilla Endah
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.886 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh kompensasi, lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. PLN PERSERO Rayon Prigen. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN PERSERO Rayon Prigen berjumlah 40 orang, sampel diambil dengan mennggunakan teknik random sampling dan sampel jenuh. Analisis olah data dilakukan dengan menggunakan statistic dengan alat bantu SPPS version 22. Hasil pengolahan data yang dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan terhadap kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan baik secara parsial melalui uji t ataupun secara simultan melalui uji F. dilihat dari uji t (parsial) lingkungan kerja memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan kerja karyawan dibandingkan dengan kompensasi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan yang diberikan oleh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di PT. PLN PERSERO Rayon Prigen ini.
ANALISA PENERAPAN ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA (STUDI PADA UMKM SUTRA GARUT) Aulia, Nafisa Farkhiy; Fitria, Sisca Eka
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.077 KB)

Abstract

Munculnya konsep pemasaran kewirausahaan atau entrepreneurial marketing merupakan respon dari beberapa hasil penelitian yang menunjukkan adanya ketidakcocokan antara teori pemasaran tradisional dengan UMKM. Konsep pemasaran tradisional yang tujuan awalnya dikembangkan untuk perusahaan besar, nyatanya tidak bisa langsung diterapkan pada dunia usaha kecil tanpa adaptasi. Dengan melihat karakteristik yang dimiliki UMKM, maka UMKM memerlukan konsep pemasaran yang lebih sesuai dibandingkan teori pemasaran tradisional. Pada penelitian ini akan diketahui seperti apa penerapan entrepreneurial marketing dan dampaknya pada UMKM sutra di Garut Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Teknik validitas data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa penerapan pemasaran kewirausahaan pada UMKM sutra Garut belum merata.
ANALISIS ENTREPRENEURIAL MARKETING PADA KOPERASI AKAR WANGI USAR Halida, Siti; Fitria, Sisca Eka
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.306 KB)

Abstract

Pemasaran konvensional tidak dapat diterapkan pada umkm, maka dengan adanya entrepreneurial marketing merupakan pemasaran yang sesuai dan sederhana. Garut merupakan penghasil minyak akar wangi terbesar di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Akar Wangi “USAR” di Kabupaten Garut. Koperasi Akar Wangi “USAR” merupakan koperasi yang bergerak di bidang produksi akar wangi di Garut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalis penerapan entrepreneurial marketing dengan menggunakan tujuh dimensi menurut Morris etal (2002) yaitu proactiveness, opportunity focus, customer intensity, innovation, risk taking, resource leveraging serta value creation pada Koperasi Akar Wangi Usar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil wawancara menunjukan bahwa Koperasi Akar Wangi Usar telah menerapkan 6 dimensi entrepreneurial marketing terkecuali dimensi risk taking.
ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP BRAND GO-JEK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE SENTIMENT ANALYSIS DAN TOPIC MODELLING Hudaya, Cindy Septiani; Fakhrurroja, Hanif; Alamsyah, Andry
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.539 KB)

Abstract

Penelitian ini menggabungkan ilmu manajemen dan ilmu big data dalam proses pengerjaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil sentimen konsumen terhadap brand Go-Jek berdasarkan media sosial twitter dan menemukan topik serta kata apa yang dibahas pada sentimen media sosial twitter mengenai brand Go-Jek. Data yang digunakan pada penelitian dini diperoleh dari media sosial twitter dan didapatkan sebanyak 15.721 tweets dari konsumen layanan brand Go-Jek di Indonesia yang aktif pada media sosial twitter. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode big data yaitu sentiment analysis dantopic modelling. Kedua metode tersebut digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yang ditentukan yaitu mengetahui hasil sentimen dan topik yang dibicarakan konsumen Go-jek di media sosial twitter. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa sentimen dan topik yang dibahas konsumen berkaitan dengan brand Go-Jek termasuk pada brand perception positif walaupun ada beberapa sentimen negatif namun lebih mendominasi sentimen yang positif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue