cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
INOVA-TIF
ISSN : 26545535     EISSN : 26545519     DOI : -
Core Subject : Science,
Article published in INOVA-TIF includes the results of research in the field of Informatics Engineering in general with a focus but not limited to: Information System, Software Engineering, Net-centric Computing, and Geo-Informatics.
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Siswa Baru Berbasis Website (Studi Kasus di Smk Tri Dharma 1 Kota Bogor) Rosadi, Hadi; S.kom. M.kom, Jejen Jaenudin; S.kom M.kom, Fety Fatimah
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.171 KB)

Abstract

Perkembangan Teknologi dan sistem Informasi saat ini sedang dalam tahap pembangunan yang sangat siginifikan. Dimana perkembangan teknologi mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi yang semakin pesat, khususnya lembaga pendidikan harus menerapkan sistem komputerisasi sebagai sarana yangpaling utama dalam menangani suatu masalah yang dihadapi dalam sebuah pekerjaan. Semakin tinggi tingkat ketelitian dalam pengolahan data, semakin tinggi pula tingkat keefisienan dan keefektifan informasi yang dihasilkan. SMK Tri Dharma 1 Kota Bogor merupakan sekolah menengah kejuruan, setiap tahun menerima siswa siswi baru namun selama ini pengelolaan data siswa siswi masih bersifat manual tanpa menggunakan sistem secara online dalam hal pendaftarandan penginformasian tentang sekolah di smk tri dharma 1 bogor. Maka diperlukan sebuah suatu sistem berbasis website yang terkomputerisasi untuk pengolahan siswa baru disekolah, dimana nantinya sistem dapat membantu dalam hal pengelolaan data siswa baru, data guru, informasi tentang sekolah, kegiatan sekolah serta pendaftaran.
Implementasi Augmented Reality Labs Tour Prodi TI dengan metode Marker Based Tracking berbasis Android ., Suprapto; M.Kom, Safaruddin H. Al Ikhsan.,S.Kom,; M.Kom, Fitrah Satrya Fajar Kusumah.,S.Kom,
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.596 KB)

Abstract

Augmented Reality(AR) bertujuan untuk menggembangkan teknologi dengan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer di dunia nyata.Perkembangan AR saat ini sudah sangat berkembang dalam berbagai bidang, tetapi masih saja dalam pengembangannya masih minim, karena hal tersebut didapatkanlah ide untuk membuat suatu hal yang berbeda dengan menggunakan teknologi AR tersebut. Menggabungkan sebuahkunjungan lokasi ke suatu tempat dengan teknologi AR, adalah suatu hal yang jarang ditemui karenannya akan menjadi suatu hal yang menarik. Metode yang digunakan menggunakan metode marker based traking untuk menampilkan objek gambar yang akan dikunjungi, dengan demikian jika kita orang lain ingin melakukan kunjungan lokasi kita tidak perlu langsung berkunjung ke lokasi tersebut cukup membawa marker yang sudah ada maka sudah terwakili. Dengan demikiansebuah kunjungan lokasi dapat dipermudah karena hanya cukup dengan membawa marker.
Sistem Point Of Sales (P.O.S) Untuk Kasir Studi Kasus Indonesian Food “AA” Susilo, Eq Aliffauzi
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.888 KB)

Abstract

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi atau sistem ekonomi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan mendapatkan laba. Dalam ekonomi kapitalis, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Cara pemilik dari sebuah bisnis untuk mendapatkan laba yang mereka inginkan tergantung dari waktu, usaha atau kapital yang mereka berikan. Seiring perkembangan dari tahun ke tahun kebutuhan kegiatan dalam bisnis itu sendiri memerlukan suatu sistem yang dapat menyediakan informasi secara tepat dan cepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di Indonesian Food “AA” yang memiliki kendala dalam proses bisnisnya, dimana pemilik harus melakukan sendiri pembukuan untuk merekap secara manual. Sedangkan proses bisnisnya terjadi ketidak-efisienan dalam segi pelemparan informasi makanan antara kasir dan pekerja dapur. Oleh karena itu pada penelitian bertujuan untukmembangun suatu sistem informasi Pont Of Sales (POS). Bertujuan agar pemilik dapat melihat informasi secara real time akurat tanpa harus membuat pembukuan yang memakan banyak waktu. Sistem POS ini dibangun menggunakan metode Waterfall, perancangan sistem POS ini menggunakan Data Flow Diagram (DFD) untuk mengambarkan proses-proses yang terjadi pada sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dan MySQL sebagai data base.Dengan adanya sistem informasi yang tepat diharapkan dapat meminimalisir kesalahan sehingga keuntungan maupun kerugian dapat diketahui secara tepat dan membantu tugas-tugas pihak terkait yang berhubungan langsung dengan aplikasi POS ini.
ANALISIS WEIGHTED MEAN CENTER LOKASI KANTOR DESA DI KECAMATAN AIKMAL BERBASIS WEBGIS STUDI KASUS KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT ., Ocky; M. Sc, Dr. Budi Susetyo, Ir. ,; M. Sc, Erwin Hermawan.
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.369 KB)

