cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
METODE
ISSN : 24768936     EISSN : 26144301     DOI : -
Core Subject : Engineering,
This Journal is scientific peer-reviewed journal published by faculty of Engineering, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. The journal to be published two times a year (October and March).
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM PERAWATAN MESIN PEMBANGKIT DAN JARINGAN PADA UNIT PLTD DI DISTRIK SALAWATI TENGAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE OEE Amri, Irman; Malakabu, Barwanto
METODE Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Metode
Publisher : METODE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam mengoperasikan sistem tenaga listrik ditemui berbagai persoalan. Hal ini antara lain disebabkan pemakaian karena tenaga listrik selalu berubah dari waktu kewaktu, biaya bahan bakar yang relative tinggi serta kondisi alam dan lingkungan yang sering mengganggu jalannya operasi. Berbagai persoalan pokok yang dihadapi dalam pengoperasian system tenaga listrik adalah: Pengaturan frekuensi, Pemeliharaan Peralatan, Biaya Operasi, Perkembangan Sistem, Gangguan Dalam Sistem, Tegangan Dalam Sistem, Realita yang terjadi dan dialami oleh pengelolaan dipembangkit listrik pedesaaan Salawati tengah ,hal tersebut akan berpengaruh pada kurang tersedianya atau rendahnya operasional system listrik di Distrik Salawati tengah dan jika dilihat lebih jauh pokok permasalahan yang terjadi karena kurang efektifnya system perawatan yang di terapkan , serta besarnya biaya operasi khususnya bahan bakar. system poerawatan rutin dan berkala serta pengecekan rutin sepertinya belum terlihat efektiv dilakukan,hal ini bias dilihat dari situs yang terjadi. Penelitian ini adalah penelitian efektivitas perawatan mesin PLTD dan Jaringannya dengan mengukur cnilai OEE berdasarkan perhitungan tiga rasio yaitu : Availability Ratio, Peformance Ratio,dan Quality Ratio yang di gambarkan dengan pola OEE= A x P x Q serta menghitung besar biaya bahan bakar yang di pakai jika mesin tersebut beroperasi 24 jam objek penelitian ini adalah Unit PLTD Distrik Salawati tengah yang mempunyai daya 100.000 watt dengan Type mesin 3306. hasil Data yang digunaka Hasil data skuender selama tahun 2014 dan data primer bulan November 2014 dengan hasil perhitungan nilai OEE 92,4 %nilai tersebut masuk dalam kategori nilai efektiv, dan hasil perhitungan biaya bagan bakar jika mesin tersebut beroperasi selama 24 jam yaitu Rp,933.000.000 per tahun
PERANCANGAN STANDARD PADDOCK SEPEDA MOTOR MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE ANTROPOMETRI STATIS Masniar, Masniar; Wijaya, Rangga Tirta
METODE Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Metode
Publisher : METODE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan standar paddock motor matic yang ergonomis berdasarkan antropometri statis. Istilah Anthropometri berasal dari “ anthro “ yang berarti manusia dan “ meteri” yang  berarti ukuran. Secara definitif anthropometri dapat dinyatakan sebagai suatu studi yang berkaitan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Manusia pada dasarnya akan memiliki bentuk, ukuran ( tinggi , lebar , dan sebagainya) berat dan lain-lain yang berbeda satu dengan yang lainnya. Anthropometri secara luas akan digunakan sebagai pertimbangan pertimbangan ergonomis dalam memerlukan interaksi manusia. Antropometri menurut Stevenson (1989) dan Nurmianto (1991) adalah sutu kempulan data numerik yang berhubungan dengan karakteristik fisik tubuh manusia ukuran, bentuk dan kekuatan serta penerapan dari data tersebut untuk penanganan masalah desai. Penerapan data antropometri ini akan dapat dilakukan jika tersedia nilai mean (rata-rata) dan SD (standar defiasi) dari suatu distri busi normal. Dari hasil penelitian diperoleh dengan pendekatan Antropometri Statis pada perancangannya agar penggunan Standar Paddock merasa nyaman bagi keselamatan pekerja/mekanik motor. Hal ini terlihat dari keempat dimensi tubuh Lebar Bahu, Lingkar Genggaman Tangan, Tinggi Lutut, Lutut ke Pinggang memberikan ukuran yang pas pada perancangan produk tersebut sehingga 95% dari keseluruhan populasi dapat menggunakan produk Standar Paddock khususnya pada motor Matic serta harga jual Standar Paddock adalah Rp.510.000,-/produk.
USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA PELAYANAN ANTRIAN PADA KANTOR SAMSAT KOTA SORONG PAPUA BARAT Tajuddin, Tamrin; Ahistasari, Asih
METODE Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Metode
Publisher : METODE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas pelayanan adalah salah satu indikator keberhasilan dalam member pelayanan. kualitas pelayanan dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat dan dinilai langsung oleh masyarakat yang menerima pelayanan. bagian pelayanan pada umumnya berupa loket-loket yang minimal dioperasikan oleh seorang pegawai yang ditugaskan untuk melayani suatu keperluan masyarakat. bagian ini mudah terkena kritik dari masyarakat karena merupakan bagian yang tampak di mata mereka. kinerja dan berbagai fasilitas pelayanan akan dirasakan dan tampak dimata masyarakat. pada kantor samsat kota sorong terutama pada pelayanan pengesahan pajak kendaraan, masih tampak beberapa kekurangan antara lain seperti masyarakat yang akan menerima pelayanan masih kebingungan saat akan mendaftarkan pajak kendaraan mereka karena keterangan tempat pendaftran tertutup dengan keramaian saat mengantri dan terkadang saat mengantri tidak sesuai dengan kedatangan penerima layanan, dan lain sebagainya. hal ini perlu dipertimbangkan mengingat citra lembaga yang harus dipertahankan. samsat kota sorong merespon positif kekurangan ini dengan ingin meningkatkan mutu pelayanannya. hasil pengolahan datanya membahas tentang model dan struktur antrian yang diusulkan berdasarkan asumsi-asumsi agar antriannya menjadi lebih baik yang dihitung dari hasil pengamatan secara langsung dan juga hasil kinerja pelayanan dan antriannya guna untuk mengetahui banyaknya waktu menunggu dan jumlah orang yang menunggu selama mengantri untuk menerima pelayanan yang dimulai dari pendaftaran, membayar, dan terakhir menerima notis pajak yang telah diperbaharui.
DARI SEGI ERGONOMI PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT BARANG DI PELABUHAN KOTA SORONG Hahury, Sanny; Tajuddin, Tamrin; Salma, Salma
METODE Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Metode
Publisher : METODE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pelabuhan Kota Sorong yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelelahan pada tenaga kerja bongkar muat barang pada saat memindahkan barang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Metode Rula yaitu metode pengamatan bentuk postur tubuh pada saat memindahkan barang dimana pengukuran tingkat kelelahannya ditentukan dari pemberian skor. Adapun teknik pengolahan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah mengamati bentuk tubuh saat bekerja, mengukur bentuk postur tubuh, pemberian skor, menentukan tindakan tingkat kelelahan. Setelah penulis melakukan penelitian pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Kota Sorong dan memperoleh data-data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan pengukuran dan analisa data dan didapatkan hasil bahwa tingkat kelelahan pada para tenaga kerja bongkar muat barang di Pelabuhan Kota Sorong beresiko tinggi dengan rata-rata tingkat kelelahan berada pada level 7+ dan membutuhkan tindakan perbaikan.
