cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli" : 9 Documents clear
ANALISIS PENGARUH EPS, ROE, DER, KURS DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM SUB SEKTOR TRANSPORTASI PERIODE 2012-2017 Nurindahsari, Dinda Ayu; Chumaidiyah, Endang; Suryana, Nanang
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.835 KB)

Abstract

Industri transportasi merupakan salah satu industri yang berkembang dan berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia serta perkembangan pada pasar modalpun terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EPS, ROE, DER, inflasi dan kurs secara simultan dan parsial terhadap return saham sub sektor transportasi. Sampel perusahaan yang digunakan yaitu 7 perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI pada periode 2012-2017 yang dipilih berdasarkan beberapa kategori. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, time series dan cross section dengan menggunakan Regresi Data Panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa EPS, ROE, DER, inflasi dan kurs secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Sedangkan variabel yang berpengaruh secara parsial adalah inflasi.
PENGARUH FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Emiten Sub-Sektor Perdagangan Eceran yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Setyawan, Budi
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.295 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh free cash flow, profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening pada emiten sub-sektor perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian berjumlah 11 perusahaan dan tahun penelitian 2012-2017. Data yang dikumpulkan diproses dengan metode analisis jalur dengan bantuan perangkat lunak AMOS 19.00. Hasil penelitian menunjukkan free cash flow tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen dan nilai perusahaan. Ini dapat disebabkan oleh arus kas di perusahaan yang sebagian besar digunakan untuk membiayai iklan. Profitabilitas (ROA) memiliki dampak signifikan pada kebijakan dividen dan nilai perusahaan, profitabilitas mengurangi kebijakan dividen. Likuiditas memiliki dampak signifikan pada kebijakan dividen dan nilai perusahaan, hal ini dapat disebabkan oleh adanya akun yang tidak tertagih dan persediaan yang belum terjual dapat menyebabkan rasio lancar yang tinggi. Selanjutnya, kebijakan dividen memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap nilai perusahaan, disebabkan oleh perusahaan yang memiliki laba besar tidak membagikan laba dalam bentuk dividen dan kebijakan dividen adalah variabel yang mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan nilai perusahaan dengan baik.
ANALISIS PERENCANAAN PENJUALAN DENGAN METODE TIME SERIES (STUDI KASUS PADA PD. SUMBER JAYA ALUMINIUM) Yuliana, Lingga
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.253 KB)

Abstract

Penjualan dan produksi adalah dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat terpisahkan didalam suatu pengoperasian perusahaan, didalam memproduksi suatu produk perusahaan harus melihat tersedia dalam gudang / penyimpanan serta beberapa jumlah yang akan dijual. Disebabkan dengan hal tersebut maka perusahaan perlu melakukan peramalan penjualan (sales forecasting). Tujuan dalam penelitian ini menentukan metode peramalan yang tepat berdasarkan tingkat kesalahan terkecil berdasarkan nilai Mean Absolute Deviation (MAD), Mean Square Error (MSE) dan Mean Absolute Procentage Error (MAPE). Penelitian ini menunjukkan bahwa plot data peramalan penjualan rak piring menunjukkan kecenderungan naik (trend). Metode peramalan yang dianggap terbaik terdapat pada metode winter multiplikatif, karena tiga nilai kesalahan (error) yang diuji yaitu MAD, MSE dan MAPE menunjukkan tingkat kesalahan yang paling kecil dengan metode tersebut. Nilai kesalahan yang ditunjukkan dalam penelitian ini, dimana nilai MAD sebesar 73,5, nilai MSE sebesar 10137,7 dannilai MAPE sebesar 4,9.
PERILAKU OPORTUNISTIK DAN KONFLIK INTERNAL DARI PELAKU ANGGARAN DALAM PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PEMERINTAH KOTA BIMA Nurhayati, Nurhayati; Muniarty, Puji; Kamaluddin, Kamaluddin
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.759 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku oportunistik dan konflik internal dari pelaku anggaran dalam perencanaan dan penganggaran pemerintah Kota Bima, sehingga dapat diketahui gambaran bentuk perilaku oportunistik dan konflik internal dari pelaku anggaran, serta mencari tahu menyebab dan solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada pemerintah daerah Kota Bima yang difokuskan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bima, BPKAD Kota Bima dan DPRD Kota Bima dengan subjek penelitian yang ditetapkan yaitu Tim TAPD dan Tim Banggar perencanaan penganggaran pemerintah daerah Kota Bima. Teknik analisis data berupa analisis interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perilaku oportunistik sudah nampak pada perencanaan dan penganggarannya, sedangkan konflik antar pelaku anggaran belum sepenuhnya terjadi. Penelitian ini disarankan untuk lebih mengfungsikan regulasi yang mengatur serta mengawasi pelaksanaan pengelolaan, pengalokasian dan penetapan yang berimbang dari anggaran tersebut. 
ANALISIS LAKU PANDAI (BRANCHLESS BANKING) PADA AGEN PERBANKAN (STUDI DI KOTA BIMA) Muniarty, Puji; Nurhayati, Nurhayati; Purnama, Ita
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.641 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan laku pandai (branchless banking) pada agen perbankan (Studi di Kota Bima). Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif conclusive dengan survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh agen46 BNI yang ada dikota bima sejumlah 163 dan sampel penelitian 8 agen46 BNI dengan purposive sampling dengan 80 responden yang menggunakan jasa layanan laku pandai. Waktu penelitian yaitu selama 3 bulan dari bulan Mei sampai dengan bulan juli 2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji t test one sample. Berdasarkan uji validitas bahwa seluruh item pertanyaan valid karena nilai Correted Item Total Correlation > 0,3 sedangkan uji reliabilitas Reliability Statistics diatas nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0, 817  > 0,60 yang artinya reliabel. Nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (67,912 > 1,99) artinya efektivitas layanan laku pandai (branchless banking) dari yang diharapkan sangat efektif.
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA BEKASI Utama, Dani Chandra; Arista, Roynaldi; Fitriyanto, Fitriyanto; Raharjo, Agung
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.119 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak inovasi dan harga pada keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di tempat yang berbeda untuk mendapatkan berbagai responden. Sampel adalah pemilik kendaraan sepeda motor Honda di Bekasi yang berjumlah 150 responden. Teknik analisis regresi yang digunakan untuk menganalisis dampak inovasi dan harga keputusan pembelian adalah dengan menggunakan SPSS (Paket Statistik untuk Ilmu Sosial). Analisis menunjukkan bahwa inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, setiap kenaikan satu unit pada variabel inovasi produk akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian 0,401 unit. Analisis juga menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, setiap penyesuaian unit baik keterjangkauan harga, kesesuaian harga kualitas produk, daya saing harga, dan kesesuaian harga dengan manfaat akan mempengaruhi keputusan pembelian Honda. sepeda motor untuk 0538 unit. Ini menunjukkan bahwa produk inovasi yang dibuat oleh Honda dan Harga yang ditetapkan mempengaruhi 46,6% dari keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor Honda di Bekasi
ANALISIS FINANSIAL BUDIDAYA IKAN LELE DENGAN TEKNOLOGI BIOFLOK Fathurrochim, Rozi Abrori; Chumaidiyah, Endang; Hasun, Farda
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.791 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini penulis meneliti finansial dalam budidaya ikan lele dengan teknologi bioflok.  Teknologi bioflok merupakan salah satu cara dalam budidaya ikan lele yang merupakan gumpalan yang terdiri bari beberapa mikroba yang mampu membersihkan/menghilangkan bau dalam kolam dan juga dapat digunakan sebagai pakan lele tersebut. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa biaya investasi yaitu Rp 34.190.000, biaya operasional yaitu Rp 63.220.000, rata-rata HPP/kg yaitu Rp 16.106, pendapatan yaitu Rp 119.159.688, rata-rata keuntungan per tahun  yaitu Rp 21.831.808,  NPV yaitu Rp 23.946.956,  Payback Period yaitu 1,693 tahun, IRR yaitu 49,18% dan BCR yaitu 1,09. Berdasarkan analisis finansial yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa budidaya ikan lele dengan teknologi bioflok layak untuk dijalankan.
OPTIMALISASI PERAWATAN ALAT – ALAT LASHING CONTAINER GUNA MENUNJANG KELANCARAN BONGKAR MUAT DI MV. PAC ANTLIA Prayogo, Darul; Franciscus, Roberto; Aryani, Desi; Herminasari, Ria
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.286 KB)

