cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
ASRO JOURNAL - STTAL
ISSN : 24607037     EISSN : -     DOI : -
ASRO JOURNAL is bi-annual international referred journal with the objectives to explore, develop, and elucidate the knowledge of operation research, system analysis, logistic management, and policy & strategy to keep practitioners and researchers informed on current issues and best practices, as well as serving as a platform for the exchange of ideas, knowledge, and expertise among technology researchers and practitioners. ASRO (Analisis Sistem dan Riset Operasi) Journal provides an opportunity to share detailed insights from different understandings and practices associated with technology. It provides an international forum for cross-disciplinary exchange of insights and ideas regarding value and practices for dissemination. ASRO (Analisis Sistem dan Riset Operasi) Journal will publish your work to international society of practitioners and researchers with interest in technology and development from a wide variety of sectors.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 2 (2014): Jurnal Analisis Sistem " : 1 Documents clear
ANALISIS HUMAN ERROR UNTUK MENCEGAH KECELAKAAN DI LAUT MENUJU ZERO ACCIDENT DENGAN PENDEKATAN METODE STANDARDIZED PLANT ANALYSIS RISK HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT (STUDI KASUS DI KRI KELAS VANSPEIJK SATKOR KOARMATIM) Bandono, Adi
ASRO JOURNAL - STTAL Vol 2 (2014): Jurnal Analisis Sistem & Riset Operasi
Publisher : Indonesian Naval INSTITUTE OF TECHNOLOGY - STTAL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5055.032 KB)

Abstract

Setiap KRI yang keluar atau masuk alur pelayaran/selat sempit wajib melaksanakan peran pemanduan termasuk KRI Kelas Vanspeijk yang merupakan unsur striking force yang terbesar dan terlengkap baik personel maupun persenjataannya. Keberhasilan peran pemanduan sangat tergantung dari tim anjungan selaku operator tim pengendalian kapal dalam menghindari kecelakaan di laut. Banyaknya kecelakaan dilaut yang terjadi disebabkan oleh kesalahan operator anjungan. Human error yang terjadi dapat dihitung menggunakan metode Human Error Reliability Assessment (HRA) untuk mengetahui tingkat keandalan operator. Terdapat banyak kuantifikasi metode HRA, salah satunya adalah metode SPAR-H(Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment) yaitu sebuah metode yang mengamati 8 (delapan) PSFs (Performance Shaping Factors) dan dependence condition factors setiap operator yang diteliti. Perhitungan nilai Human Error Probability (HEP) akan sangat berpengaruh terhadap dependence factors tersebut. Hasil perhitungan Probability without dependence (Pw/od) akan berbeda jauh dengan perhitungan Probability with dependence (Pw/d) karena dependence factors menjadi lebih dominan ketika kegiatan tersebut dilakukan oleh sebuah timbukan perseorangan. Sejumlah 9 (sembilan) operator dari 6 (enam) KRI yang diteliti terdapat nilai Pw/od terbesar yaitu 0.5025 dan Pw/d terbesar 0.7513 adalah operator Kadiv Nav KRI AHP. Rekomendasi yang diberikan untuk mereduksi human error sehingga tercapai zero accident adalah melatih operator minimal 6 (enam) bulan dan melaksanakan dinamika role game, fit and proper test dan uji kompetensi calon operator baru, pemenuhan operator sesuai SKP (standar kualifikasi personel) serta memberikan suasana anjungan yang lebih kondusif saat peran pemanduan.

Page 1 of 1 | Total Record : 1