Abstract

Bangunan Fasilitas Umum ialah Bangunan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk kepentingan bersama dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Bangunan ini dikhususkan untuk masyarakat agar dapat melakukan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Kebutuhan fasilitas umum sangat penting di daerah ini, dikarenakandaerah ini merupakan daerah perkotaan yang tidak lepas dari sumber daya air dari danau segara anak yang terdapat di kawah gunung rinjani. Pemerataan berkenaan fasilitas umum belum memadai sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian yang bersangkutan dengan bangunan fasilitas umum menggunakan metode Weighted Mean Center berbasis webgis, adapun tujuan penelitian meliputi: (1) Menganalisis sebaran bangunan Kantor Desa di kecamatan Aikmel Timur(2) Menentukan lokasi titik bangunan Kantor Desa dengan menggunakan Metode statistic Weighted Mean Center. observasi mencakup koordinat lokasi Kantor Desa yang tersebar di beberapa wilayah di Kecamatan Aikmel. Analysis Weighted Mean Center dapat melakukan deteksi lokasi titik Center Di area yang ingin dilakukan analisis tersebut. Perancangan Sistem yang digunakan ialah metode Waterfall yang meliputi Tahap Analisis, Tahap Desain, Tahap Implementasi danTesting,Tahap Pengujian Sistem, Tahap Pengoperasian dan Pemeliharaan.Kesimpulan yang di ambil dari penilitan ini adalah : (1) Sebaran Bangunan Kantor Desa terdapat 15 lokasi Titik Kantor Desa yang dapat ditemukan di berbagai daerah Di Kecamatan Aikmel Timur (2) Sistem Informasi Geografi yang dibangun menggunakan Contributor Leaflet yang bertumpang data foto udara dengan menggunakan Open Street Map,Google Earth dan Terrain. Sistem Informasi Geografis digunakan untuk Administrator, Masyarakat dan Pengguna Umum (3) Akurasi lokasi titik Bangunan Kantor Desa terdapat beberapa Varian Diantaranya sebaran Kantor Desa ada yang tidak mencangkup Buffer Jarak dari titik Point ke titik bangunan Kantor Desa yang ada di dalam Buffer adalah 900Meters/ 1.611,022462Meters
PENGEMBANGAN GAME “SHINBORU” UNTUK SOSIALISASI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID Hafizh, Abdul; S.Kom, M.Kom, Fitrah Satri; Laxmi, Ghibta Fitri
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.421 KB)

Abstract

Sosialisasi rambu-rambu lalu-lintas telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak dan berbagaimedia. Salah satu sosialisasinya adalah melalui perangkat smartphone yang tahun ini terusmeningkat adalah aplikasi Shinboru yang diteliti oleh Awaludin. Aplikasi Game Shinboru yang sudah disosialisasikan mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya adalah tidak adanya save session dan penilaian skor. Penelitian ini bertujuan untuk menutupi kekurangan yang ada padaaplikasi guna menyimpan record skor aplikasi Shinboru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan sistem waterfall yan terdiri dari analisis, desain interface, implementasi dan pengujian.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY BERBASIS WEB (Studi Kasus PT. HANDAL GUNA SARANA) Rukmana, Indra; Fajri, Hersanto; Jaenudin, Jejen
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.115 KB)

Abstract

PT. Handal Guna Sarana merupakan perusahaan logistik dan transportasi. Pada perusahaan ini sistem yang sedang berjalan hanya menggunakan buku besar dan Microsoft Excel dalam pencatatan data persediaan barang. Dengan sistem yang berjalan ini sering terjadi kesalahan Seperti tidak sesuai jumlah persediaan barang di buku besar dengan jumlah barang di gudang. maka diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi dengan baik yang bisa membantu mengelola persediaan barang yang ada. Perancangan sistem akan di mulai dari staff gudang yang telah mengecek persediaan barang, jika ada barang yang akan habis maka staff gudang akan membuat surat permohonan pembelian dan staff purchasing akan membeli barangyang dibutuhkan kepada supplier. Metode perancangan yang digunakan adalah UMLyang merupakan alat bantu dalam pengembangan sistem berbasis web. Dengandemikian sistem ini memudahkan staff dalam melakukan penginputan data penggunaan, pembelian, dan pembuatan laporan persediaan barang.
APLIKASI PERENCANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BERBASIS ANDROID Hermansyah, Adithia; Fatimah, Fety; Primasari, Dewi
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.117 KB)

Abstract

Pada hakikatnya masalah yang paling umum dihadapi saat sudah berkeluarga salah satunya adalah masalah pengelolaan keuangan keluarga. Pengelolaan keuangan keluarga sangat penting bagi kesejahteraan setiap individu dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya pengelolaan keuangan keluarga adalah pengelolaan dengan mengatur skala prioritas dan merencanakan anggaran pengeluaran keuangan keluarga yang berorientasi kepada kebutuhan(need) dan mendahulukan manfaat (utility) serta berusaha mengurangi keinginan yang berlebihan. Berkembangnya teknologi dan informasi dapat digunakan untuk mendukung kebijakan dalam membentuk keluarga yang sejahtera khususnya dalam mengelola keuangan secara baik dan cermat. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga berbasis android yang dapat membantu dalam mengatur mengelola keuangan keluarga. Metodologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah SDLC (SystemDevelopment Life Cycle) dan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language). Pada proses pembuatan aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga dirancang dengan software menggunakan android studio dan penyimpanan data menggunakan SQLite. Hasil dari penelitian ini aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga memiliki menu yangdibutuhkan melakukan pengelolaan keuangan keluarga diantaranya terdapat menu pemasukan, menu pengeluaran, menu anggaran pengeluaran, menu mutasi, menu laporan dan menu evaluasi.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENCARIAN WISATA KULINER KOTA BOGOR BERBASIS RANGE HARGA DAN METODE LBS (LOCATION BASE SERVISE) PADA ANDROID Ahmad, Masrur; S.Kom, M.Kom, Safaruddin Hidayat Al- Ikhsan; M.Kom, Fitrah Satri S.Kom,
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.566 KB)

Abstract

Minat penduduk terhadap kuliner kian hari semakin tinggi begitu juga dengan perkembangan aplikasi pada smartphone, sehingga muncul pengembangan aplikasi untuk mencari tempat kuliner berdasarkan harga dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mempermudah konsumen menemukan informasi tempat kuliner sesuai dengan budget dengan meggunakanteknologi GPS pada samartphone. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall yang terdiri atas analisis, observasi, implementasi dan testing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat membantu konsumen menemukan informasi tempat kuliner yang sesuai dengan budget.
Rancang Bangun Sistem Informasi SMS Gateway Dengan Metode SDLC di KSPPS Baytul Ikhtiar Bogor Fauzan, Muhammad Aiman
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.471 KB)

Abstract

KSPPS Baytul Ikhtiar Bogor merupakan lembaga keuangan syariah yang bergerak dibidang simpan pinjam dengan sasaran UMKM. Arus informasi yang keluar maupun masuk ke lembaga begitu banyak dan beragam. Seperti informasi data anggota, informasi keuangan anggota, sampai ke informasi pengaduan anggota. Anggota lembaga itu sendiri terdiri dari kalangan ibu– ibu yang berkeinginan memiliki penghasilan atau memiliki keterampilan yang terbatas padapembiayaan. Maka dari itu, informasi – informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh anggota untuk melancarkan kegiatan – kegiatan kelembagaan. Akan tetapi kendala dilapangan, informasi terhambat oleh panjangnya proses birokrasi, juga terhambat dengan sarana dan prasarana yang ada, seperti contoh anggota yang belum begitu mengenal internet. Dengan sistem SMS Gateway ini, diharapkan informasi yang sangat dibuthkan oleh anggota maupun lembaga dapat tersalurdengan cepat dan aman. Perancangan dari sistem SMS Gateway menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model OOP (Object Oriented Programming) merupakan langkah yang sesuai dengan kondisi dilapangan. Dengan metode SDLC yang berawal dari langkah perencanaan yang berlanjut pada analisa, data hasil yang didapat sesuai dengan kondisi lapangan yang kemudian akan diolah pada langkah desain sistem dengan dibentuk sedemikian rupa menjadi sistem yang dibutuhkan. Pada langkah tersebut diterapkan model penulisan OOP. Dan langkah terakhir pada metode SDLC yaitu maintainence merupakan langkah penerapan dan perawatan sistem. Hasil akhir yang diharapkan yaitu anggota maupun lembaga tidak terkendala dengan arus informasi yang dibutuhkan dengan sistem informasi SMS Gateway.
APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) Alghifari, R.Muhammad Abudzar
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.417 KB)

Abstract

Pemilihan pegawai terbaik pada suatu perusahaan merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menilai kualitas kinerja pegawai. PD.Pandji Mukti merupakan suatu perusahaan yang memproduksi bumbu masak berbahan dasar dari kacang kedelai, perusahaan ini belum menerapkan penilaian pegawai secara sistematis yang menyebabkan belum optimalnya penilaian terhadap pegawai untuk pemilihan pegawai terbaik. Oleh karena itu diperlukannya manajemen sumber daya manusia untuk pemilihan pegawai terbaik agar memacu semangat pegawai meningkatkan operasional, dedikasi dan kineranya di perusahaan tersebut sehinga menjadi lebihbaik, yaitu dengan membuat sistem pendukung keputusan dalam memilih pegawai terbaik dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternative pilihan berdasarkan kritria yang telah ditetapkan. Hasil dari perhitungan dengan metode AHP yaitu urutan tingkat kepentingan kriteria dan rekomendasi pegawai terbaik.

Page 1 of 4 | Total Record : 38