cover
Contact Name
Nurhayati
Contact Email
smartpaud@uho.ac.id
Phone
+6285341614860
Journal Mail Official
smartpaud@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Bumi Tridharma Andounohu Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara – Indonesia Tel / HP : 085341614860, email : smartpaud@uho.ac.id
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Smart PAUD
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25990144     EISSN : 26141248     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jspaud
Core Subject : Education,
Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, education policy.
Articles 61 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI KELOMPOK B TK NEGERI HARAPAN KITA ALEBO KABUPATEN KONAWE SELATAN marfiani, marfiani; Hidayat, Ahid
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 2: Juli 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.049 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i2.7286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel di kelompok B TK Negeri Harapan Kita Alebo Kabupaten Konawe Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 16 orang yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan  dengan rentan usia 5-6 tahu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 73,3%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 69, 28%, sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media papan flanel sebelum dilakukan tindakan sebesar 37,5%. anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 62,5%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,33%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 92.37% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan membaca permulaan  melalui  media papan flanel meningkat sebesar 87,5%.Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media papan flanel
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENEMPEL MENGGUNAKAN SERBUK BAHAN ALAM DI KELOMPOK B TK ISLAM SYAIDUL MUSLIMIN KENDARI Pabunga, Dorce Banne; Hidayah, Afifah Nur; Rahmalia, Wa Ode
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.409 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan terampilan motorik halus anak melalui kegiatan menempel menggunakan serbuk bahan alam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari. Berdasarkan hasil belajar anak didik tentang meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegitan menempel  menggunakan serbuk bahan alam  pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar  53,33% atau 8 anak didik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketercapaian sebesar 86,66% atau 13 anak didik dari 15 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menempel menggunakan serbuk bahan alam si kelompok B TK Islam Syaidul MusliminKata kunci: Keterampilan Motorik Halus, Menempel, Serbuk Bahan Alam
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Angkur, Maria Fatima Mardina
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.227 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5918

Abstract

Kurikulum 2013 di PAUD sangatlah penting untuk kita kaji. Termasuk ketika ada kebijakan untuk menerapkan di semua jenjang PAUD meskipun bekal para pelaku pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih sangat sedikit. Salah satu karakteristik Kurikulum 2013 adalah adanya pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya. Kurikulum  2013  Pendidikan  Anak  Usia  Dini  mengamanatkan  bahwa pembelajaran  di  PAUD  menggunakan  pendekatan  saintifik  dalam  pemberian rangsangan  pendidikan. Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan dalam membangun cara berpikir agar anak memiliki kemampuan menalar yang diperoleh melalui proses mengamati sampai pada mengomunikasikan hasil pikirnya. Guru dipandang perlu untuk menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di kelas. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran? Oleh karena itu, peneliti merasa tertarik untuk menulis tentang penerapan pendekatan saintifik pada pendidikan anak usia dini. Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, PAUD.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN TIPE PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL (STUDI EKSPERIMEN PADA TAMAN KANAK-KANAK DI PALU SULAWESI TENGAH) Agusniatih, Andi
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 1: Januari 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.182 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i1.5913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan tipe pengasuhan orang tua terhadap keterampilan sosial anak pada sekolah TK Kota Palu. Sampel terdiri dari 80 anak TK yang diambil dengan random sampling sederhana dengan desain faktorial 2x2. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil keterampilan sosial anak usia dini untuk kelompok anak yang diberi metode pembelajaran kooperatif, lebih tinggi dari kelompok anak yang diberi metode pembelajaran kompetitif, (2) hasil keterampilan sosial anak usia dini untuk kelompok anak yang memiliki tipe pengasuhan orang tua dengan kategori autoritatif, lebih tinggi dari kelompok tipe pengasuhan orang tua kategori permisif, (3) terdapat pengaruh interaksi antara faktor tipe pengasuhan orang tua dengan metode pembelajaran terhadap  keterampilan sosial anak usia dini, (4) khusus tipe pengasuhan orang tua kategori autoritatif, hasil keterampilan sosial anak usia dini dalam kelompok metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi dari kelompok pembelajaran kompetitif, dan (5) khusus tipe pengasuhan orang tua kategori permisif, hasil keterampilan sosial anak usia dini dalam kelompok metode pembelajaran kooperatif lebih tinggi dari kelompok pembelajaran kompetitif.Kata kunci: Keterampilan Sosial, Metode Pembelajaran, dan Tipe Pengasuhan Orang Tua.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI BERMAIN MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DI TK NUR-IKHSAN BONE-BONE Salwiah, Salwiah; Asmuddin, Asmuddin
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.826 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4682