Abstract

Dalam mengurangi kerusakan fisik terhadap peti kemas, penataan muatan di pelabuhan dan tata cara lashing yang sesuai standard sangat diperlukan, karena dapat berpengaruh pada keselamatan kapal serta muatan selama pelayaran. Analisa data yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam pemuatan, sering kali kurang pengawasan sehingga crew kapal bekerja sesuka hati atau tidak sesuai prosedur. Saat pemasangan lashingan terhadap container oleh stevedore. Setelah kapal meninggalkan pelabuhan ditemukan beberapa container yang belum dilashing maupun lashingan yang belum benar dan teknik pelashingan yang salah, sehingga penulis dan juru mudi harus melashing kembali sesuai dengan prosedur di atas kapal. Perwira senior yang ada di atas kapal agar lebih aktif lagi dalam pengawasan pada saat pengadaan perawatan (maintenance) yang di lakukan oleh para ABK. Mualim 1 harus benar-benar yakin bahwa seluruh muatan telah terlashing dengan baik sebelum menandatangani sertifikat lashing dari pihak Stevedore. Alat-alat lashing sebaiknya di cek kelayakannya dalam penggunaannya untuk melashing peti kemas.
PENGARUH PRODUK, HARGA, PENJUALAN PERSONAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN MEMBELI SEBIVO DI JAKARTA UTARA Subroto, Ibnu; Rosalinah, Yanti; Nalendra, Aloysius Rangga Aditya; Susanti, Inggit Dessy
Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (642.187 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Kualitas Produk, Harga, Penjualan Personal masing-masing secara individu terhadap Citra Merek produk, untuk melihat Bagaimana pengaruh Kualitas Produk, Harga, Penjualan Personal, dan Citra Merek masing-masing secara individu terhadap Keputusan Pelanggan memilih Sebivo untuk terapi hepatitis b kronis, serta untuk meneliti mengenai bagaimanakah kualitas Produk, Harga, Penjualan Personal dan Citra Merek dapat berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pelanggan memilih Sebivo untuk terapi hepatitis b kronis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data sekunder diambil dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan publikasi terkait lainnya. Data primer diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada target responden. Menggunakan teknik convenience sampling, jumlah sampel diperoleh 64 responden. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dua tahap. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial dan simultan kualitas produk, persepsi harga, dan penjualan personal berpengaruh positif terhadap citra merek. Hasinya juga ditemukan bahwa secara parsial dan simultan kualitas produk, persepsi harga, penjualan personal melalui citra merek bepengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga memberikan pengaruh yang dominan. Dengan demikian disarankan bahwa perusahaan perlu memberikan perhatian khusus dalam membuat strategi daya saing harga dalam rangka meningkatkan pengenalan kebutuhan pelanggan yang berdampak pada keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue