cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni" : 13 Documents clear
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN Fajar, Muhammad; Nurbaiti, Annisa
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.359 KB)

Abstract

Integritas laporan keuangan merupakan penyajian laporan keuangan secara benar dan jujur tanpa ada yang disembunyikan. Agar informasi bermanfaat, laporan keuangan juga harus andal, informasi dikatakan andal jika informasi tersebut tidak menyesatkan, sehingga pengguna laporan keuangan tidak salah dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap integritas laporan keuangan pada bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2014-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan memperoleh 60 unit sampel penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap integritas laporan keuangan. Secara parsial kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Sedangkan komite audit dan ukuran perusahaan berpengaruh secara positif terhadap integritas laporan keuangan.
PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA KUALITAS PELAYANAN GOJEK (STUDI PELANGGAN DI KOTA BANDUNG) Sampurno, Hasna Rahagi; Sharif , Osa Omar
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.54 KB)

Abstract

Saat ini Kota Bandung tercatat sebagai kota termacet se-Indonesia melebihi Kota Jakarta dan Kota Surabaya. Terobosan terbaru pada sarana transportasi yang muncul di era masa kini sebagai alternatif transportasi untuk menghindari kemacetan adalah pemesanan jasa transportasi melalui aplikasi online seperti Gojek. Namun belakangan ini banyak keluhan yang diadukan oleh pelanggan di social media mengenai kualitas layanan Gojek. Keluhan tersebut dapat menjadi masalah yang serius dan berdampak buruk bagi Gojek. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 400 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan metode CSI menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan pelanggan Gojek di Kota Bandung termasuk dalam kategori ?Puas?. Hasil perhitungan berdasarkan metode IPA terdapat terdapat tiga item yang perlu diperbaiki, enam belas item yang perlu dipertahankan dan tiga belas item yang perlu dikurangi intensitasnya oleh Gojek.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MINAT BELI PRODUK KOSMETIK NEW WARDAH EXCLUSIVE SERIES (STUDI KASUS KOTA-KOTA DI JAWA BARAT) Destiana Wulan Amalia; Zuliestiana , Dinda Amanda
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.115 KB)

Abstract

Perkembangan industri kosmetik di Indonesia memiliki pertumbuhan yang signifikan setiap tahunnya. Wardah sebagai merek kosmetik lokal, berhasil menjadi merek yang paling disukai masyarakat Indonesia. Namun dalam peluncuran produk kosmetik series terbarunya yaitu New Wardah Exclusive Series, diharapkan Wardah dapat menerapkan strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi dan kecerdasan digital di era industri 4.0. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara karakteristik dari electronic Word of Mouth terhadap minat beli New Wardah Exclusive Series. Metode kuantitatif digunakan di dalam penelitian ini dengan teknik analisis data Structural Equation Modeling dan penggunaan bantuan software AMOS 24. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 400 responden di Kota-Kota Provinsi Jawa Barat yang mengetahui informasi mengenai New Wardah Exclusive Series. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, penulis menemukan semua karakteristik dari eWOM memiliki hubungan positif terhadap minat beli produk kosmetik New Wardah Exclusive Series. yang berarti bahwa dari tujuh hipotesis yang ada semua hipotesis diterima.  
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI ONLINE PADA E-COMMERCE BUKALAPAK Nur Hasna, Wianadhira; Trianasari, Nurvita
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.313 KB)

Abstract

Internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan adanya internet menjadikan e-commerce semakin marak. E-commerce Bukalapak merupakan salah satu e-commerce asal Indonesia dan menjadi e-commerce dengan peringkat cukup tinggi dalam industri e-commerce di Indonesia. Persaingan yang ketat menjadikan tiap e-commerce di Indonesia harus memiliki keunggulan kompetitif supaya dapat meningkatkan pengunjung situs e-commerce dan loyalitas dari pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan terkait dengan variabel perceived reputation, perceived size, user interface quality, information quality, perceived security, perceived privacy, trust, dan satisfaction. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebesar 400 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara perceived reputation, perceived size, information quality, perceived security, perceived privacy terhadap trust, trust terhadap satisfaction, trust terhadap loyalty, dan satisfaction terhadap loyalty.
ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) PADA BRAND IMAGE DAN PURCHASE INTENTION TERHADAP PRODUK SEPATU NIKE (STUDI PADA KONSUMEN DI KOTA BANDUNG) Firdaus, Rizki; Sharif , Osa Omar
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.911 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Brand Image dan Purchase Intention sepatu Nike di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 519 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dari populasi responden di Kota Bandung yang pernah membeli produk sepatu Nike serta teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel mendapatkan tanggapan yang baik dari responden, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel mendapatkan tanggapan yang baik dari responden yang ada di Kota Bandung. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif signifikan terhadap Brand Image dan tidak berpengaruh secara langsung terhadap Purchase Intention, Brand Image berpengaruh positif signfikan terhadap Purchase Intention serta Brand Image memediasi pengaruh antara Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention sepatu Nike di Kota Bandung.
TINGKAT KOMPETISI DAN PROFITABILITAS PERBANKAN DI INDONESIA Putri, Rizki Mardiana; Maulina , Vinus; Mustikowati , Rita Indah
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.078 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, kompetisi perbankan, dan operating income expenses terhadap profitabilitas. Jenis penelitian kuantitatif dengan sampel 30 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Metode analisis yang digunakan adalah analisisi regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas yang diproksikan dengan loan to deposit ratio (LDR) mampu meningkatkan profitabilitas yang diperoleh perusahaan. Tingkat kompetisi perbankan di Indonesia yang cukup besar dan menimbulkan biaya banyak ternyata mampu meningkatkan profitabilitas yang cukup signifikan yang disebabkan karena penambahan jumlah nasabah dan penggunaan produk perbankan yang semakin luas. Sementara  operating income expenses yang diukur dengan membandingkan biaya operasional terhadap pendapatan perusahaan, berdampak pada penurunan keuntungn perusahaan.
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA BANK BJB CABANG UTAMA BANDUNG) Sulthan Muhammad Fauzan; Sary, Fetty Poerwita
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.242 KB)

