cover
Contact Name
Muhammad Rapono
Contact Email
muhammadrapono@uinsu.ac.id
Phone
+6285373172602
Journal Mail Official
jurnalfitk@uinsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Jl. Williem Iskandar Psr. V Medan Estate – Medan 20731
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
TAZKIYA
ISSN : 20864191     EISSN : -     DOI : -
Jurnal yang berada dibawah naungan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA" : 11 Documents clear
Pendidikan Lingkungan Keluarga Nasution, Sangkot
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.983 KB)

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak. Dalam kehidupan anak tentunya, keluarga merupakan tempat yang sangat vital. Anak-anak memperoleh pengalaman pertamanya dari keluarga. Dalam keluarga, peranan orang tua sangat penting sebab mereka adalah model bagi anak. Ketika orang tua melakukan sesuatu, anak-anak akan mengikuti orang tua mereka. Hal ini disebabkan anak dalam masa meniru. Orang tua yang satu dengan orang tua yang lainnya mendidik anak-anak mereka tentunya juga berbeda. Mereka mempunyai suatu gaya tersendiri dan tentunya gaya-gaya tersebut akan berpengaruh terhadap lingkungan anak. Oleh karena itu, lingkungan keluarga sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak terutama perkembangan sosio-emosinya. Pendidikan keluarga adalah salah satu bentuk pendidikan di luar sekolah yang besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anak dalam belajar. Pendidikan keluarga yang maksimal memiliki kecenderungan untuk meningkatkan minat anak dalam belajar, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pula terhadap hasil belajar anak. Sedangkan lemahnya pendidikan keluarga memiliki kecenderungan untuk melemahkan minat anak dalam belajar dan akan melemahkan pula terhadap prestasi belajar anak tersebut
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD IT NUR IHSAN MEDAN Arlina, Arlina; Dewi, Amanah Kesuma
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.673 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam membina kecerdasan emosional siswa di SD IT Nur Ihsan Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode naturalistik. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan: Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa di SD IT Nur Ihsan Medan dapat ditemukan bahwa: (1) Kepedulian sosial melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Berbagi Makanan, dan (b) Menyalami Guru Ketika Berpapasan;  (2) Kesadaran Diri melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Petugas Shalat Berjamaah, dan (b) Merapikan Koridor Setelah Makan Bersama; dan (3) Kecerdasan Spritual melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Infaq Jum’at, (b) Membiasakan Berdoa, dan (c) Shalat Dzuhur Berjamaah
PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM Napitupulu, Dedi Sahputra
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.04 KB)

Abstract

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan interaksi edukatif. Hal ini disebabkan, dalam pelaksanaan pendidikan terdapat komunikasi yang terjalin, komunikasi dalam pendidikan ini kemudian disebut sebagai interaksi. Interaksi yang terjadi antara peserta didik dan pendidik dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi ini lah yang kemudian akan menentukan keberhasilan dan ketercapaian pembelajaran. Dalam konteks pendidikan, banyak interaksi yang terjadi dalam proses pembelajaran. Interaksi ini termasuk di dalamnya perilaku mengajar pendidik, perilaku belajar peserta didik, interaksi antara pendidik dan peserta didik serta interaksi sesama peserta didik. Seorang pengajar memiliki tugas utama menyelenggarakan pembelajaran, agar pembelajaran menjadi hal yang menarik dan efektif, maka pendidik harus memiliki strategi dan metode pembelajaran yang baik dan tepat dalam menyampaikan materi-materi pembelajarannya dan harus dirangkaikan dalam interaksi edukatif yang baik.
ASPEK-ASPEK PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU DALAM AMTSAL ALQURAN (TELAAH TERHADAP ALQURAN SURAH IBRAHIM/14 AYAT 24, 25 DAN 26) Nasution, Abd Halim
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.763 KB)

Abstract

Kompetensi paedagogik dan profesional guru Guruan Agama Islam harus mempunyai nilai lebih dibanding dengan guru mata pelajaran umum. Hal ini disebabkan materi pelajaran yang akan disampaikan sangat sarat dengan materi yang sifatnya abstrak.  Alquran melalui amtsal mengungkapkan dan memperjelas makna yang rumit dan samar, menampilkan hal-hal yang abstrak dalam gambaran yang konkrit, yang meragukan dalam tampilan yang meyakinkan. Penggunaan amtsal membantu seorang guru dalam merencanakan dan menyajikan materi pembelajaran, mendekatkan peserta didik pada pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Materi pelajaran yang abstrak dikemas dan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi konkrit, nyata, dan mudah dipahami peserta didik.  Dengan amtsal menciptakan komunikasi yang menarik antara guru dan peserta didik.
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION COMIC DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PENYAMPAIAN MATERI AKHLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NAMIRA MEDAN Gunawan, Gunawan
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.692 KB)

