cover
Contact Name
Lutfi Ariefianto
Contact Email
lcpls.fkip@unej.ac.id
Phone
+6282140077111
Journal Mail Official
lcpls.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Kampus Tegalboto 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : 26222353     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in Teaching, Learning, and Assessment of Community Education
Articles 84 Documents
PERAN KADER PKK DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DASAR KEPALA RUMAH TANGGA PEREMPUAN (STUDI PADA PROGRAM JALIN MATRA DI DESA LAJUK KABUPATEN SIDOARJO) Nahdiyah, Lailah E.; Marijono, Marijono; Imsiyah, Niswatul
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 2 No 1 (2018): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program JALIN MATRA salah satu bentuk pemberdayaan perempuan yang didesain khusus untuk mengoptimalkan program penanggulangan kemiskinan bagi rumah tangga miskin dengan kepala rumah tangga perempuan. dengan melalui fasilitasi akses ekonomi tetapi memerlukan dukungan interaksi secara intensif dari figur yang sudah dikenal secara keseharian. Dan dinilai mampu memberikan perlindungan, berkelanjutan, serta memiliki jiwa sosial. Berdasarkan kebutuhan dasar tersebut figur yang tepat untuk mendampingi kepala rumah tangga perempuan yakni kader PKK Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran Kader PKK dalam memenuhi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kader PKK dalam memenuhi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi Program, Studi Pendidikan Luar Sekolah dan secara praktis bagi PKK atau pemerintah maupun non pemerintah untuk membantu perempuan terlepas dari kemiskinan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan metode kualitatif. Tempat yang digunakan sebagai penelitian berada di Desa Lajuk Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Alasan di Desa Lajuk Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo menjadi tempat penelitian berdasarkan metode Purposive Area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tehnik snowball sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa tehnik pengolahan data yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakanmodel Miles dan Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data tersebut bahwa Kader PKK mempunyai peran yaitu sebagai planer, motivator, fasilitator, dan evaluator. Untuk membantu meningkatkan kesehateraan dari segi kebutuhan dasar kepala rumah tangga perempuan yakni pangan. Namun tidak semua yang di miliki oleh Kader PKK berperan. Ada salah satu yang tidak berperan yakni peran sebagai evaluator dalam membantu kebutuhan dasar sandang.Adapun saran peneliti terhadap Kader PKK Hendaknya memaksimalkan pendampingan dalam pelaksanaan program JALIN MATRA.
KORELASI ANTARA PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER Utama, Ardansyah Panji; Hendrawijaya, Arief Tukiman; Imsiyah, Niswatul
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 1 No 1 (2017): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai denganusia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulasi pendidikan agar membantu perkembangan, pertumbuhan baikjasmani maupun rohani, sehingga anak memiliki kesiapan dalam hal kemampuan kecerdasan, bakat, kemampuan fisik,kognitif, bahasa, sosio-emosional, dan spiritual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “adakah korelasi antarapenggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di Kelompok Bermain AISYIYAHKecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara penggunaanalat permainan edukatif dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di Kelompok Bermain AISYIYAH KecamatanRambipuji Kabupaten Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan checklist yang diobservasi, dan dokumentasi.Analisis data yaitu dengan korelasi tata jenjang. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat korelasi total yang diperoleh padapenggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan motorik halus anak usia dini yaitu sebesar 0.921. Dapatdisimpulkan bahwa r hitung berada di atas r tabel yang dikatakan terdapat korelasi antara penggunaan alat permainanedukatif dengan perkembangan motorik halus anak usia dini di kelompok bermain AISYIYAH kecamatan RambipujiKabupaten Jember.
PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF WARGA BELAJAR PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM SUAKA ANAK NEGERI JEMBER Shiddiq, M. Zainul; Marijono, Marijono; Imsiyah, Niswatul
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 2 No 1 (2018): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran pada pendidikan kesetaraan Paket C dapat ditempuh melalui 3 bentuk yakni tatap muka, tutorial, dan mandiri. Dari ketiga bentuk model tersebut, pembelajaran yang sering digunakan di PKBM Suaka Anak Negeri Jember adalah pembelajaran tatap muka. Saat ini pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket C bukan hanya membentuk kemampuan sikap warga belajar dalam kemampuan kognitif dan psikomotoriknya saja, melainkan juga membentuk kemamapuan afektif. Kemampuan afektif/sikap dari warga belajar yang dimaksud adalah sikap menerima, merespon, dan menghargai proses pembelajaran yang disampaikan tutor.Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran tatap muka terhadap kemampuan afektif warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Suaka Negeri Jember. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terhadap kemampuan afektif warga belajar. Adapun manfaat teoritis dari penelitian ini adalah Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan tambahan ilmu pengetahuan khususnya pendidikan kesetaraan Paket C, terutama mengenai kemampuan sikap warga belajar dalam menerima proses pembelajaran tatap muka. Adapun manfaat praktis dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan peningkatan pelaksanaan pembelajaran Paket C. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Area, yaitu di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Suaka Anak Negeri Jember. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dan teknik penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling. Dengan Informan kunci yaitu Tutor dan Warga Belajar serta informan pendukung yaitu pengelola pendidikan kesetaraan Paket C PKBM Suaka Anak Negeri Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik keabsahan data yakni menggunakan perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, trianggulasi, triangguasi yang digunakan adalah trianggulasi teknik, sumber, dan waktu. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari pengolahan data tersebut dapat diketahui bahwa pembelajaran tatap muka memupnyai pengaruh terhadap kemampuan afektif warga belajar pada pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Suaka Anak Negeri Jember. Adapun saran dari penelitian ini yaitu bagi tutor Pkbm Suaka Anak Negeri yaitu perlunya meningkatkan kemampuan kompetensi tutor dalam mengajar pendidikan kesetaraan Paket C.
Manajemen Program Kursus Tata Rias Pengantin Solo Putri Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Widya Semarang Nugraheni, Fajar; Desmawati, Liliek
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 3 No 2 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses manajemen program kursus Tata Rias Pengantin Solo Putri di LKP Widya Semarang. Subjek penelitian, yaitu satu pengelola, satu instruktur, dan empat peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses manajemen diawali dengan perencanaan yang meliputi penyusunan tujuan, pengadaan sarana dan prasarana, perencanaan biaya, perekrutan instruktur, dan peserta didik. Selanjutnya, pengorganisasian dilakukan terhadap SDM lembaga dan instruktur, serta jalinan kerja sama. Pelaksanaan berjalan sesuai yang direncanakan dimana waktu dan tempat bersifat fleksibel, serta kesesuaian materi, metode, dan media sudah tepat. Pengawasan dilakukan secara eksternal dan internal. Evaluasi meliputi pengukuran keberhasilan program dan pembinaan lulusan. Faktor-faktor yang memengaruhi terdiri dari faktor pendukung dan penghambat
PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI SUPIR ANGKUTAN KOTA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI TERMINAL ARJASA KECAMATAN ARJASA KABUPATEN JEMBER TAHUN 2016 Habibi, Mohammad Wildan; Hendrawijaya, Arief Tukiman; Indrianti, Deditiani Tri
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 1 No 1 (2017): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Didalam prestasi belajar anak, peran keluarga khususnya orang tua sangatlah dibutuhkan. Anak-anak yang berlatar belakang ekonomi rendah, kurang mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari orang tua mereka, karena orang tua lebihmemusatkan perhatiannya pada bagaimana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiandeskriptif kulitatif, Penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Terminal ArjasaKecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Pemilihan tempat ini dengan cara menggunakan metode purposive area. Di dalampenelitian ini, pemilihan informan menggunakan (snowball sampling). Sumber data yang di dapat dari informan kunci daninforman pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Agar kepercayaanterhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik pengolahan data, yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa model Miles dan Haberman yakni Pengumpulan data, Reduksi data,Penyajian data dan