cover
Contact Name
Syaiful
Contact Email
-
Phone
+6281282738786
Journal Mail Official
jrs.astonjadro@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Gedung Ir. Prijono Hardjosentono Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar KM 2 Kedung Badak Tanah Sareal Kota Bogor 16161
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
ASTONJADRO (Aspal, Beton, Baja, Hidro) Jurnal Rekayasa Sipil
ISSN : 23024240     EISSN : 26552086     DOI : http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro
Core Subject : Engineering,
Astonjadro: Jurnal Rekayasa Sipil adalah jurnal ilmiah dibidang teknik sipil p-ISSN : 2302-4240 dan e-ISSN : 2655-2086. Jurnal Rekayasa Sipil Astonjadro diterbitkan untuk mengapresiasi dan memberikan informasi ilmiah bagi peneliti, dosen serta para profesional. termasuk dalamnya pengembangan model dan konsep penelitian yang mengacu secara berkesinambungan. Jurnal Astonjadro diterbitkan oleh Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Articles 125 Documents
ANALISIS PEMAKAIAN METODE EARNED VALUE SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PROYEK Anwar, Syaiful; Ida Hayati, Noor
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v2i2.795

Abstract

ANALISIS PEMAKAIAN METODE EARNED VALUE SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN PROYEK). Hasil analisis yang dilakukan pada proyek pembangunan gedung Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, nilai yang diperoleh untuk analisis varians biaya dan varians jadwal adalah positif artinya biaya produksi proyek lebih kecil dari rencana anggaran biaya dan jadwal pelaksanaan lebih cepat dari jadwal rencana, sedangkan nilai yang diperoleh pada analisis indeks kinerja biaya dan jadwal yaitu lebih dari satu, artinya efisiensi sumber daya yang digunakan cukup baik, untuk analisis prakiraan biaya proyek sampai dengan bulan Juli diperoleh nilai Rp 4.390.315.126,91. Indikasi yang menerangkan bahwa metode earned value cukup efektif untuk mengetahui varians biaya dan jadwal dalam pelaksanaan proyek, efektifitas yang dimaksud disini adalah, dengan menggunakan metode earned value, dapat diketahui besarnya nilai varians tersebut.
ANALISIS BIAYA DAN WAKTU METODE RETROFITTING PADA STRUKTUR BANGUNAN DUA LANTAI (Studi Kasus: SDN Cikaret 01 Kabupaten Bogor) Lutfi, Muhamad; Juniansyah, Putra Firman
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 6, No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v6i1.2258

Abstract

EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN RUAS JALAN TEGAR BERIMAN KABUPATEN BOGOR Triyanto, Triyanto; Syaiful, Syaiful; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v8i2.2628

Abstract

Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan satu tahapan untuk menentukan jenis program ravaluasi yang perlu dilakukan. Metode yang digunakan salah satunya adalah metode Pavement Condition Index. Penilaian ini bertujian untuk memperoleh hasil evaluasi nilai perkerasan nilai perkerasan dan rencana tindak lanjut yang akan diambil. Data yang diperoleh dari data sekunder jenis jalan, peta lokasi dan untuk data primer hasil survei kusakan, urutan pengolahan data dimulai dari memutuskan jenis kerusakan, tingkat kerusakan, Penilaian Kondisi Kerusakan, dan Klasifiksi Kualitas Kerusakan, indeks nilai PCI terdiri dari 0 sampai 100. Hasil evaluasi kondisi ruas Jalan Tegar Beriman Lajur cepat dan lambat adalah untuk lajur lambat memiliki tingkat kerusakan dengan nilai PCI  yang lebih rendah dengan ratting 71,8 (verry good) dan lajur cepat 81,4 (verry good) Dari hasi ratting tersebut berarti lajur lambat memiliki tingkat keruskan yang lebih tinggi. Rencana tindak lanjut yang diperoleh untuk menanggulangi jenis kerusakan yang dominan yaitu penambalan diseluruh kedalaman, penutupan retakan dan pembongkaran.
KAJIAN TENTANG KAPASITAS, KECEPATAN, DAN TUNDAAN PADA RUAS JALAN PERKOTAAN DENGAN ADANYA BUKAAN MEDIAN Arif, Januar; Susanto Haryadi, Eri; Rulhendri, Rulhendri
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v1i1.780