Abstract

Saat ini dunia anak-anak tidak luput dengan dunia animasi, penggunaan Media Pembelajaran berbasis animasi sangat diminati oleh kalangan siswa di usia sekolah mereka, tidak hanya animasi pembelajaran, komik berbasis cerita juga tidak luput dari aktivitas mereka. Pembelajaran Motion Comic juga saat ini sudah mulai tidak menjadi sesuatu hiburan yang aneh bagi dunia anak di usia sekolah dasar, banyak tontonan dan tayangan di media Youtube yang menyajikan Motion Comic dalam bentuk vedio. Hal ini yang membuat penulis untuk mencoba memadukan pebelajaran animasi dengan vedio yang akan menghasilkan Motion Comic dalam pembelajaran. Pembelajaran Akhlak menggunakan Motion Comic akan menajadi sebuah daya tarik baru bagi siswa-siswi sekolah dasar dalam memahami materi pembelajaran, terutama pembelajaran Akhlak. Pembelajaran Akhlak dengan Motion Comic, apalagi diusia mereka sangat dekat dengan fasilitas yang mendukung dalam menyaksikan pembelajaran dengan Motion Comic, telepon genggam, komputer juga sudah tidak menjadi barang mewah disaat ini, ini lah menjadi factor utama penambahan media pembelajaran baru dalam dunia pendidikan.
MUTHLAQ DAN MUQAYYAD SEBAGAI METODE ISTINBAT HUKUM DARI ALQURAN DAN HADIS Pulungan, Enny Nazrah
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.926 KB)

Abstract

Ushuliyah rules are rules relating to language. And ushuliyah rules are also very important rules, because the ushuliyah rule is a medium or tool to explore the contents of meaning and law that contained in the Quran and Sunnah, the ushuliyah rule is also called by the istinbath rule or the lughawiyah rule. Among several discussions relating to the ushuliyah rule are muthlaq and muqayyad  Muthlaq is a lafazh (pronunciation) which has no limits or no ties to other words, for example a school teacher or textbooks. The range of understanding of the lafazh has been limited or narrower when compared to the other lafazh, each of these lafazh after being associated with other lafazh is called by Muqayyad
KESULITAN GURU PENDIDIKAN Al-QUR’AN DAN HADIS DALAM MENERAPKAN METODE HAFALAN DI MTs Al ARIFIN Tambunan, Roy Ramadhan
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.158 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru Alquran dan hadis di MTs Al Arifin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, presepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogik. Teknik pengumpulan datanya yakni: observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentas triangulasii. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini menjelaskan: bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru Alquran Hadis dalam menerapkan metode hafalan di MTs Al-ARIFIN  
STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ORANG TUA LANJUT USIA DI PANTI JOMPO SOSIAL BIREUEN ACEH Nurdin, Nurdin; Abdussalam, Abdussalam
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesadaran orang tua lanjut usia dalam pengamalan nilai-nilai keagamaan, dan strategi pembinaan Pendidikan Agama Islam bagi orang tua lanjut usia di Panti Jompo Cot Bada Bireuen. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitiannya adalah pimpinan, pengurus, imam pengajian, guru pengajian Agama Islam, dan orang tua lanjut usia Panti Jompo. Tehnik pengumpulannya datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kesadaran orang tua lanjut usia Panti Jompo terhadap pengamalan nilai-nilai keagamaan sudah baik. Strategi pembinaan pendidikan agama Islam di Panti Jompo adalah strategi mufarrih (menyenangkan), pengorganisasian kelas pengajian menurut tingkat usia jompo, pembinaan komunikasi efektif dan interaksi aktif dan strategi mencurahkan pendapat antara guru dan orang tua jompo.
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM AL-ZARNUJI Jaya, Farida
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.755 KB)

Abstract

Pendidikan, adalah merupakan sebuah proses transformasi ilmu. Apalagi masalah pendidikan agama, yang berkaitan dengan ilmu-ilmu agama (ulumuddin) sangat penting di kalangan kaum muslimin. Manusia pertama yang memperoleh tranformasi ilmu langsung dari Allah ialah Nabi Adam As. Selanjutnya zaman terus berubah, pengetahuan pun berkembang dan manusia dengan potensi akalnya menemukan hal-hal yang baru, dan mengembangkan ilmu-ilmu yang ada sebelumnya, sehingga peradaban manusia semakin modern. Dinamika sosial ditandai dengan perubahan pola pikir konvensional ke arah paradigma baru. Mode, life style klasik berkembang dan berubah menjadi life style metropolis, seiring dengan perkembangan zaman
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH SEJAK INDONESIA MERDEKA Rohman, Fatkhur
TAZKIYA Vol 8, No 1 (2019): TAZKIYA
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.727 KB)

Abstract

Agama memiliki kedudukan dan peranan yang sangat besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945. Sejak kemerdekaan negara Indonesia, pemerintah mulai melakukan peletakan dasar aturan-aturan pendidikan agama di sekolah-sekolah umum. Artikel ini akan menguraikan perkembangan pendidikan agama di sekolah sejak indonesia merdeka dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1950, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1954 dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 serta diberlakukannya Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, dan juga dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

Page 1 of 2 | Total Record : 11