cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JPP Undiksha
ISSN : 23017821     EISSN : 25492608     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang merupakan hasil penelitian ataupun review artikel. JPP diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha 3 kali dalam setahun, yaitu bulan April, Juli, dan Oktober. Penulis diharapkan memasukkan artikelnya secara online menggunakan fasilitas OJS dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika mengalami kesulitan dalam penggunaan OJS, penulis bisa memasukkan artikel melalui email jppundiksha@gmail.com
Arjuna Subject : -
Articles 316 Documents
PENGARUH GENDER DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS Ratminingsih, Ni Made
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.333 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i3.4230

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Speaking III. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester 3 pada tahun akademik 2011/2012. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian ex post facto de-ngan desain faktorial 2 x 2 dan analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil Penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi berbicara antara mahasiswa perempuan dengan mahasiswa laki-laki, mahasiswa perempuan memi-liki kompetensi berbicara yang lebih tinggi daripada mahasiswa laki-laki,  (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi berbicara antara mahasiswa yang berkepribadian ekstroversi dengan introversi, mahasiswa yang berkepribadian ekstroversi memiliki kompetensi berbicara yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang berkepribadian introversi, dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara mahasiswa. Kata-kata Kunci: gender, tipe kepribadian, kompetensi berbicara
THE EFFECT OF THEMATIC PATTERNING TECHNIQUE ON WRITING ACHIEVEMENT AND ITS RELATIONSHIP TO STUDENTS’ ACHIEVEMENT MOTIVATION krisna, adi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 50, No 3 (2017): October 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.84 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v50i3.12025

Abstract

ABSTRACT             This study aimed at investigating the effect of thematic patterning technique and achievement motivation on students’ writing achievement. The subjects were the second semester students of English Education Department in the academic year 2015/2016. The II B class was assigned as the experimental group and II D class as the control group. The experimental group was taught by using thematic patterning technique and the control group by using conventional technique. The instruments were achievement motivation questionnaire and writing achievement test. The findings showed there was a significant difference in writing achievement between the students taught by using thematic patterning technique and those taught by using conventional technique. The mean score of students taught by using thematic patterning technique was higher than the students taught by using conventional technique; there was interaction between of thematic patterning technique and the achievement motivation in learning English on students’ writing achievement. Keywords: thematic patterning technique, achievement motivation, students’ writing achievement
Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sasak: ke Arah Sikap dan Prilaku Berdemokrasi Siswa SMP/MTS Ismail, M.; ., Sukardi; Surachman, Su’ud
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42, No 2 Jul (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.432 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1745

Abstract

Penelitian berangkat dari  fakta semakin kuatnya gejala erosi sikap dan perilaku berdemokrasi di kalangan masyarakat (siswa), seperti sikap yang mau menang sendiri, suka memaksakan kehendak, kurang mengakui pihak lain, sikap toleran yang semakin melemah, kurangnya empati dan lain-lainya. Sementara itu, pembelajaran demokrasi melalui Pendidikan IPS kurang memberikan kontribusi terhadap pengembangan sikap dan perilaku demokratis, yang ditandai penyebabnya oleh dua hal, yaitu sisi substantif yang melupakan unsur lokal dan sisi pembelajaran yang monolitik dan undemokratis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kearifan lokal masyarakat Sasak terkandung nilai-nilai dan unsur-unsur demokrasi yang dijalankan secara teguq (kuat dan utuh), bender atau lomboq (lurus dan jujur), patut (benar), tuhu (sungguh-sungguh), dan trasna (penuh rasa kasih sayang) yang ditopang oleh awiq-awiq adat (aturan/norma) dan sesenggak (ungkapan atau pribahasa) baik yang positif maupun negatif. Namun demikian, keseluruhan nilai kearifan lokal tersebut belum ditransformasi untuk anak didik, akibatnya pembelajaran IPS yang masih cenderung berlangsung monolitik, kurang demokratis, kesan menghafal, dan  tidak kontekstual, membosankan dan tidak optimal. Oleh karenanya, kajian lanjutan pengembangan model penting dilakukan untuk menguji efektivitasnya dalam rangka pengembangan sikap dan perilaku berdemokrasi siswa SMP/ MTs.Kata kunci:   Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal, Sikap dan Prilaku Berdemokrasi
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA KONTEKSTUAL INTERAKTIF BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS Sujanem, Rai; Suwindra, I Nyoman Putu; Tika, I Ketut
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42, No 2 Jul (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.069 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1743