Abstract

Kemacetan yang sering terjadi di jalan raya merupakan salah satu konsekuensi logis dari gejala bergesernya keseimbangan antara armada kendaraan dengan ketersediaan pelayanan pergerakan yang ada. Fasilitas bukaan median (U-turn) yang merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mengakibatkan terjadinya tundaan yang dapat menyebabkan menurunnya kecepatan sehingga waktu tempuh kendaraan akanlebih lama dan jarak yang dapat ditempuh oleh kendaraan pun menjadi lebih pendek dibandingkan dengan waktu tempuh kendaraan pada kondisi normal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis kapasitas, kecepatan, dan tundaan pada jalan perkotaan dengan adanya bukaanmedian. Data diambil dari Jalan Pajajaran Bogor, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Dari hasil analisis diketahui bahwa faktor bukaan median tidak mempengaruhi besaran/nilai kapasitas Jalan Pajajaran, sedangkan pada kecepatan, faktor bukaan median cukup mempengaruhi waktu perjalanan yang diambil pada saat pengambilandata, hal ini ditunjukkan dengan adanya tundaan yang disebabkan oleh terjadinya titik konflik danperlambatan/ tundaan di daerah bukaan median.
STUDI BANDING TEGANGAN AKTUAL DENGAN TEGANGAN EKUIVALEN PADA STRUKTUR BETON Suhendar, Suhendar; Chayati, Nurul
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v3i1.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan tegangan aktual dan tegangan ekuivalen padaperhitungan besaran kapasitas balok dengan program MATLAB. Dan dari hasil penelitian diperoleh nilai persentase perbandingan yang cukup kecil antara 0,65 % sampai dengan 1,27 % untuk mutu baja 240 MPa sedangkan mutu baja 400 MPa sebesar 1,03% sampai dengan 2,16 %. Sehingga tegangan ekuivalen layak digunakan sebagai pendekatan tegangan aktual karena hasil persentasekapasitas balok yang didapat tidak terlalu jauh.
STUDY OF GENERATION AND ATTRACTION OF TRIPS IN THE BOGOR DISTRICT Daagustani, Muhammad; Murtedjo, Tedy
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i2.2631

Abstract

Pamijahan District has 15 villages with an area of 80.83 km2, Leuwiliang District has 13 villages with an area of 61.51 km2, Leuwisadeng District which has 8 villages with an area of 34 km2. The increase in population growth and development in the region has also increased the movement of traffic flow into and out of the area, causing several problems especially in reducing the performance of road sections that cause traffic congestion on road sections. This study aims to create a model of the generation and attraction generated by land uses such as the Education Building, Industrial Estate, Hospital, Traditional Market and Supermarket. Located in the three districts. Data processing is done by calculating the method of transportation analysis using MKJI 2017. Then using (Trip Generation Manual) and then modeled in (Saturn Software). The number of Stitches and Pulls in the area studied was obtained a figure of 89,109 trips / hour. With the level of road services with a range of B to F. Then the design of transportation modeling equations in Pamijahan, Leuwiliang and Leuwisadeng districts is Y = 486,678 + 0.707. (X). This proves that if there is no improvement and improvement of road network infrastructure, and efforts to procure an adequate road-based mass public transport system, it will add to the decline in performance of road segments in the region in the future.
ANALISIS POTENSI BANGKITAN DAN TARIKAN (Studi Kasus pada Stasiun LRT Kedunghalang Kota Bogor) Dwi, Aristian Putra; Murtejo, Tedy
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v6i2.2267

Abstract

ANALISIS PERBANDINGAN PEMAKAIAN BAJA KANAL DAN BAJA SIKU STRUKTUR JEMBATAN PIPA AIR Ahmad, Zaprulloh; Chayati, Nurul; Ida Hayati, Noor
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v4i1.819

Abstract

Efisiensi perancangan jembatan rangka baja salah satunya dipengaruhi oleh pemilihan jenis profil yang digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan Studi kasus pada pembuatan jembatan pipa air PDAM lokasi jembatan Situ duit Warung Jambu Bogor, dengan membandingkan pemakaian profil siku dengan profil kanal. Perancangan ini didasarkan atas peraturan pembebanan SNI 03-1727-1989, Tata cara perencanaan struktur baja SNI 03-1729-2002.Dari hasil analisis diketahui bahwa struktur rangka jembatan dengan profil siku maupun kanal sama-sama aman, karena kapasitas masing-masing profil memenuhi kekuatan, namun demikian jika dilihat dari berat jembatan rangka baja siku lebih besar dari pada jembatan rangka baja kanal.
ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF BUS SERVICES OUTSIDE OF CAMPUS IPB DRAMAGA BOGOR Syaiful, Syaiful; Fadly, Ahmad
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 9, No 2 (2020)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v9i2.3597

Abstract

IPB Dramaga Bogor's Off-Campus Bus is one of the transportation programs to support IPB's civitas activities. IPB's Off-Campus Bus Program is also one of the supporting programs of IPB's green campus in 2020 Based on IPB Rector's Decree Number 205 / IT3 / LK / 2015 concerning the implementation of the green movement campus 2020 in the IPB environment, one of which is green transportation. Purpose To get a calculation of the effectiveness of bus services outside the Dramaga IPB route Jl.Raya Sukasari, Jl.Raya KH Sholeh Iskandar and Jalan Pancasan ciapus in the year Conducting an analysis of the effectiveness of off-campus bus services in Dramaga IPB using the Likert scale method. The limitation of this research problem includes security , safety, comfort, affordability, equality and order. The method used in this study is the linkert scale. Based on the results of the discussion with the Likert scale method the results obtained in the form of a presentation score answer variable bus transportation services outside the campus Dramaga IPB of 67.87% and included in the class interval 60% -79.99% which means it is included in the Good category.
ANALISIS DAMPAK LALULINTAS PEMBANGUNAN APARTEMENT MBR DISTASIUN PALEDANG Prasetyo, Widi Hadi; Murtedjo, Tedy
ASTONJADRO: JURNAL REKAYASA SIPIL Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/astonjadro.v7i2.2279

Abstract

Page 1 of 13 | Total Record : 125