cover
Contact Name
Hasan Bisri
Contact Email
hasan.bisri@unida.aci.id
Phone
+62251-8240773
Journal Mail Official
tadbir.muwahhid@unida.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Gedung Guru lt 3
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Tadbir Muwahhid
ISSN : 25794876     EISSN : 25793470     DOI : -
Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being accepted for publication. Jurnal Tadbir Muwahhid is an information media and scientific knowledge mainly publishes research articles in the field of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management receives manuscripts from the following areas with an interdisciplinary and multidisciplinary approach: Islamic studies Islamic education and institutional management Islamic curriculum management and learning resources Islamic facilities and finance management Islamic education psychology Islamic education management information systems and technology Islamic education leadership Islamic counseling management Islamic education planning Islamic education evaluation
Articles 81 Documents
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Miski, Rihatul
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ta'dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v4i2.341

Abstract

Sarana dan prasarana merupakan salah satu penunjang yang penting dalam melakukan proses pembelajaran disekolah. Ketiadaan sarana dan prasarana akan mempersulit kegiatan pembelajaran yang nantinya juga akan mempengaruhi tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa. Karena pada dasarnya, bagaimana jalannya proses belajar akan mempengaruhi bagaimana hasil belajar. Penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa di SMK Wikrama Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK Wikrama Bogor yang berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik kuisioner (angket) pada variabel sarana dan prasarana dan teknik dokumentasi pada variabel hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Sarana dan prasarana di SMK Wikrama Bogor berada pada kategori baik dengan perolehan prosentase sebesar 42,26% dan gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer SMK Wikrama Bogor tergolong baik dengan perolehan prosentase sebesar 59,01%. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 40,38 %, sedangkan sisanya sebanyak 59,62 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti motivasi, bakat dan minat, dan lain-lainnya. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh indeks koefisien korelasi sebesar R = 0,63 dengan taraf kesalahan 0,05 di dapat hasil Fhitung> Ftabel yaitu 42,7327 > 3,89. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa adalah positif dan signifikan.
PENGELOLAAN PROGRAM ULANGAN HARIAN BERSAMA (UHB) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Suherman, Irman
TADBIR MUWAHHID Vol 2, No 2 (2018): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v2i2.1393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari program Ulangan Harian Bersama (UHB) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari angket dan dokumen, lalu dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat tingkat pengaruh program UHB terhadap motivasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Kota Bogor yang digambarkan dengan sikap siswa dalam belajar berupa kesiapan siswa dalam belajar, keaktifan siswa dalam belajar, rasa senang saat belajar, pemusatan perhatian, daya serap materi dan kesiapan siswa dalam mengerjakan tugassudah baik. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square 0,002 atau 0,2%, bermakna niali UHB sebagai bentuk hasil dari program UHB tidak sama sekali memberikan dampak pada peningkatan motivasi belajar siswa dengan melihat sangat rendahnya pengaruh tersebu yaitu hanya 0,2% saja. Sehingga dapat dikatakan 99,8% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.Sedangkan persamaan regresi Y atas X, adalah Ŷ = 71,280+ 0,028X. Dengan persamaan regresi tersebut dapat diinterprestasikan bahwa jika variabel Nilai UHB (X) dengan Motivasi Belajar Siswa (Y) diukur dengan instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini, maka setiap perubahan skor UHB sebesar satu pada satuan dapat diestimasikan skor Motivasi Belajar Siswa akan berubah sebesar  0,028 satuan pada arah yang sama.Program Ulangan Harian Bersama (UHB) yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 4 Kota Bogor sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, pada penelitian ini menunjukkan hasil yang kurang baik dimana pemberian nilai sebagai hasil dari program ulangan harian tidak cukup untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran.Hasil analisis data menunjukkan bahwa betapa rendahnya pengaruh nilai dalam ulangan harian tersebut terhadap motivasi belajar siswa yaitu hanya sebesar 0,02%.Bagi peneliti selanjutnya tentang motivasi belajar siswa, disarankan untuk meneliti faktor yang lebih luas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa tidak hanya terbatas pada pemberian ulangan harian dan nilai saja. Sehingga penelitian yang dihasilkan akan memberikan informasi yang lengkap dan dapat dijadikan pegangan bagi para guru guna memperbaiki pembelajran.Kata kunci: motivasi belajar siswa, program ulangan harian bersama (UHB).MANAGEMENT OF DAILY JOINT TEST (UHB) PROGRAM AS EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING MOTIVATIONAbstractThis research aims to see the impact of the daily joint test (UHB) program on increasing students’ learning motivation. The data used in this research were gathered from questionnaires and