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan (1) Modul Fisika kontekstual interaktif berbasis web, dan (2) pedoman guru tentang penerapan Modul Fisika kontekstual inter-aktif berbasis web untuk kelas I SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pe-ngembangan produk Modul Fisika kontekstual interaktif berbasis web. Pengembangan produk menggunakan desain model Dick dan Carey. Proses pengembangan menggunakan instrumen-instrumen: tes pemahaman konsep, angket fasilitas pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), angket kompetensi guru dan siswa dalam TIK, angket ahli isi, angket ahli media, angket siswa perorangan, angket siswa kelompok kecil, dan angket respon implementasi pada pembelajaran. Instrumen-instrumen tersebut memenuhi persyaratan validitas isi. Studi pendahulu-an melibatkan 440 siswa kelas I SMA di kota Singaraja, 12 orang guru TIK, dan 34 guru Fisika. Proses uji formatif melibatkan 3 ahli isi dan media pembelajaran, 3 ahli desain, 6 siswa perorangan, 12 siswa kelompok kecil, dan 4 orang guru. Uji sumatif melibatkan 60 siswa kelas I SMA. Ana-lisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji- t. Berdasarkan hasil analisis data, ditemu-kan hasil-hasil penelitian seperti berikut. Pertama, telah berhasil dikembangkan (1) enam Modul Fisika kontekstual interaktif berbasis web, dan (2) panduan Guru tentang penerapan Modul Fisika kontekstual interaktif berbasis web. Kedua, hasil evaluasi.Kata kunci : Modul Fisika kontekstual ? interaktif ? web.
PENYUSUNAN BUKU PANDUAN MENGEFEKTIFKAN KALIMAT DALAM KARANGAN ILMIAH DENGAN PENDEKATAN RETORIK Martha, I Nengah
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 44, No 1 (2011): April 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.512 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v44i1.140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku panduan mengefektifkan kalimat dengan menggunakan pendekatan retorik dan pedoman penggunaannya, (2) memperoleh produk akhir buku panduan mengefektifkan kalimat dengan menggunakan pendekatan retorik dan pedoman penggunaannya. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini adalah hasil modifikasi dari model penelitian pengembangan Gall dan Borg yang terdiri dari: define, design, develop, try out, dan dissemination. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dan kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian: (1) telah tersusun panduan mengefektifkan kalimat dengan menggunakan pendekatan retorik dan pedoman penggunaannya, (2) telah diperoleh produk akhir buku panduan mengefektifkan kalimat tidak efektif dengan menggunakan pendekatan retorik dan pedoman penggunaannya. Disarankan, produk akhir ini perlu diuji secara eksternal.Kata-kata Kunci: buku panduan, kalimat efektif, pendekatan retorik
IMPROVING MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS THROUGH THE IMPLEMENTATION OF REASONING AND PROBLEM SOLVING MODEL Suryawan, I Putu Pasek
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 51, No 2 (2018): July 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.862 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v51i2.13966

Abstract

The aim of this classroom action research was to improve the mathematical communication skills of 11th grade IIS students in SMAN 1 Blahbatuh. The subject of this study was 32 11th grade IIS students in SMAN 1 Blahbatuh in academic year 2017/2018. The results showed that the implementation of reasoning and problem solving learning model improved the mathematical communication skills of 11th grade IIS students in SMAN 1 Blahbatuh. The improvement could be seen from the students learning completeness that increased 6,3% from 3,1% in the first cycle became 9,4% in the second cycle and increased to be 78,2% in the third cycle. Besides that, students gave positive responses toward the implementation of reasoning and problem solving learning model with mean score 57,2. The improvement of students? mathematical communication skills happened because of reasoning and problem solving learning model gave emphasis to students through guided-questions in constructing mathematical ideas, gave more opportunities to students in delivering opinion, and gave guidance and motivation to students.
THE APPLICATION OF TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) TO INCREASE STUDENTS’ ACTIVENESS AND LEARNING OUTCOMES Putri, Dewi Siswanti; Mawardi, Mawardi
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 50, No 2 (2017): July 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.165 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v50i2.11652