ANALISIS PENGENDALIAN PROSES PRODUKSI UNTUK MEMINIMALKAN CACAT PRODUK DI PT. BANGUN KAYU IRIAN Ashar, Ashar; Hestiarini, Aprisa Rian; Hartono, Hartono
METODE Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Metode
Publisher : METODE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suatu proses produksi dalam pelaksanaanya tidak akan lepas dari permasalahan tentang barang-barang cacat, hal ini merupakan suatu permasalahan yang menjadi faktor utama dalam proses produksi, jika proses masih banyak terdapat masalah dalam hal kecacatan produk yang dihasilkan maka proses tersebut belum terkedali dengan baik. Beranjak dari permasalahan diatas penulis melakukan penelitian di PT Bangun Kayu Irian. yang meemproduksi kayu, disini penulis meneliti pada proses produksinya salah satunya adalah pada cacat teknis. Proses pengendalian dalam proses produksi untuk saat ini adalah dengan inspection control yaitu pemeriksaan yang hanya memisahkan produk baik dan cacat tanpa ada perbaikan pada prosesnya.  Dalam hal ini mengajukan perbaikan untuk mengurangi kecacatan dengan metoda statistical process control yaitu metoda dengan proses pengendalian yang dapat mempengaruhi keputusan yang berhubungan dengan pembuatan produk yaitu fungsi produksi dan insfeksi. Dan dari hasil analisis melalui pengolahan dengan metoda statistical process control dapat diketahui bahwa proses pengendalian yang dipakai saat ini kurang efektif yaitu dengan terjadinya banyak cacat pada proses produksi kayu. Agar cacat produk yang timbul dalam proses produksi dapat diperkecil, maka disarankan untuk melakukan perbaikan secara bertahap. Terhadap peyebab utama terjadinya produk cacat, supaya tujuan perusahaan dapat tercapai yaitu menghemat ongkos produksi. Pembentukan tim statistical quality conttol agar dapat mempermudah dalam proses produksi awal sampai akhir sehingga kerusakan produk dapat terdeteksi.
Analisis Efektifitas Alat Berat “Alat Berat” PT.Henrison Iriana Dengan Metode Lcc “Life Cycle Cost” Dan Oee “Overall Eqipment Effectivness Ashar, Ashar -; Kayatun, Siti Nur
Metode : Jurnal Teknik Industri Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Metode
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas dan kuwantitas yang baik menuntut suatu manajemen yang baik pada sebuah perusahaan yang mencakup pada manjemen SDM, manajemen keuangan, manajemen produksi an lain sebagainya. PT.Henrison Iriana adalah sebuah perusahaan manufaktur penghasil produk ply wood yang berada di wilayah Sorong Papua Barat. Dalam perusahaan ini sering mengalami masalah pada bagian produksi, salah satunya adalah sering terjadinya kekosongan pada bagian cross cut yang mengakibatkan pekerja menganggur pada jam kerja yang disebabkan kurangnya ketersediaan alat pengangkut bahan baku yaitu “Wheel Loader”. Untuk mengetahui seberapa besar kerugian yang disebabkan oleh kurangnya “Wheel Loader” maka dilakukan analisa dengan mengguakan Life Cycle Cost dan Overall Equipment Effectivness.
Penentuan Waktu Baku Proses Produksi Percetakan Pada Teropong Media Untuk Menentukan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Dan Efektif Menggunakan Metode Work Sampling Masniar, Masniar -; Kelian, Mosafir -
Metode : Jurnal Teknik Industri Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Metode
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Waktu kerja adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah tenaga kerja yang optimal dan efektif dengan menghitung waktu baku proses produksi pada percetakan Teropong Media.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode work sampling, yaitu metode pengukuran kerja secara langsung dimana waktu pengukuran kerjanya ditentukan secara acak dengan menggunakan prinsip – prinsip statistik. Adapun teknik pengolahan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menetukan jumlah kunjungan, melakukan tes keseragaman data, tes kecukupan data, menghitung waktu siklus, waktu normal dan waktu baku, menghitung beban kerja, dan menentukan jumlah karyawan.Setelah penulis melakukan penelitian pada percetakan Teropong Media, maka hasil yang didapat yaitu operator 1 membutuhkan waktu sebanyak 17,60 menit untuk mengexpos 1 plat dan tidak membutuhkan tenaga kerja tambahan pada bidang expos, sedangkan untuk operator 2 membutuhkan waktu sebanyak 0,96 menit untuk mencetak 1 exp koran dan tidak membutuhkan tenaga kerja tambahan pada bagian cetakan koran, hanya saja perlu penambahan jam kerja pada bagian cetakan, karena waktu kerja yang ditetapkan perusahaan yaitu 4 jam dirasa terlalu singkat untuk mencetak 400 exp dalam sehari
Analisis Dan Simulasi System Pelayanan Antrian Mobil Antar Kabupaten Di Terminal Pasar Bersama Kota Sorong Tajuddin, Tamrin -; Ena, Rasid -
