cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 47 Documents
ANALISIS HAMBATAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH 4 TANGERANG banowati, anggun mila
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.728 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam penerapan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitiam deskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru SD dalam penerapan Kurikulum 2013 yaitu para guru merasa kesulitan dalam melakukan penilaian siswa karena dalam Kurikulum 2013 penilaian dilakukan sesuai dengan Kompetensi Dasar masing-masing sehingga sangat memerlukan waktu yang cukup lama juga merasa kesulitan. Pada awalnya sistem penilaian di Kurikulum 2013 ini masih menggunakan tulis tangan yang membuat para guru merasa kelelahan dan hambatan lainnya juga dari segi persediaan buku ajar yang masih minim awalnya, namun sekarang sudah mulai tercukupi oleh bantuan dari pemerintah
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI LUAR JAM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DI SDN 07 MATARAM (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS V DI SDN 07 MATARAM) Muhardini, Sintayana
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.519 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i1.141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran di luar jam sekolah terhadap prestasi belajar anak di SDN 07 Mataram, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan bebagai metode yaitu metode observasi, wawancara secara langsung ke lapangan. Hasill penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan pembelajaran waktu di luar jam sekolah berjalan efektif, (2) prestasi anak setelah mengikuti pembelajaran yang diadakan diluar jam sekolah tergolong baik dan memuaskan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pelaksanaan pembelajaran di luar jam sekolah berjalan dengan efektif, pemanfaatan waktu luang siswa di laksanakan dengan konsep yang dan pengaturan waktu yang baik dan tidak terkesan memaksakan karena kegiatan ini dilaksanakan tidak setiap hari melainkan hanya dua hari dalam seminggu, perencanaan waktu dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat sangat di perlukan sehingga guru di tuntut untuk bisa melakukan perencanaan waktu yang tepat  dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik agar pelaksanaan pembelajaran di uar jam sekolah dapat berjalan dengan efektif, siswa tidak merasa jenuh dan bosan sehingga minat belajar, semangat dan prestasi belajar siwa bisa meningkat.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR yampap, umar
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.7 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2180

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar kelas v SD Inpres Seringgu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 25 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKM yaitu sekitar 44%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan critical thinking skill melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang saling berhubungan dimana masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil pada setiap indikator mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga akhir siklus II dan sesuai target yang telah ditentukan yaitu ?18,34%. Capaian ?rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar 32,47%. Sedangkan hasil observasi yang berhubungan dengan critical thinking skill meningkat antara lain; peserta didik aktif dalam pembelajaran, peserta didik lebih leluasa dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang diinginkan, dan peserta didik juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bersama teman.
KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH DASAR BERORIENTASIKAN LINGKUNGAN SEKITAR Darmayanti, N.W.S
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1204.801 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum yang dikembangkan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik terkait kelayakan dari panduan praktikum. Ahli materi dan ahli media berjumlah masing-masing 2 orang dari dosen pendidikan IPA dan pendidik masing-masing berjumlah 2 orang dari guru SD. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah berupa angket yang dianalisis dengan skala likert. Total skor hasil penilaian dari ahli dan pendidik dikonversi menjadi data kualitatif dengan skala lima, yaitu amat baik (A), baik (B), cukup baik (C), kurang baik (D), dan kurang baik sekali (E). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar berkualifikasi baik (B) dari penilaian oleh ahli dan pendidik. Berarti panduan praktikum tersebut telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran praktikum.
KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM AUTOPLAY DI MADRASAH IBTIDAIYAH Nuruddin, Nuruddin; Rasidi, Muhamad Ahyar
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.242 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1288

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran dengan program autoplay. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan program autoplay tergolong baru. Dalam mendesain media pembelajaran, terlebih dahulu guru memperoleh pelatihan tentang bagaimana mendesain media tersebut. Selanjutnya dilakukan pendampingan dan hasilnya sebagian guru mampu mendesain dan sebagian lagi masih mengalami kesulitan.Abstract:  This study aims to find out about the competence of teachers in designing instructional media with the autoplay program. This research was carried out at MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. The results of the study explained that the use of learning media with the autoplay program is relatively new. In designing instructional media, teachers first receive training on how to design these media. Furthermore, assistance is provided and the results are that some teachers are able to design and some are still experiencing difficulties
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERMUATAN CONTENT LOCAL GENIUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA Wardani, K. Sri Kusuma; Darmayanti, N.W.S
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1284.145 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1686