Verifikatif. Adapunhasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Supir Angkutan Kota Dalam MeningkatkanPrestasi Belajar Anak Di Terminal Arjasa Kabupaten Jember. Hal tersebut dikarenakan pendapatan yang diterima oleh supir angkut berkurang dari tahun–tahun sebelumnya, Dengan pendapatan yang tinggi akan menunjang terhadap pendidikan anak, sehingga anak tersebut mendapatkan prestasi yang baik di bidang akademik, maupun non akademik, sedangkan dengan pendapatan yangrendah, membuat anak tidak mendapatkan pendidikan yang menunjang sehingga anak tersebut tidak memiliki prestasi dibidang akademik ataupuan non akademik. Saran yang dapat peneliti sampaiakan adalah seharusnya sebagai supir angkut lebih giat bekerjadengan mencari penumpang di lain tempat, tidak hanya berdiam diri untuk menunggu penumpang di terminal saja sehinggapendapatan bertambah dan dapat memberikan fasilitas pendidikan yang baik untuk menunjang prestasi belajarnya
PEMBENTUKAN SELF DIRECTION MELALUI PEMBELAJARAN METODE PRAKTEK PADA PELATIHAN OTOMOTIF DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA JEMBER Sri, Miftah Dini Sulas; Hendrawijaya, Arief Tukiman; Fajarwati, Linda
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 2 No 2 (2018): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap individu dituntut untuk memiliki keterampilan agar dapat bersaing dalam dunia kerja. Namun banyak individu yang memiliki keterampilan tetapi tidak mampu menentukan arah dan tujuan yang ingin dicapainya. Hal tersebut muncul akibat kurangnya pengalaman, maka perlu adanya suatu latihan yang tidak hanya melibatkan aspek psikomotorik namun melibatkan aspek kognitif yang dapat memunculkan inisiatif dan sikap mandiri dalam diri individu. Ketika seorang individu bertanggung jawab untuk merencanakan, memulai dan melaksanakan pembelajarannya sendiri, perilaku tersebut disebut sebagai Self Direction. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembentukan Self Direction melalui pembelajaran metode praktek pada pelatihan otomotif di UPT pelatihan Kerja Jember. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan teknik Purposive Area, dan informan penelitian ditentukan menggunakan teknik Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peserta memiliki kesiapan belajar dalam mengikuti proses pembelajaran, memahami proses pembelajaran, mengerti akan kekurangan dan kesulitan yang dihadapi, mampu mengerjakan tugas secara mandiri, peserta mengaplikasikan hasil pelatihan untuk bekerja di bidang otomotif maupun menjadikannya sebagai peluang berwirausaha. Proses pelatihan yang dilakukan dapat membentuk kemampuan mengarahkan diri bagi peserta
HUBUNGAN ANTARA SENAM IRAMA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNGA BANGSA KERTOSARI KECAMATAN PASRUJAMBE KABUPATEN LUMAJANG Arumnintyas, Nurlaili; Marijono, Marijono; Imsiyah, Niswatul
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 1 No 2 (2017): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan senam irama merupakan sebuah pembelajaran pengembangan motorik kasar pada anak yang dilakukan dengan bermain sambil belajar. Aktifitas yang dilakukan dalam senam irama diharapkan dapat menyenangkan sekaligus menyentuh kepekaan akan irama musik dan perkembangan motorik kasar, sehingga menunjang pertumbuhan jasmani yang sehat, kuat, dan terampil. Namun yang perlu diketahui adalah seberapa besar hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Sehingga perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang pengambilan datanya menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan rumus korelasi tata jenjang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung > r tabel = 0,921 > 0,591, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara senam irama dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini di Kelompok Bermain Bunga Bangsa Kertosari Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang.
Keberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Pada Kelompok PKK Kelurahan Sumbersari Jember Ningati, Puji Dewi Mustika; Indrianti, Deditiani Tri; Hilmi, Muhammad Irfan
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 4 No 1 (2020): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelatihan pengolahan sampah terhadap keberdayaan perempuan pada kelompok pemberdayaan kaum perempuan. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai interpretasi antara pelatihan pengolahan sampah dengan keberdayaan perempuan tergolong memiliki hubungan yang rendah. Nilai rhitung sebesar 0,324 masuk pada kriteria keempat antara 0,200-0,390.Rendahnya hubungan pelatihan dengan keberdayaan perempuan dikarenakan singkatnya jarak pengambilan data keberdayaan perempuan dengan pelatihan pengolahan sampah. Hal demikian berdampak pada data keberdayaan yang diperoleh tidak dapat menunjukkan peningkatan yang signifikan karena diperlukan beberapa jeda waktu dan pendampingan secara berkelanjutan agar keberdayaan perempuan dapat terlihat. Pelatihan pengolahan sampah yang telah dilakukan berdampak positif pada perubahan pola pikir perempuan yang semakin maju yaitu jika perempuan dapat menjadi agen perubahan hanya dengan mengolah sampah menjadi barang bermanfaat dengan nilai jual yang tinggi.
UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN PADA KELOMPOK B DI TK WISMA RINI KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBER Deva, Mega Cahya; Hendrawijaya, Arief Tukiman; Indrianti, Deditiani Tri
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 3 No 1 (2019): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gerak merupakan unsur utama dalam pengembangan motorik anak. Jika anak banyak bergerak maka akan semakin banyak manpaat yang akan di peroleh anak ketika ia makin trampil menguasai garakan motoriknya baik motorik halus maupun motorik kasar yang keduanya berfungsi sebagai ransangan dalam pengembangan intelegensi dan kesehatan. Namun yang perlu diketahui adalah bagaimana upaya pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan pada kelompok B di TK Wisma Rini Kecamatan Semboro Kabupaten Jember sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan dan untuk memahami lebih dalam mengenai kemampuan motorik kasar anak Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindak kelas dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus klasikal yang dihitung secara manual. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diadakan tindakan pada siklus I kemampuan motorik kasar anak mengalami peningkatan, anak pada kriteria belum baik sebanyak 9,52%, anak dengan kriteria cukup baik sebanyak 38,09 %, anak pada kriteria baik sebanyak 52,38%. Pada siklus II kemampuan motorik kasar anak dengan kriteria belum baik sebanyak 4,76%, anak dengan kriteria cukup baik juga menurun menjadi 14,28 %, sedangkan anak pada kriteria baik meningkat sebanyak 80.95%. Dengan kalkulasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak sebesar 80,95% maka dapat dikatakan bahwa kemampuan motorik kasar anak berada pada kriteria baik atau meningkat
HUBUNGAN ANTARA POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD CATLEYA 62 DI KABUPATEN JEMBER Rohma, Diana Habibatul; Marijono, Marijono; Indrianti, Deditiani Tri
Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 1 No 2 (2017): Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan berkembang yang sangat pesat. Pada masa ini, sangat penting sekali untuk merangsang perkembangan pada anak terutama pada anak yang mengalami permasalahan perkembangan, salah satunya yaitu perkembangan sosial emosional. Permasalahan perkembangan sosial emosional seperti percaya diri bisa diselesaikan dengan adanya pola komunikasi keluarga. Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti dapat merumuskan masalah yaitu adakah hubungan antara Pola Komunikasi keluarga Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Paud Catelya 62 di Kabupaten jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara Pola Komunikasi keluarga Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Paud Catelya 62 di Kabupaten jember. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah pengetahuan dan dijadikan dan referensi tentang pola komunikasi keluarga untuk menyelesaikan permasalahan perkembangan anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi tata jenjang yang dibantu dengan menggunakan alat bantu SPSS (Stastistical Package for the Social Scienses) seri 24.0. hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan anatara pola komunikasi keluarga dengan perkembanagn sosial emosional anak usia dini di Paud Catleya 62 Kabupaten Jember. Saran dari penelitian ini yaitu bagi penelola agar lebih memperhatikan atau mengajarkan kepada orang tua peserta didik tentang pentingnya komunikasi di dalam keluarga ketika pertemuan pendidik dan orang tua yang diselenggarakan 1 bulan sekali sehingga pendidik dan orang tua sama- sama mengerti akan permasalahan anak. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar dapat meneliti lebih lanjut yang sehubungan dengan pola komunikasi keluarga dan perkembangan sosial emosional anak usia dini, karena lingkungan rumah akan selalu mempengaruhi tumbuh kembang anak pada pembelajaran anak usia dini.