cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari" : 12 Documents clear
PENGARUH CAPITAL INTENSITY, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018) Simamora, Agnes Maulina; Rahayu, Sri
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.382 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh capital intensity, profitabilitas dan leverage baik secara simultan maupun parsial terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapat 11 perusahaan dengan periode empat tahun sehingga jumlah sampel penelitian adalah 44 sampel dalam penelitin ini. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan aplikasi Eviews 9. Hasil pengujian secara parsial, menunjukkan bahwa capital intensity dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Sedangkan profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hasil pengujian secara simultan, menunjukkan bahwa capital intensity, profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap agresivitas pajak.
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA DEWASA MUDA DI PROVINSI DKI JAKARTA) Fitra Nurwinda; Dewi, Andrieta Shintia
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.477 KB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Jawa dan Nasional memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta, diimbangi oleh meningkatnya pendapatan masyarakat. Dengan meningkatnya pendapatan masyarakat DKI Jakarta, menyebabkan gaya hidup masyarakat cenderung konsumtif. Gaya hidup konsumtif yang tidak diimbangi oleh financial literacy dapat mengakibatkan berbagai efek negatif salah satunya adalah stres keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara financial literacy dan financial distress pada Dewasa Muda di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini sebanyak 1.750.102 orang dan sampel terpilih sebanyak 400 orang. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh, tingkat financial literacy tinggi dan tingkat financial distress sedang. Selain itu, penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif kuat antara financial literacy dan financial distress pada Dewasa Muda di Provinsi DKI Jakarta.
PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA DASAR KREDIT TERHADAP JUMLAH KREDIT PADA SEKTOR MIKRO (STUDI PADA BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2014-2018) Ravalia Putri Adela; Krisnawati, Astrie
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.611 KB)

Abstract

Bank berperan dalam menyediakan layanan kredit bagi masyrakat namun tingginya tingkat SBDK, khususnya untuk sektor mikro masih dianggap memberatkan debitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) mikro terhadap jumlah kredit yang disalurkan pada sektor mikro. Variabel independen yang digunakan adalah tingkat SBDK sektor mikro (X) sedangkan variabel dependen adalah jumlah kredit yang disalurkan pada sektor mikro (Y). Populasi adalah bank-bank umum konvensional di Indonesia periode tahun 2014-2018. Pengambilan sampel menggunakan metode purposif dengan jumlah sampel sebanyak 25 bank konvensional. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan model REM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SBDK sektor mikro tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit yang disalurkan pada sektor mikro periode tahun 2014-2018.
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR BANK YANG TERDAFTAR DI INDEKS SRI KEHATI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018 Ika Silviana; Krisnawati, Astrie
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.27 KB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) berhubungan langsung dengan keberlangsungan perusahaan. Berdasarkan konsep CSR, bahwa perusahaan perusahaan dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya tidak hanya berdasarkan keuntungan semata melainkan juga berdasarkan adanya tanggungjawab sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh CSR Disclosure terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor bank yang terdaftar di Indeks SRI KEHATI Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 yang berjumlah 5 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diamati sebanyak lima perusahaan sebagai sampel jenuh. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan CSR Disclosure sebagai variabel independen, nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa CSR Disclosure tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai.
ANALISIS JANUARY EFFECT TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019 Munica, Firrisa Tsamara; Yunita, Irni
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.153 KB)

Abstract

January effect adalah kondisi dimana return saham bulan Januari lebih tinggi dari rata-rata return bulan selain Januari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi January effect di Bursa Efek Indonesia atau tidak terjadi. Jika ada perbedaan return saham bulan Januari dengan rata-rata return bulan selain januari maka terjadi January effect, begitu pula sebaliknya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan sampel seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 dengan menggunakan data Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji One way ANOVA. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan return saham pada bulan Januari dengan rata-rata return saham selain bulan Januari di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019, sehingga dapat disimpulkan bahwa di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 tidak terjadi January effect.
DIGITALISASI PERBANKAN: ADOPSI LAYANAN FINTECH OLEH USIA PRODUKTIF INDONESIA (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG, JAWA BARAT) HSB, Madnur Syahri; Dewi, Andrieta Shintia
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (605.425 KB)