documents, and were analyzed by using simple linear regression to see the level of influence of the UHB program on students’ learning motivation. The research focused on the students of SMA Negeri 4 in Bogor City. The learning motivation was illustrated by the students' attitudes in learning, readiness in learning, activeness in learning, and joy in learning, along with their concentration and material absorption. The coefficient of determination shows that the value of R Square 0.002 or 0.2%, meaning the value of the UHB program as a form of impact on improving student learning motivation is very low. It can be said that 99.8% of students' learning motivation is influenced by other factors. The regression equation Y over X is Ŷ = 71,280 + 0,028X. With the regression equation, one can see that the UHB (X) Value variable with Student Learning Motivation (Y). When measured by the instrument developed in this study, a change in UHB score of one unit can be estimated to change Student Learning Motivation scores by 0.028 units in the same direction. This study shows, that the daily joint test (UHB) program, carried out by SMA Negeri 4 Bogor, in an effort to improve students’ learning motivation, demonstrated unfavorable results. Giving scores as a result of a daily review program was not enough to motivate students in learning. The results of the data analysis showed a low influence of the daily testing on students’ learning motivation. In further research on students’ learning motivation, it is suggested to examine broader factors regarding the influence on students’ motivation to increase learning not only limited to giving daily tests and grades. This further research is needed to provide complete information that can be used as a guide for teachers to improve learning.
EFEKTIVITAS HUKUMAN UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SANTRI PUTRI MADRASAH ALIYAH Rahayu, Euis Widiawati; Ichsan, Muhammad
TADBIR MUWAHHID Vol 1, No 1 (2017): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v1i1.838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pemberian hukuman menurut teori pendidikan, 2) disiplin di Pesantren Modern Daarul `Uluum Lido, 3) efektivitas hukuman untuk meningkatkan disiplin santri putri madrasah aliyah daarul ‘uluum lido.Pembahasan skripsi ini berdasarkan penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi, baik berupa hasil wawancara dan dokumen pesantren yang berkaitan dengan variabel penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan demi memperoleh data yang valid. Data yang terkumpul disusun dan kemudian baru dianalisis. Analisa ini berguna bagi penulis sebagai upaya penggalian lebih lanjut mengenai masalah efektivitas hukuman dalam mendisiplinkan santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hukuman yang dijatuhkan kepada anak mempunyai syarat dan macamnya, karena hukuman yang baik itu bukanlah yang bersifat memojokkan tetapi menyadarkan dan mendidik. Jangan menindak anak dengan kekerasan, tetapi dengan kehalusan hati, lalu diberi motivasi dan persuasi. (2) Dalam penelitian ini dibahas beberapa disiplin yang diterapkan di pesantren tersebut, yaitu antara lain: disiplin waktu, disiplin belajar, dan disiplin bertingkah laku. (3) hukuman merupakan konsekuensi yang akan didapatkan bagi pelanggar disiplin di Pesantren. Hukuman yang diberikan memang terbukti efektif dalam membuat santri berdisiplin, apabila pemberian hukuman tersebut mengacu kepada pedoman dalam memberikan hukuman dan kebijakan pesantren. Tetapi kadang hukuman akan berdampak pada perasaan benci anak didik apabila menyakiti fisik dan tidak mengandung unsur edukatif.KATA KUNCI: disiplin santri, efektivitas hukuman.  THE EFFECTIVENESS OF DISCIPLINARY PENALTIES TO IMPROVE WOMEN STUDENTS ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOLABSTRACTThis study aims to determine: 1) the punishment according to the theory of education, 2) discipline in Pesantren Modern Daarul `Uluum Lido, 3) the effectiveness of penalties to enforce discipline female student’s madrasah Aliyah Daarul 'uluum lido. Discussion of this paper is based on field research aims to obtain data or information, whether in the form of interviews and documents related to the variable boarding research done by jumping directly spaciousness in order to obtain valid data. The collected data is compiled and then newly analyzed. This analysis is useful for writers in an effort to dig further on the issue of the effectiveness of punishment in disciplining students. The results showed that (1) Punishment meted out to children have the condition and kind, because it is not a good punishment that is cornered but sensitize and educate. Do not take action against a child by force, but with the subtlety of their heart, and be motivated and persuasion. (2) In this study addressed several disciplines are applied at the school, among other things: the discipline of time, learning discipline, and discipline to behave. (3) The penalty is the consequence will be obtained for violators of discipline in boarding. Penalties were indeed shown to be effective in making students disciplined, when it refers to the sentencing guidelines in giving punishment and boarding policy. But sometimes the punishment will have an impact on students' feelings of hatred when physical harm and does not contain educational elements.
PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA MENURUT AL-QURAN KAJIAN SURAH AL-LUQMAN AYAT 13-18 Purwatiningsih, Purwatiningsih
TADBIR MUWAHHID Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.331