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius untuk meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dengan tes awal dan tes akhir yang dianalisis menggunakan teknik gain skor. Nilai gain skor yang diperoleh adalah 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius dapat meningkatkan pemahaman konsep sains siswa kelas IV SD Negeri 34 Cakranegara materi Bunyi Tahun Pelajaran 2019/2020.Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of Jigsaw II types of cooperative learning containing local genius content to improve students' understanding of science concepts. The design of this study was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The sampling technique is purposive sampling. The instrument in this study was a multiple-choice test. Data collection techniques with the initial test and final test were analyzed using the gain score technique. The value of the obtained score is 0.75 with a high category. The results showed that cooperative learning type jigsaw II containing local genius content can improve the understanding of science concepts of fourth-grade students at SD Negeri 34 Cakranegara Sound material for Academic Year 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SEKOLAH DASAR Julaifah, Nurul; Haifaturrahmah, Haifaturrahmah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 2: JUNI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1079.472 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i2.1300

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS)Siswa Kelas IV SDN 2 Suntu Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 2 Suntu Kota Bima. Adapun sampel yang diambil yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan IVb sebagai kelas control. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakanmodel pembelajaran Carousel Feedback, sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan Saintifik.Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara siswa yang diajarkan model pembelajaran Carousel Feedback dengan pendekatakan saintifik. HOTS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Carousel Feedback(x ? = 74,60) lebih tinggi daripada  siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik (x ? = 53,57).Abstrak:This study aims to determine the effect of Carousel Feedback Learning Model on Higher Order Thinking Skills (HOTS) for class IV students of SDN 2 of Suntu, City Bima. This type of research is a quasi experiment using nonequivalent control group design. The study population was grade IV students at SDN 2 Suntu Kota Bima. The sample taken was class IVa as the experimental class and IVb as the control class. The experimental class was taught using the Carousel Feedback Learning Model, while the control class was taught using the Scientific Approach. The data in this study were analyzed using MANOVA. The results showed that there were significant differences in Higher Order Thinking Skills (HOTS) between students who were taught using Carousel Feedback Learning Model and Scientific Approach. HOTS students who are taught with the Carousel Feedback Learning Model (x ? = 74.60) are higher than students who are taught with a Scientific Approach (x ? = 53.57).
STUDI PENDAHULUAN IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN BULUH 2 Mauludiana, Winika; Setyawan, Agung; Citrawati, Tyasmiarni
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1359.784 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2297

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan membaca siswa kelas III SDN Buluh 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas III SDN Buluh 2 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang termasuk non-probability sampling yaitu sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumennya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan kesulitan beberapa siswa dalam membaca yang mana berkaitan dengan penggunaan tanda baca, pelafalan kata pada satu kalimat, serta pemahaman isi dari suatu bacaan. Kesulitan siswa tersebut dikarenakan pengaruh dari teman bermain serta kurangnya perhatian dari orang tua.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 DI KELAS TINGGI SDN 04 AIKMEL Muhyi, H
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 2: JUNI 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.481 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v1i2.548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti mengamati dan mendokumentasikan proses kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas tinggi SDN 04 Aikmel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian ini adalah menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah di SDN 04 Aikmel, yaitu: (a) orientasi siswa pada masalah,(b) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (c) membimbing pengalaman individu/kelompok, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil diskusi, dan (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun saran peneliti terhadap guru adalah agar lebih memperluas cakupan dan mengembangkan materi ajar.
HASIL BELAJAR IPA DAPAT DITINGKATKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY Utami, Nur Aprilia; Humaidi, Humaidi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 2, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.696 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v2i1.1293

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadopsi desain model Kemmis & Teggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode discovery. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas IV SDN 1 Bajur Lombok Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan pelaksanaan dua siklus. Hasil belajar siswa dan observasi meningkat setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran  menggunakan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  IV  SDN  1 Bajur. Abstract:  This research is a classroom action research (CAR) that applies the Kemmis & Teggart model design. This study aims to improve the science learning outcomes using the discovery method. The subjects used in this study turned 35 students in grade IV SDN 1 Bajur, West Lombok. Data collection methods used are observation, interviews and tests. The collected data were analyzed using quantitative descriptive techniques with the implementation of two cycles. Student learning outcomes and observations increase each cycle. Learning uses learning methods that can improve the learning outcomes of science students in grade IV SDN 1 Bajur.