cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 180 Documents
PELATIHAN PENDAMPINGAN DAN PEMASARAN BERBASIS TOKO ONLINE BAGI UKM HERBAL SARI SEHAT MULTIFARM, TEGALWARU CIAMPEA KABUPATEN BOGOR Hukama, La Diadhan; Simon, Zainal Zawir
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.796 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12542

Abstract

Saat ini terjadi perpindahan perilaku konsumen, salah satunya dari offline ke online. Beberapa pelaku bisnis offline terlihat cepat bergerak ke online. Namun Beberapa yang lain terlihat berdiam diri dan lamban merespon perubahan ini termasuk UMKM. Dalam rangka merespon perubahan tersebut, tim pengabdian maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) menginisiasi pembuatan toko online melalui pembuatan website, pelatihan dan pendampingan pengelolaan website UKM Herbal Sari Sehat Multifarm. Tujuan dari pelaksanaan P2M ini adalah membantu membuat toko online dengan membuat website UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm. hasil kegiatan pengabdian masarakat ini adalah terbentuknya toko online UKM Herbal Sari Sehat Multi Farm yang bernama herbalmultifarm.wordpress.com
PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI GURU-GURU SD GUGUS 6 KECAMATAN BATURITI Suharta, I Gusti Putu; Sudiarta, I Gst Putu; Astawa, I Wayan Puja; Sariyasa, Sariyasa
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 3 (2017): November 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.273 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i3.12842

Abstract

Sekolah Dasar No. 1, No. 2, No.3, dan No. 4 Candikuning Kecamatan Baturiti merupakan sekolah-sekolah yang berada di bawah Gugus 6.  Permasalahan guru-guru di Gugus 6 yang perlu memperoleh perhatian dan penanganan adalah berkaitan dengan guru kelas I – III, yaitu : (1) membuat rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada pengertian, dan (2) mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa . Untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para guru SD kelas I – III Gugus 6 Kecamatan Baturiti, ditawarkan pemecahan melalui penyelenggaraan pelatihan dan pedampingan. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika realistic, dan (2) pengembangan media pembelajaran yang menarik dan akrab dngan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa : (1) secara umum guru telah membuat rencana (lintasan pembelajaran) cukup  dalam arti ada relevansi dan konsistensi masing-masing komponen dari lindasan pembelajaran, tetapi uraian aktivitas dan dugaan respon siswa belum maksimal, (2) pengembangan media pembelajaran, media yang dikembangkan dirasakan sangat bermanfaat., (3) pembelajaran matematika realistik merupakan sesuatu yang baru, sehingga guru merasakan mendapatkan pengetahuan baru untuk mengajarkan matematika di SD, dan (4) guru merasakan pelatihan ini sangat bermanfaat dan merasa senang untuk mengikuti pelatihan. Semua peserta menyarankan pelatihan semacam ini agar sering diadakan.
Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Cost Of Goods Sold untuk Menentukan Harga Jual Produk pada Usaha Tenun di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Purnamawati, I Gusti Ayu; Yuniarta, Gede Adi; Diatmika, I Putu Gede
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.987 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i1.13682

Abstract

In general, community service program aims to provide training and assistance for the preparation of Cost Of Goods Sold (Cost of Production) to Determine the Price of Selling Products on Traditional Weavers Business in Sidemen District, Karangasem Regency. The method used in this activity is the direct practice method. The material provided during the training and assistance includes: (1) the importance of bookkeeping and the benefits of its use in running the business; (2) how to calculate the cost of production for the product; (3) cost information required in controlling production costs. The result of the activity shows that: after the training activity is done, the craftsman community's skill starts to increase by 80%. Most have been able to calculate the cost of production and determine the selling price correctly.
Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan Perilaku Etis Siswa Berbasis Model Pembelajaran OIDDE Husamah, Husamah; Hudha, Atok Miftachul; Pantiwati, Yuni
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 2 (2018): May 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.495 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i2.14185