Abstract

Anak adalah pemberian Allah Swt yang patut dijaga, dipelihara, dibimbing, dididik dan juga harus dikembangkan segala potensinya sesuai dengan fitrahnya. Disisi lain, anak adalah generasi penerus ummat. Islam telah mencatat sejarah pendidikan di dalam kehidupan, bahwa betapa besar peran generasi penerus terhadap keberhasilan suatu Bangsa. Pendidikan terhadap anak telah mendapatkan tempat paling utama. Karena pendidikan adalah faktor yang sangat penting terhadap perubahan sebuah peradaban, sehingga pendidikan tidak bisa pisahkan dari kehidupan. Dengan melalui pendidikan dengan tujuan yang jelas dan terarah, maka akan membawa perubahan peradaban suatu bangsa dapat terealisasikan. Penelitian ini termasuk penelitian tafsir tarbawi yang mengkaji isi kandungan Ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam perspektif pendidikan, maka penelitian ini tergolong penelitian kualitatif, yaitu data-data yang diperoleh dari Al-Qur’an, Tafsir dan Hadist. Analisis surah lukman ayat 13-18 menghasilkan beberapa pendidikan anak dilingkungan keluarga, diantaranya Tanggung Jawab Pembinaan Tauhid Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Akhlak Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Sikap Pada Anak, Tanggung Jawab Pembinaan Sosial Anak, tanggung Jawab Pembinaan Sholat Pada Anak. Hasil dari analisis penelitian ini semoga menjadi pedoman bagi peneliti dan semua pembaca pada umumnya. Semoga dari hasil analisis penelitian ini dapat memberikan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan fitrah anak.
KURIKULUM BUDAYA KEISLAMAN DI SEKOLAH ALAM Asiyah, Nur; Yusnar, Yusnar; Laeli, Sobrul
TADBIR MUWAHHID Vol 3, No 1 (2019): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v3i1.1797

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kultur keislaman di sekolah alam cikeas. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang berusaha menggambarkan keadaan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan  apa adanya. Data yang dikumpulkan melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian, maka dapat dilakukan dengan mengecek data dengan cara memperpanjang keikutsertaan, triangulasi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Sekolah alam cikeas menggunakan kurikulum DIKNAS sebagai acuan namun untuk pelaksanaan dilapangan sekolah alam cikeas mempunyai kurikulum sendiri, yang mana dalam kurikulum sekolah cikeas begitu kompleks mulai dari adanya pembiasaan sehari-hari kegiatan Greenlab, Outbound, Literasi, ICT, Religion Day, Outcamp, iqro dan Tahfidz. Sekolah alam cikeas juga sudah menerapkan kurikulum 2013 tetapi tinggal kelas 3 dan 6 yang belum menggunakan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan kultur keislaman sekolah alam cikeas menggunakan metode keteladanan, dan program keislamannya pun tidak dibuat hanya untuk siswa saja melainkan guru dan orangtua nya pun mempunyai kegiatan Religion Day tersendiri. 3) Evaluasi kurikulum yang dilaksanakan mulai dari pembelajaran yaitu adanya rapat Kegiatan Beajar Mengajar dan diakhir tahun ada Rapat Kerja. Untuk evaluasi keagamaan tersendiri sekolah alam cikeas mempunyai buku rapor akhlak, buku evaluasi iqro dan hafalan do’a serta hafalan surat pendek. Rekomendasi berupa mempertegas dalam karakteristik muslimah untuk siswi sekolah alam cikeas.
PENDIDIKAN NILAI PERSPEKTIF AL-QUR’AN Amir, Fachrur Razi
TADBIR MUWAHHID Vol 1, No 2 (2017): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v1i2.959

Abstract

Tafsir tarbawi merupakan salah satu model pembacaan dan penafsiran Al-Qur’an dari perspektif Pendidikan. Pada dasarnya model penafsiran ini dapat dikategorikan sebagai tafsir maudhu’iy yang dikembangkan oleh Al-Farmawi, salah seorang pakar kajian Al-Qur’an dari Mesir. Dalam artikel ini dideskripsikan beberapa macam nilai di dalam Al-Qur’an, dan model pendidikan nilai berbasis pada nilai-nilai dalam Al-Qur’an serta bagaimana metode pendidikan nilai mengacu kepada metode yang terdapat di dalam Al-Qur’an.KATA KUNCI: Pendidikan nilai, Tafsir Tarbawi, PerspektifAl-Qur’anVALUE EDUCATION WHICH IS BASED ON AL-QUR’ANABSTRACT Tafsir tarbawi is kind of contemporer model of reading and interpreting Al-qur’an from the prespective of Education. Basically, this model of tafsir is could be rooted to the thematic model of tafsir (tafsir mawdhuiy) which was developed by Al-Farmawi, prominent scholar on Quranic studies and its tafsir from Egypt. This paper aimed to describe some values in Al-Qur’an; to develop a model for value education which is based on Al-qur’an, and to explore how is the methods to educate values towards students in all level based on some teaching methods in Al-qur’an.
Pengaruh Mutu Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Komitmen Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Di Bandung Hardanto, Wismo Suryo; Matin, Matin; Karnati, Neti
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 1 (2020): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v4i1.2282

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara komprehensif pengaruh mutu layanan pendidikan dan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan terhadap komitmen dari mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam di Bandung. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa tahun ketiga dan keempat. Penelitian dilaksanakan selama bulan April hingga Agustus 2018. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode survey menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data dilakukan melalui cara kuesioner isian. Hasil pengujian terhadap hipotesis pertama disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dari mutu layanan terhadap komitmen dengan nilai koefisien korelasi r13 = 0,507 dan nilai koefisien jalur ρ31 = 0,322. Pada pengujian hipotesis kedua disimpulkan terdapat pengaruh langsung positif kepuasan pelanggan terhadap komitmen dengan nilai koefisien korelasi r23 = 0,588 dan nilai koefisien jalur ρ32 = 0,458. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis ketiga disimpulkan terdapat pengaruh langsung positif mutu layanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien korelasi r12 = 0,403 dan nilai koefisien jalur ρ21 = 0,403.
MODEL PEMBELAJARAN INSTRUKSIONAL DI PESANTREN MODERN Abdillah, Rizky; Abdurakhman, Omon; Maryani, Novi
TADBIR MUWAHHID Vol 2, No 1 (2018): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v2i1.1146

Abstract

Perubahan zaman yang semakin cepat berpengaruh besar dalam segala aspek kehidupan masyarakat. Keadaan ini kemudian berdampak pula pada sistem pendidikan, khususnya sistem pendidikan Islam. Usaha yang terus dilakukan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Islam agar tidak tertinggal dari masyarakat lainnya menjadi penting dan mendesak untuk dilaksanakan. Pesantren memiliki ciri khas pada model pembelajaran yang digunakan dalam sistem pendidikannya. Pesantren-pesantren yang berdiri pada masa pra-kemerdekaan sebagian besar menganut model pembelajaran tradisional. Namun seiring perkembangan zaman beberapa pesantren melakukan perubahan dengan model pembelajaran modern.. Keberadaan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido menjawab tantangan masyarakat akan kebutuhan Pendidikan, ilmu keagamaan, dan ilmu umum yang seimbang. Perpaduan kurikulum umum (nasional) dan kurikulum lokal (pesantren) dirumuskan di dalam model pembelajaran pesantren modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah etnografi. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang sejarah dan juga perkembangan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido dari mulai pengubahan model pembelajaran tradisional menjadi modern. Model Pembelajaran Pesantren Modern yang digunakannya mencangkup metode pembelajaran dan kurikulumnya.. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah modernisasi model pembelajaran di Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido berjalan baik walau masih perlu adanya penyempurnaan. Faktor utama yang mendukung pelaksanaannya adalah karena komposisi tenaga pendidik atau ustadza/ah yang mayoritas alumnus pesantren yang menerapkan model pembelajaran pesantren modern.Kata kunci: kurikulum, model pembelajaran instruksional, pesantren modern. INSTRUKSIONAL LEARNING MODEL IN MODERN BOARDING SCHOOLABSTRACTModernizing effect on people's lives. This situation also impacted on the educational system of Islam. Islamic education is required to be able to respond to changes in society in accordance with the needs of society. Efforts to improve public education of Islam order to keep up the rest of society becomes important to be implemented. Boarding school has a typical model of applied learning in its educational system. Boarding School that develop in pre-independence embrace traditional learning models. However, over the times lots of pesantren make a change to use model of modern learning. The learning model functional as a guideline for the designers of learning and teachers in implementing the learning activities. The existence of Modern Boarding School of Daarul 'Uluum Lido has responded to the challenges of society that aplicating the science of religion and general science education balanced. The combination of the national curriculum and the local curriculum of boardung school teaching model formulated in modern boarding school. This research was the field research and the library research, that used qualitative descriptive study with ethnographic methods. The results of this research described the history and development of Modern Boarding School Daarul 'Uluum Lido from began modifying traditional teaching model to be modern. Modern Boarding School Learning Model which covers uses teaching methods and curriculum. Factors that supporting and inhibiting were its implementation and implications. The conclusion of this study is the modernization teaching model in Modern Boarding Daarul 'Uluum Lido running well though is still need for improvement. The main factors that support its implementation is due to the composition of the majority of educators who alumnus pesantren that implement teaching model modern boarding.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN BERBASIS PENILAIAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI Hikam, Muhammad Agil Husnul
TADBIR MUWAHHID Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v5i2.330