Abstract

Fintech di Indonesia berkembang dengan pesat dan meningkat signifikan. Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan berupa regulasi yang longgar terhadap layanan Fintech, sehingga memungkinkan industri perbankan akan tergantikan oleh Fintech. Tujuan penelitian ini menginformasikan hubungan variabel sosiodemografi, penilaian diri, dan karakteristik finansial terhadap conceivable use of Fintech secara parsial serta menjelaskan faktor yang mempengaruhi masyarakat usia produktif Kota Bandung dalam mengadopsi layanan Fintech. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi pearson, principal component analysis dan regresi linier berganda. Temuan dalam penelitian ini adalah sosiodemografi, penilaian diri, serta karakteristik finansial berhubungan dengan conceivable use of Fintech secara parsial, dengan sub variabel utama sosiodemografi yaitu faktor latar belakang rumah tangga dan faktor pendidikan, sub variabel utama variabel penilaian diri yaitu faktor kesabaran dan kepercayaan, faktor keputusan pembelian dan faktor risiko, serta sub variabel utama karakteristik finansial adalah faktor pengetahuan produk keuangan dan investasi, faktor menabung dan faktor pengetahuan keuangan.  
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KURS DOLLAR AMERIKA DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DENGAN MENGGUNAKAN VOLATILITY SPILLOVER Yohana, Cindy; Dewi, Andrieta Shintia
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.751 KB)

Abstract

Investor merupakan individu yang ingin mendapatkan penghasilan lebih agar dapat membiayai kehidupannya kelak, maka dari itu salah satu cara yang digunakan adalah membeli saham dan dalam membeli saham investor harus memperhatikan factor-faktor dalam kenaikan dan penurunan agar investor dapat meminimalisir kerugian atau maksud lain memiliki pengambilan keputusan yang tepat. Salah satu faktor yang digunakan dalam melihat kenaikan atau penurunan adalah kurs USD-IDR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kurs USD-IDR dan dalam mengetahui pengaruh yang terjadi maka dapat diteliti dengan menggunakan metode volatility spillover dengan data yang digunakan adalah return kurs USD-IDR dan return close price IHSG kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan beberapa pengujian yang sesuai, yaitu: uji akar unit, uji Augmented Dickey-Fuller dan uji Granger Causality. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan kausalitas volatility spillover dari kurs USD-IDR dan IHSG ataupun sebaliknya atau maksud lainnya adalah tidak adanya pengaruh antara kurs USD-IDR dan IHSG ataupun sebaliknya.
ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH Sonia Cipta Wahyurini; Trianasari, Nurvita
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.102 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor label halal dan harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian kosmetik Wardah. pasar industri halal di Indonesia didorong oleh beberapa sektor industri antara lain industri perbankan, industri makanan dan minuman, industri fashion muslim, industri kesehatan dan industri kosmetik. Industri kosmetik, Indonesia merupakan negara dengan jumlah konsumsi kosmetik terbesar kedua setelah India. Di Indonesia industri kosmetik menunjukan peningkatan setiap tahunnya. Inovasi dalam industri kosmetik saat ini adalah industri kosmetik halal yang didorong oleh meningkatnya permintaan pasar yang tinggi. Permintaan pasar yang tinggi dikarenakan oleh masyarakat yang sudah mulai beralih dan menyadari pentingnya menggunakan produk kecantikan halal. Selain faktor label halal terdapat faktor harga yang dapat mempengarui keputusan pembelian. Harga yang diberikan ole perusahaan harus sesuai dengan kualitas dan manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor label halal dalam mempengaruhi perilaku keputusan pembelian komsetik Wardah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probabilitas, dimana pemilihan anggota populasi menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan kosmetik Wardah yang berjumlah 102 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTMENT STORE FACTORS AFFECTING THE CONSUMER PURCHASE DECISION IN MATAHARI DEPARTMENT STORE Lachram , Ananda Cynthia; Sharif, Osa Omar
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.008 KB)

Abstract

Matahari Department Store merupakan perusahaan ritel di Indonesia yang menjual produk fashion, produk kecantikan, dan produk peralatan rumah tangga yang dijual melalui sebuah gerai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor Pemasaran Media Sosial, Corporate Social Responsibility Promosi Penjualan, Lingkungan Toko, dan Nilai Persepsi terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Matahari Department Store. Metode pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 433 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS 26.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pemasaran Media Sosial, Promosi Penjualan, Lingkungan Toko, dan Nilai Persepsi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian sedangkan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel independen memiliki pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 65.2%.
PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT GREAT CITRA LESTARI Almaida Agustyna; Arif Partono Prasetio
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.703 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Great Citra Lestari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data, penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 responden pegawai tetap PT Great Citra Lestari. Kuesioner yang digunakan memiliki 44 pernyataan dengan skala likert 6 titiik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Dalam menjelaskan hasil penelitan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persepsi dukungan organisasi, kepuasan kerja dan kinerja karyawan PT Great Citra Lestari tergolong tinggi. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 0.726 atau 72,6 %. Penggujian hipotesis telah dilakukan menggunakan uji t dan uji f dengan hasil menunjukan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, persepsi dukungan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan persepsi dukungan organisasi dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue