cover
Contact Name
Ragil Yovander, S.I.Kom
Contact Email
ragil.yovander@gmail.com
Phone
+6281275449559
Journal Mail Official
jmp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Pattimura Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau Lt.2 Gobah-Pekanbaru Telp: 0761-855697
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Published by Universitas Riau
ISSN : 23385278     EISSN : 27453685     DOI : -
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ulasan, hasil pemikiran, dan penelitian tentang manajemen pendidikan yang meliputi: 1. Pengelolaan kurikulum, 2. Pengelolaan lulusan, 3. Pengelolaan proses pembelajaran, 4. Pengelolaan sarana dan prasarana, 5. Pengelolaan pendidikan, 6. Pengelolaan pembiayaan, 7. Pengelolaan penilaian, dan 8. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 119 Documents
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI ERITA, VINA; MAHDUM, MAHDUM; BAHERAM, MURNI
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.1.p.149-158

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of: 1). Pedagogicalcompetence on the teachers performance; 2). Work Motivation on the teachers performance;3). Job Satisfaction on the teachers performance; 4). Pedagogical competence onjobsatisfaction;5). Work Motivation on job satisfaction; 6). Pedagogical competence and workmotivation simultaneously onjob satisfaction; and 7). Pedagogical competence and workmotivation on teacher performance through job satisfaction.This research was conducted instate vocational schools in island regency meranti by taking the whole stock as a total sample73 teachers.Data collection uses a questionnaire.Research methodology used is the methodsurvey to technique analysis a track (path analysis) with program assistance spss version 20.Theresult of this research is as follows: 1).The contribution pedagogical competence that directlycontribute toteachers performance are 5,24%; 2).Contribution work motivation contribute directlyto teachers performance are 6,00%; 3).The contribution of job satisfaction directly workcontribute to teachers performance are 21,9%; 4).The contribution of pedagogical competencethat directly contribute to job satisfaction are 21,7%; 5).Contribution work motivation that directlycontribute to job satisfaction are 11,6%; 6).The contribution of pedagogical competence andwork motivation that affects job satisfaction are 43,7%; and 7).The contribution of pedagogicalcompetence, work motivation and job satisfaction work simultaneously that influences theperformance are 7,00%.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK Vinal, Asri Seni; Makhdalena, Makhdalena; Kartikowati, Rr Sri
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.8.1.p.61-69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang adanya pengaruh antar variabel bebas dengan vaiabel terikat. (1) Komunikasi interpersonal dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. (2) Komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. (3) Supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit. Melalui penyebaran instrumen kepada 85 orang guru SMP Negeri seKecamatan Sungai Apit dengan menggunakan teknik  random sampling proporsional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kinerja guru, komunikasi Interpersonal, dan supervisi kepala sekolah dengan menggunakan angket. Validitas butir di uji dengan menggunakan rumus pearson product moment untuk variable kinerja guru, komunikasi interpersonal, dan supervisi akademik. Koefisien reliabilitas instrument dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara (1) komunikasi interpersonal dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 44,6%, (2) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar 5,9%, (3) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 25,9%.
KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN RUMBAI PEKANBARU Fatma, Sally; Mahdum, Mahdum; Kartikowati, Rr Sri
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 6, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.6.1.p.116-127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi iklim sekolah (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru(X1); (2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru(X1); (3) kontribusi iklim sekolah (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X1). Populasi dalam penelitian ini adalah 120 orang guru di SMA Negeri se-Kecamatan Rumbai dengan sampel sebanyak 92 orang guru yang diperoleh dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan iklim sekolah (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan persamaan garis regresi Y = 47,207 + 0,609 X1 dengan kontribusi sebesar 39,4%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan garis regresi Y = 59,570 + 0,272 X2 dengan kontribusi sebesar 36,4%; (3) Secara bersama-sama atau simultan terdapat kontribusi positif iklim sekolah (X1) dan kepemimpinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan persamaan garis regresi Y = 44,991 + 0,609 X1 + 0,156 X2 dengan kontribusi sebesar 46,7%.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DENGAN MODERATING TATA USAHA TERHADAP KUALITAS SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SAIL KOTA PEKANBARU Haryanti, Priza Mimi; Mashadi, Mashad; Hadriana, Hadriana
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 6, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.6.2.p.237-248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah dengan moderating oleh Tata Usaha Terhadap Kualitas Sekolah. Melalui penyebaran angket kepada 96 sampel guru. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan pengujian hipotesis Moderated Regression Analysis (MRA). Koefisien reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 23%, manajemen berbasis sekolah (X2) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 27,2%, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 42,7%, manajemen berbasis sekolah (X2) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 44%, kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan manajemen berbasis sekolah (X2) dengan moderating tata usaha (Z) mempengaruhi kualitas sekolah (Y) sebesar 39,8%.
KONTRIBUSI DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU PADA SMP NEGERI 2 BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR Hafizah, Hafizah; Azhar, Azhar; Baheram, Murni
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.2.p.238-248

Abstract

The purpose of this study was to analyze the contribution of labor disciplineand organizational culture on the effectiveness of teachers’ work in SMP Negeri 2Bangkinang City Kampar regency. The population with the number of 64 teachers usingsaturation sampling technique. Samples are 64 respondents. Data were obtained fromquestionnaires or questionnaire using Likert scale. Analysis of data using multipleregression analysis using SPSS. Results from the study showed that: (1) there is a positivecontribution to the discipline of work on the effectiveness of the work of teachers of0.206 with a contribution of 20.6%. (2) there is a positive contribution betweenorganizational culture on the effectiveness of teachers’ work at .501 with a contributionof 50.1%. (3) there is a positive contribution to the discipline of work and organizationalcultures together on the effectiveness of teachers’ work at .552 with a contribution of55.2%. The conclusion of the variables contributing work discipline and organizationalculture on the effectiveness of teachers’ work has a positive direction.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMAN 1 PEKANBARU Asyro, Maryatul; Kartikowati, Rr. Sri; Marzuki, Marzuki
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 8, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.8.2.p.156-167