Abstract

Pendidikan merupakan norma dan bekal bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi kualitas proses pendidikan, dan faktor yang paling berpengaruh adalah sumber daya manusia pendidikan atau guru. Mengingat pentingnya peran guru tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem penilain yang hasilnya dapat menggambarkan kualitas guru yaitu penilaian kinerja guru (PKG), untuk selanjutnya dilakukan pengembangan dan pelatihan yang tertuang dalam manajemen sumber daya manusia pendidikan (MSDMP). Hal tersebut dilakukan untuk menjamin kualitas guru. MSDMP berbasis PKG di SDN Sindangsari bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi guru. Karena penilaian dilakukan terhadap empat kompetensi guru beserta indikatornya, yang hasilnya menggambarkan kualitas kinerja guru secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah sebagai pihak pelaksana MSDM dan PKG serta guru sebagai objek pelaksanaannya, dokumentasi adalah data berupa hasil PKG dan obeservasi dilakukan melalui pengamatan kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, nilai rata-rata guru SDN Sindangsari dari hasil PKG adalah baik. Namun masih terdapat beberapa kelemahan pada kompetensi pedagogik dan profesional. Kelemahan tersebut ditindaklanjuti melalui MSDMP, yaitu pengembangan guru berupa workshop, pelatihan kurikulum, seminar, melalui peran KKG dan peningkatan kualifikasi akademik. Dengan demikian diharapkan kualitas guru SDN Sindangsari dapat terus ditingkatkan.
ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG TERDAPAT DALAM KISAH NABI MUSA A.S DAN NABI KHAIDIR A.S SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK (KAJIAN Q.S.AL-KAHFI AYAT 60-82) Indra, Sukri
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jtm.v4i1.350

Abstract

Kisah-kisah Al-Quran mengandung banyak ibroh (pelajaran) bagi manusia. Salah satu kisah yang menarik yaitu kisah pembelajaran antara Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S yang banyak mengandung pelajaran bagi kita manusia khususnya di bidang pendidikan. Adapaun aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalam kisah Nabi Musa A.S dan Nabi Khaidir A.S sebagaimana yang tertera dalam Q.S.Al-Kahfi ayat 60-82 yaitu: 1) motivasi belajar, 2) bepergian dalam menenuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) kewajiban menyampaikan ilmu, 5) kesabaran, 6) kepatuhan, 7) rasa ingin tahu, 8) Kritis, 9) keikhlasan, 10) metode mengajar berupa metode tanya jawab, karyawisata, demonstrasi, ceramah, 11) media pembelajaran berupa perahu, anak kecil dan dinding rumah. Adapun implikasinya terhadap pendidik adalah: 1) keikhlasan, 2) kewajiban menyampaikan ilmu, 3) pemilihan metode, 4) pemilihan media pembelajaran. Sedangkan implikasinya terhadap peserta didik adalah: 1) motivasai belajar, 2) bepergian dalam menuntut ilmu (rihlah), 3) sopan santun, 4) rasa ingin tahu, 5) kritis, 6) patuh kepada pendidik, 7) sabar dalam menuntut ilmu.