Abstract

This study was aimed at improving the activeness and learning outcomes of 5th grade students of SDN Jetak 03 Getasan District of Semarang Regency with the application of Teams-Games-Tournament (TGT) model. This study was applied to 5th graders with 18 students as subject and using spiral model from C. Kemmis & Mc Taggart in 2 cycles. Data collection techniques used was test and non-test techniques. Results show that there was an increase from cycle I and cycle II, in both students’ activeness and student learning outcomes. Therefore, TGT model can be used to increase students’ activeness and learning outcomes.
DEVELOPMENT OF SCIENCE LEARNING MEDIA-BASED LOCAL WISDOM BATUI TO IMPROVE CRITICAL THINKING ABILITY Supandi, Muliati; Senam, Senam
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.017 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v52i3.18149

Abstract

The aim of this study was to develop product in the form of a Tumpe Ritual Game for Class VII junior high school students. The research used the research and developement (R & D) method developed by Thiagarajan. The research refers to the 4D model: define, design, develop and disseminate. The result of the study indicates that learning media developed is valid or meet the eligibility criteria. The feasibility category obtained from media experts and also the teacher is highly valid. The implementation of learning media in the classroom can increase students' active participation so that it has an impact on improving critical thinking skill. Gain scores obtained at the pre-test and post-test in the experimental class showed significant differences. The  gain score of experimental class was 0.67 and the control class was 0.54 with the medium category. The effectiveness of learning was done by Manova test with the acquisition of sig values. amounting to 0,000 (<0.05). These condition indicated that the media developed was valid, practical and effective to be used in the process of learning science in class VII SMP.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Adnyani, Ni Ketut Sari
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.736 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i2-3.4863

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi mahasiswa Semester I Jurusan PPKn Undiksha melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada perkuliahan Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I Jurusan PPKn Undiksha Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah mahasiswa 18 orang. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar mahasiswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 4,38 dengan kategori cukup aktif dan 5,86 dengan kategori sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 76,06 dan ketuntasan klasikal 97,22%  serta pada siklus II skor rata-rata hasil belajar mahasiswa 81,41 dan ketuntasan klasikal 100%. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Kata-kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pembelajaran berbasis masalah
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal Bali terhadap Prestasi Menulis Naratif Bahasa Inggris. Piscayanti, Kadek Sonia
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.414 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1829

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh antara proses pembelajaran berbasis sastra terhadap prestasi menulis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun akademik 2010/2011. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling dimana seluruh individu dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel, sehingga didapat dua kelas sampel. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Post-test Only Control Group Design. Hasil post test menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan Pembelajaran Berbasis Sastra Lokal (PBSL) menunjukkan prestasi yang lebih baik dari siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional (PK). Rata-rata kelompok kontrol adalah 78.65 sementara rata-rata kelompok eksperimen adalah 85.65. Ditinjau dari nilai median, kelompok eksperimen juga lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 85, sedangkan kelompok kontrol 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi menulis kelompok eksperimental lebih baik daripada prestasi menulis kelompok kontrol. Dari hasil t-test, didapatkan hasil bahwa tobserved posttest adalah  9.392. Sedangkan nilai tcv pada derajat kebebasan 38 dan signifikansi .05 adalah 1.686. Hal ini berarti bahwa tobserved > tcv. Dengan demikian hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang diajar dengan PBSL dan yang diajar dengan PK. Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis sastra, menulis naratif, prestasi menulis

Page 1 of 32 | Total Record : 316