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui bermain melempar dan menangkap bola di TK Nur-Ikhsan  Bone-Bone Kota Bau-Bau. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik  di TK Nur-Ikhsan  Bone-Bone yang berjumlah 16 anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi (4) refleksi. Hasil belajar berupa kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan bermain melempar dan menangkap bola menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 37,5% dan mengalami peningkatan di siklus I yaitu sebesar 56,25%. Selanjutnya di pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh persentase sebesar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain melempar dan menangkap bola diTK Nur-Ikhsan  Bone-Bone Kota Baubau. Kata kunci: Motorik Kasar, Bermain Melempar, Menangkap Bola
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERPASANGAN PADA KELOMPOK B TK WULELE SANGGULA 2 KENDARI Sahriana, Nanang
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 2: Juli 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.792 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i2.4677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media kartu berpasangan pada Kelompok B TK Wulele Sanggula 2 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 20 orang yang terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu berpasangan sebelum dilakukan tindakan sebesar 40% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 70%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 94,4%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 94,2% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kemampuan kognitif melalui media kartu berpasangan meningkat sebesar 90%. Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Media Kartu Berpasangan, Anak Usia Dini
MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK MELALUI PEMANFAATAN BAHAN BEKAS (ANORGANIK) PADA ANAK TK KELOMPOK B Haslinda, Haslinda
Jurnal Smart PAUD Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.176 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v1i1.3522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak melalui pemanfaatan bahan bekas (anorganik) pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari Brimob Kota Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 77,7%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 70,6% dan hasil belajar anak berupa peningkatan kecerdasan visual-spasial sebesar 65%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 89,8%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 82,3% dan dan hasil belajar anak berupa peningkatan kecerdasan visual-spasial meningkat sebesar 80%.Kata kunci: Pembelajaran, Kecerdasan Visual-Spasial, Bahan Bekas (Anorganik)
Sampul Depan, Dewan Redaksi, Kata Pengantar, Daftar Isi, & Sampul Belakang ., Editorial
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1685.445 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.11065

Abstract

.
Penerapan Permainan Playdough Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usman, Usman; Fiana, Wa
Jurnal Smart PAUD Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.873 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v3i1.10206

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan playdough pada kelompok B PAUD Sinar Surya Kab. Muna  Barat. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Sinar Surya Kabupaten Muna Barat pada Tahun 2019 berjumlah 20 anak didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan kognitif anak yang dicapai keseluruhan anak didik menunjukan hasil semakin meningkat dari pra tindakan, siklus 1 dan siklus 2. Hal itu berdasarkan hasil pra tindakan dalam kemampuan kognitif anak yang tuntas berjumlah 5 anak atau dengan persentase 25%. Kemudian meningkat pada tindakan siklus I menjadi 65% dengan jumlah 13 anak, dan pada siklus II menjadi 90% dengan jumlah 18 anak. Berdasarkan hal itu maka melalui permainan playdough dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk ukuran dengan standar ketentuan secara klasikal 75%.
MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR DI KELOMPOK B PAUD BINTANG 9 KELURAHAN LALOLARA KEC. KAMBU KOTA KENDARI Helmita, Wd; Salwiah, Salwiah
Jurnal Smart PAUD Vol 2, No 2: Juli 2019
Publisher : Jurusan PG-PAUD Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.313 KB) | DOI: 10.36709/jspaud.v2i2.7285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak melalui permainan tebak gambar di kelompok B PAUD Bintang 9 Kelurahan Lalolara Kec. Kambu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 16 orang yang terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki dengan rentang usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh  persentase ketercapaian sebesar 73,3%, aktivitas belajar anak didik diperoleh persentase ketercapaian sebesar 71,42%  sedangkan hasil belajar anak berupa peningkatan daya ingat anak melalui permainan tebak gambar sebelum dilakukan tindakan sebesar 35,20% anak memperoleh nilai BSB dan BSH kemudian meningkat pada siklus I sebesar 70%. Pada siklus II, persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan menjadi 93,33%, persentase ketercapaian aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan menjadi 92,85% dan hasil belajar anak berupa peningkatan daya ingat anak melalui permainan tebak gambar meningkat sebesar 88,20%.Kata Kunci: Daya Ingat Anak, Permainan Tebak Gambar