Abstract

Bank BJB Cabang Utama Bandung adalah salah satu perusahaan di bidang perbankan milik Pemerintah Daerah Jawa Barat. Dalam mencapai kinerja terbaik, perusahaan perlu melakukan pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Kompensasi merupakan salah satu faktor yang memperngaruhi kinerja sumber daya manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kompensasi karyawan, tingkat kinerja karyawan, dan besar pengaruh tingkat kompensasi terhadap kinerja karyawan Bank BJB Cabang Utama Bandung. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 189 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 22. Dalam menjelaskan hasil penelitian, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis linier sederhana, dan uji asumsi klasik. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa tingkat kompensasi dan kinerja karyawan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji regresi menunjukan bahwa kompensasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Besar pengaruh kompensasi karyawan terhadap kinerja karyawan Bank BJB Cabang Utama Bandung adalah sebesar 27,5%.
DETERMINAN MINAT INDIVIDU MENGGUNAKAN LAYANAN FINANCIAL TECHNOLOGY LINKAJA DENGAN KERANGKA INNOVATION DIFFUSION THEORY Brigitta Priscilla DivinaRianti; Rikumahu , Brady
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.402 KB)

Abstract

Determinan Minat Individu Menggunakan Layanan Financial Technology LinkAja dengan Kerangka Innovation Diffusion Theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan atau mengadopsi layanan fintech LinkAja dengan kerangka Innovation Diffusion Theory (IDT). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 400 pengguna layanan fintech LinkAja di Indonesia yang diperoleh dengan teknik probability sampling. Analisis data dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistics 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor relative advantage, compatibility, trialability, dan observability berpengaruh secara signifikan terhadap niat mengadopsi layanan financial technology LinkAja, sedangkan complexity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat mengadopsi LinkAja.
PREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA DI BURSA EFEK INDONESIA MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE, K-NEAREST NEIGHBOR DAN NAIVE BAYES CLASSIFIER Nurmayanti Alifia; Rikumahu, Brady
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.219 KB)

Abstract

Dalam lima tahun terakhir, industri batubara mengalami penurunan volume ekspor yang berdampak pada menurun nya kinerja keuangan perusahaan yang bergerak pada industri batubara. Pada penelitian ini prediksi financial distress dilakukan menggunakan metode data mining yaitu menggunakan model Support Vector Machine, k-Nearest Neighbor, dan Naive Bayes Classifier dengan menggunakan 5 rasio keuangan sebagai parameter inputnya, yaitu Current Ratio, Debt to Assets Ratio, Quick Ratio, Return on Asset, dan Working Capital to Total Assets Ratio. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat akurasi prediksi dengan model K-Nearest Neighbor adalah sebesar 89,5% pada data uji dan 88,6% pada data latih, model Naïve Bayes Classifier adalah sebesar 84,5% pada data uji dan 82,3% pada data latih, sedangkan model Support Vector Machine dengan menggunakan fungsi kernel RBF C=10 dan nilai Gamma=2 adalah sebesar 94,7% pada data uji dan 86,5% pada data latih. Dengan ini maka disimpulkan model SVM memiliki kinerja paling baik diantara model KNN dan NBC.
ANALISIS PENDAPATAN PRODUK DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN PULSA TELEPON PADA PT.TELKOM DIVISI REGIONAL V SURABAYA Widawati, Etty
Jurnal Mitra Manajemen Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.129 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek jumlah hari efektif (X1), pasang baru (X2), jumlah pelanggan aktif (X3), terhadap pendapatan produk pulsa di PT. Telkom Divre V Surabaya secara simultan maupun parsial, serta mengetahui variable yang paling dominan mempengaruhi pendapatan produk.jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sample time series bulanan 1 tahun pada bulan januari sampai desember tahun 2000. Hasil uji validitas dengan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan Uji T dan sumbangan relatif. Sedangkan untuk pengujian masing-masing variable independen terhadap dependen secara parsial terbukti bahwa t hitung untuk X1 (jumlah hari efektif), X2 (pasang baru) tidak berpengaruh secara nyata, Untuk X3 (Jumlah pelanggan aktif) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan produk (Y). Uji hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan (X1), (X2) dan (X3) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan produk pulsa (Y) dengan variable jumlah hari efektif (X1) memiliki pengaruh paling dominan. 

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Juli Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Mei Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Maret Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi November Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Manajemen Edisi September More Issue