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan dan fasilitas Perpustakaan terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitati.  Populasi penelitian adalah  siswa SMA N 1 Pekanbaru yang berjumlah 979 siswa. Penarikan sampel menggunakan  simple random sampling, sehingga menghasilkan sampel sebanyak 91 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner dan dokumentasi, Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisa regresi berganda. Berdasarkan Hasil penelitian, menunjukkan bahwa dari persamaan regresi  berganda membuktikan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dan variabel fasilitas perpustakaan  terhadap  kepuasan siswa. Dari Hasil pengujian uji t (Uji Partial) menunjukkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. variabel fasilitas perpustakaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan siswa. Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Perpustakaan berpengaruh secara bersama-sama (simultant) terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Kota Pekanbaru
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU Sutono, Edi; Suarman, Suarman; Natuna, Daeng Ayub
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.7.1.p.37-42

Abstract

Produktivitas kerja guru menjadi sorotan utama dalam peningkatan pendidikan yang berkualitas dan berintegritas, tidak terkecuali produktivitas kerja guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri Lingkup Kota Pekanbaru pada kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris yang diikuti oleh seluruh Guru Bahasa Inggris SMA Kota Pekanbaru bertempat di SMA Negeri Plus Provinsi Riau dan SMA Negeri 8 Pekanbaru sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan MGMP.Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel penelitian yaitu dua variabel bebas yang terdiri dari motivasi berprestasi dan akuntabilitas. Dalam penelitian ini populasi yang akan diteliti adalah seluruh guru Bahasa Inggris SMA Negeri Kota Pekanbaru yang berjumlah 80 orang. penelitian ini menggunakan teknikprobability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) uji normalitas, (2) uji homogenitas, dan (3) uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh yang signifikan antara akuntabilitas terhadap produktivitas kerja guru dalam tafsiran yang rendah yaitu sebesar 0,204 atau 20,4 %, (2) Pengaruh yang signifikan antara akuntabilitas terhadap produktivitas kerja guru dalam tafsiran yang rendah yaitu sebesar 0,204 atau 20,4 %, (3) Pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan akuntabilitas terhadap produktivitas kerja guru sebesar 0,292 atau 29,2 %.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN ADMINISTRASI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KINERJA KARYAWAN POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS Makmuri, Makmuri; Gimin, Gimin; Wilson, Wilson
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 7, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.7.2.p.214-221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan signifikan antara pengetahuan administrasi dan komunikasi dengan kinerja karyawan di Politeknik Negeri bengkalis secara parsial maupun bersama-sama. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan administrasi dengan  kinerja karyawan, terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja karyawan dan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan administrasi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama dengan kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Politeknik Negeri Bengkalis berjumlah 58 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Politeknik Negeri Bengkalis berjumlah 51 orang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan angket model skala Likert. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Pengetahuan Administrasi dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis, terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Komunikasi Interpersonal dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Pengetahuan Administrasi dan Komunikasi Interpersonal secara bersama-sama dengan Kinerja Karyawan di Politeknik Negeri Bengkalis
PENGARUH SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KEPALA SEKOLAH DI SMP SE- KABUPATEN KAMPAR ERINTA, ERINTA; MAKHDALENA, MAKHDALENA; BAHERAM, MURNI
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.1.p.36-48

Abstract

The aim of this research was to find out the effect of the manajerial supervisionsupervisor performance and work motivatio either simultaneously or partiall on headmasterperformance at state Junior High Schols (SMP) in Kampar district. The population of theresearch was headmaster of State Junior High School (SMP) Kampar-District totalling 120headmaster, with sample of 93 persons using the formula of Taro Yamane.. Form data in thisstudy are primary and sekunder. Documentation for headmaster performance and questionnairefor manajerial supervision supervisor and work motivation.Data using likert scale. Metods ofdata analysis in this study multiple regression SPSS. Research result showed that manajerialsupervision supervisor and with work motivation in positive and significant effect to theheadmaster performance either simultanaeously or partially.
ANALISIS IKLIM ORGANISASI DAN PARTISIPASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKAJADI KOTA PEKANBARU Elvina, Reni; Mashadi, Mashadi; Sumarno, Sumarno
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.5.2.p.324-332

Abstract

This Research aims to determine the influence of organizational climate onparticipation in decision making elementary school teachers in Sukajadi District PekanbaruCity, To determine the influence of organizational climate on the job satisfaction of teacherelementary school in District Sukajadi Pekanbaru City, and To know How The influence ofparticipation in decision making on job satisfaction of elementary school teacher in DistrictSukajadi Pekanbaru City. Based on the result of correlation coefficient value betweenorganizational climate influence (X1) to participation in decision making (X2) is equal to 0.957.In the calculation of path coefficient shows the value of coefficient of path on substructure-1 isalso 0.957. While the remaining amount (100% - 95.7 = 4.3%) is influenced by other variablesthat are outside of this research variable. Based on the summary model table, the effect ofOrganizational Climate (X1) and Participation in Decision Making (X2) on Job Satisfaction ofTeacher (Y) is 0.688. While the coefficient of determination is the square of 0.688 is 0.473.The remaining amount (100% - 47.3 = 52.7%) is influenced by other variables that are outsideof this research variable.

Page 1 of 12 | Total Record : 119