Metode : Jurnal Teknik Industri Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Metode
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terminal pasar bersama merupakan terminal yang digunakan oleh dinas perhubungan untuk digunakan sebgaai tempat atau lokasi pelayanan angkutan pengantaran bagi masyarakat papau yang berada di daerah kota sorong. Khusu tujuan kabupaten maybrat dan kabupaten teminabuan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui model sistem dan disiplin antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama dan untuk mengahtahui kinerja sistem antrian mobil angkutan antar kabupaten di terminal pasar bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengujian simulasi sistem antrian pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang sedang digunakan atau yang akan disimulasikan berdasarkan hasil uji distribusi poisson dan eksponensial. Kesimpulan dari penelitian ini Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan maybrat menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (𝜆) sebesar 87,6154 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (𝜇) sebesar 142,801 penumpan/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 139 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 61,34% dan Kinerja sistim antrian nyata mobil angkutan teminabuhan menggunakan model sistem antrian (M/M/1):(FIFO/-/-) atau single chanel-single phase. Dan dari hasil analisis data model antrian nyata (model pelayanan tunggal) diketahui bahwa dengan rata-rata tingkat kedatangan (𝜆) sebesar 53,8621 penumpang/menit dan rata-rata tingkat pelayanan (𝜇) sebesar 98,3859 penumpang/menit, sehingga penumpang yang mendapatkan pelayanan sebanyak 65 penumpang, dengan jumlah baris antrian sebanyak 1 penumpang, dengan waktu yang dihabiskan satu penumpang dalam antrian sampai dilayani dan pelayanan 0 menit, dan probabilitas factor pelayanan antrian 54,78%.
Perencanaan Bisnis Usaha Café Es Cream Bakar Dan Es Cream Goreng Di Kota Sorong Masniar, Masniar -; Rizal, Muhammad -
Metode : Jurnal Teknik Industri Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Metode
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Sorong merupakan salah satu Kota Di Papua Barat yang sedang dalam pembangunan di berbagai sektor.Salah satu sektor yang sedang berkembang pesat yaitu sektor usaha kecil dan usaha menengah.Disini penulis melalukan penelitian tentang Perencanaan Bisnis Usaha Café Es Cream Bakar Dan Es Cream Goreng Di Kota Sorong. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui Usaha Café yang direncanakan dapat direalisasikan Di Kota Sorong Dan untuk mengetahui seberapa besar keuntungandar bisnis Usaha Café Es Cream Bakar Dan Es Cream Goreng Di Kota Sorong. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap objek-objek yang berhubungan atau berkaitan dengan penelitian penulis dan mengumpulkan keterangan-keterangan tambahan dengan cara study pustaka setelah itu dianalisa dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan bisnis usaha Café Es Cream bakar dan Es Cream goreng dapat diaplikasikan atau dapat dibuka Di Kota Sorong dan keuntungan bersih yang dapat diperoleh setiap tahunya yaitu sebesar Rp 574.909.600,00.Perbulanya yaitu sebesar Rp 47.909.133,33 dan perharinya diperoleh sebesar Rp 1.596.971
Analisa Resiko Bahaya Berdasarkan K3 Pada Proses Pemanenan Biji Kelapa Sawit Dengan Metode Hazard Studi Kasus PT. Henrison Inti Persada Marasabessy, Umar -; Amri, Irman -; Krenak, Tadius -
Metode : Jurnal Teknik Industri Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Metode
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu input yang memegang peranan penting dalam pencapaian produktivitas adalah sumber daya manusia yang terlibat dalam proses bisnis tersebut (pekerja). Pekerja yang melakukan kerja berlebihan bahkan sampai mengalami kelelahan dan kejenuhan kerja akan mengakibatkan berimbasnya penurunan tingkat produktivitas kerja. Tujuan dari penelitian ini mengetahui proses pemanenan biji kelapa sawit dan mengidentifikasi serta menganalisis resiko bahaya keamanan dan keselamatan kerja pemanenan kelapa sawit, menggunakan metode Hazard.Hasil yang diperoleh Proses pemanenan biji kelapa sawit melalui 3 tahap yang pertama proses pengambilan biji kelapa sawit dari pohon, yang kedua menaruh ke keranjang untuk dibawa ke penampungan, dan yang ketiga proses loding ke truk pengangkut. Penilaian resiko mendapatkan dua kategori yaitu : Moderate Risk (bahaya sedang) dan Trolerble Risk ( bahaya ringan) yang mana dapat menimbulkan bahaya yang fatal apabila di lakukan terus menneruskan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15