Abstract

Based on the priority problem, we need an effective and appropriate solution to develop the students’ ethical behaviour of state junior high school 8 of Malang (SJHS/SMPN 8). This article aims to describe the implementation teacher mentoring activities in developing students' ethical behavior based on OIDDE learning model. The subject in this devotion were teachers, which consists of master teachers amounted to 10 people and other teachers amounted to 46 people. The activity was held for 8 months. In addressing the problems faced by partner schools, work procedures and methods of implementation of community development program that have been discussed and agreed with both partner schools, FGDs, workshops, direct practice, dissemination, and evaluation. The programs has been conducted, with activities in the form of: equation of perception, OIDDE learning workshop (speech by headmaster, exposure of executing chairman, essentials concepts (active learning development, character, authentic assessment), OIDDE model and examples, discussions, mentoring of learning tools, open class, and evaluation.
Online Business Training To Teenagers "Shelter Rumah Hati " For Ex-Prisoners Tri Prasasti, Pinkan Amita
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 3 (2018): Agusts 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i3.14447

Abstract

AbstractCommunity service team of Teachers Elementary School Education of PGRI University Madiun has conducted Online Business Training to Children and Youth Shelter Rumah Hati in Jombang. Shelter Rumah Hati is a place for ex-narapida children who have just come out of prisons and given mentoring there. The purpose of community service is: 1) To give knowledge about how to do business online to former inmates in Jombang House of the Heart, so they can open the job for themselves or others. 2) To provide assistance to children and adolescents who are in Shelter Rumah Hati Jombang. 3) To provide online-based skills to children and adolescents at Jombang Home Shelter. This training activity begins by meeting the shelter to seek permission to conduct online business training activities. We further deliver general material submissions on online business using lecture methods. After the delivery of materials, conducted activities of business practices online. After practice the way of our online business do mentoring process. The results of the training show that children and adolescents who are in Shelter Rumah Hati have a very high interest in online business, this can be seen from the questionnaire that we distributed to the children and adolescents there, they fill the satisfaction questionnaire with the value of the conversion of 87.8 means very good. Evaluation results related to the effectiveness of training also increased based on the N-Hake criteria with a value of 0.74 which means very good. Online Business Training at Jombang House Shelter in children and teenagers can be summed up that are interested and have the potential to open an online business.
Implementasi PKM Kelompok Petani Organik di Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang yang Menghadapi Masalah Fungisida Budiyanto, Moch. Agus Krisno; Muizzudin, Muizzudin; Husamah, Husamah; Permana, Fendy Hardian
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 3 (2018): August 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.796 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i3.14529

Abstract

Petani yang menerapkan pertanian organik masih mengalami permasalahan terkait pengetahuan tentang pembuatan dan penggunaan fungisida organik, sehingga perlu dilakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM ini bertujuan memberikan pendampingan kepada mitra sehingga terjadi perbaikan dalam hal, (1) penguasaan metode pembuatan fungisida organik anggota kelompok petani organik yang menjadi mitra dan (2) menguasai metode penggunaan fungisida organik anggota kelompok petani organik yang menjadi mitra. Mitra PKM adalah Kelompok Tani Sumber Urip-I dan Kelompok Tani Sumber Urip-II, Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan PKM terdiri dari 2 kegiatan utama, yaitu sebagai berikut: 1) Pelatihan pembuatan fungisida organik dari bahan baku lokal dan 2) Pelatihan dan pendampingan penggunaan fungisida organik. Melalui serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan, maka: 1) semua anggota (100%) mitra PKM telah menguasai metode pembuatan fungisida organik dan 2) semua anggota (100%) mitra PKM telah menguasai penggunaan dan mampu meningkatkan produksi fungisida organik.
Pembuatan Akarisida Organik di Kelompok Tani Sumber Urip-1 Desa Wonorejo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Krisno Budiyanto, Moch. Agus; Waluyo, Lud; Rahadjanto, Abdulkadir
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 1 (2020): February 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i1.19660

Abstract

Farmers who apply organic farming still have problems related to the knowledge about the making and use of organic acaricide, so it is necessary to conduct Community Partnership Program (Pengabdian kepada Masyarakat/PkM). PkM aims to provide assistance to partners so that there are improvements in terms of, (1) mastery of organic acaricide production methods of members of organic farmer groups who become partners and (2) master the method of using organic acaricide members of organic farmers who become partners. PkM's partners are Sumber Urip-I Farmers Group Wonorejo Village, Poncokusumo Sub-district, Malang Regency. PkM implementation method consists of 2 main activities, as follows: 1) Training of organic acaricide manufacture from local raw materials and 2) Training and mentoring the use of organic acaricides. Through a series of training and mentoring activities: 1) all members (100%) of PkM partners have mastered organic acaricide making methods and 2) all members (100%) of PkM partners have mastered the use and are able to increase organic acaricide production.
Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng Agustiana, I Gusti Ayu Tri; Tika, I Nyoman; Wibawa, I Made Citra
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 2 (2018): May 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.607 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah 1) memperkenalkan sistem Mendeley, 2) memberikan pelatihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran referensi, 3) memberikan pelatihan penyusunan daftar isi, 4) mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pelatihan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan (workshop) yakni, pemberiaan wawasan tata tulis daftar pustaka dan daftar isi, diskusi tentang sistem Mendelay, latihan penyusunan daftar pustaka dan penelusuran daftar pustaka, selanjutnya dilakukan pendampingan. Jumlah peserta sebanyak 26 orang dosen swasta se kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Kampus STIKES Buleleng. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan. Respon peserta diukur dengan menggunakan kuisioner diakhir pelatihan. Peserta mengatakan bahwa materi yang dibahas dalam pelatihan mengatakan 76,1 % sangat penting, dan 23,9% penting. Kondisi ini menunjukkan bahwa materi ini memang tepat sasaran dan berguna bagi khalayak sasaran. Para narasumber menyampaikan materi 42% menyatakan sangat baik dan 58 % baik. Selain itu, respon peserta terhadap waktu pelatihan, peserta 39,0% menyatakan sangat perlu, 54% perlu, dan 7% mengatakan cukup dengan waktu yang tersedia.
Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII AK Melalui Bimbingan dan Pelatihan Akuntansi dan Pajak di SMK Dharma Widya, Desa/Kecamatan Neglasari, Tangerang-Banten Effendi, Bahtiar
International Journal of Community Service Learning Vol 2, No 4 (2018): November 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.664 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v2i4.14635

Abstract

SMK Dharma Widya, Neglasari, Tangerang-Banten yang dipimpin oleh Triwidi Pantoro meminta agar dosen prodi S1 Akuntansi Universitas Matana dapat memberikan bimbingan dan pelatihan akuntansi bagi siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang setengah semester lalu guru pembina (kaprodi akuntansi) telah resign dan kegiatan pembelajaran di kelas tersebut kurang maksimal dengan keterbatasan dewan guru yang mendalami akuntansi. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah analisis deskriptif dengan menganalisa kondisi situasi materi yang diajarkan dan membuat pola pembelajaran materi yang perlu diperdalam melalui bimbingan dan pelatihan melalui dua tahap yakni pemahaman dan implementasi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keberhasilan proses bimbingan dan pelatihan akuntansi dan pajak dengan peningkatan pemahaman siswa kelas XII konsentrasi akuntansi yang dibuktikan melalui pre test dan post test materi akuntansi dan pajak, selain itu terdapat peningkatan semangat optimis  dan percaya diri dari siswa kelas XII konsentrasi akuntansi dalam menghadapi UAS tahun 2018 ini.Keywords: Prodi akuntansi,universitas matana, pengabdian masyarakat, bimbingan dan pelatihan, pemahaman siswa 
PELATIHAN KETERAMPILAN 4M (MENATA, MENYIMPAN, MEMPERSIAPKAN, DAN MEMODIFIKASI) ALAT/BAHAN PRAKTIKUM BAGI GURU-GURU IPA DAN LABORAN SMP DI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG Subamia, I Dewa Putu; Wahyuni, I. G. A. N. Sri; Widiasih, Ni Nyoman
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.489 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i1.11894

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) dalam bentuk Pelatihan Keterampilan 4M (Menata, Menyimpan, Mempersiapkan, dan Memodifikasi) Alat/Bahan Praktikum Bagi Guru-Guru IPA dan Laboran SMP di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan Guru IPA (Pengelola Laboratorium) dan Laboran IPA SMP untuk menata, menyimpan, mempersiapkan, dan memodifikasi alat/bahan praktikum dalam rangka mendukung pembelajaran IPA. Evaluasi kegiatan ini dilakukan terhadap proses dan produk kegiatan. Evaluasi proses berkaitan dengan kehadiran peserta, semangat mengikuti kegiatan, dan kerja sama. Evaluasi proses dilakukan terhadap aktivitas peserta selama kegiatan berlangsung. Evaluasi produk dilakukan terhadap hasil karya praktek (berupa modifikasi alat praktikum) IPA dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar dan uji kelayakan produk. Penskoran dilakukan dengan skala Likert (dengan bantuan rubrik penilaian) dan dianalisis secara deskriptif.

Page 1 of 18 | Total Record : 180