cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 02163241     EISSN : 25410652     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, Vocational (Culinary, Fashion, Beauty and Tourism), Mechanical Engineering as well as learning. The incoming Article is are double blind peer-reviewed by at least two referees, and plagiarism checking will be carried out. JPTK is managed by issued twice a year i.e. in January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 169 Documents
OPTIMASI PENGGUNAAN SELACTION UNTUK PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK Desnanjaya, I Gusti Made Ngurah; Pranata, I Wayan Dani
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.21914

Abstract

Penggunaan energi listrik secara efisien masih kurang dilakukan, dikarena masih sering dijumpai pemakaian energi yang tidak efisien. Setengah dari pemakaian penggunaan energi listrik di rumah dan di bangunan gedung perkuliahan atau perkantoran terdapat pada AC. Untuk mensukseskan efisien energi secara keseluruhan perlu dilakukan dukungan perilaku, kebiasaan, dan kesadaran umum tentang penghematan energi ini perlu dilakukan. Maka dilakukan penelitian dengan  menggunakan sistem control SELACTION (safety energi listrik air conditioning) automatis yang dapat merespon pergerakan dan panas tubuh manusia. Sensor Passive Infrared Receiver atau yang dikenal dengan PIR memancarkan gelombang dan memberikan signyal apabila terdapat gerakan pada jangkauan pembacaan sensor, kemudian signyal diteruskan ke mikrokontroler dan memberikan output signyal ke rangkaian kontrol AC split. Apabila suhu pada ruangan tidak sesuai dengan yang diinginkan, pengguna dapat merubah pada perangkat SELACTION  sesuai dengan keinginan pengguna, agar tidak mengurangi rasa kenyamanan pengguna. pembuatan rancang bangun sistem SELACTION untuk penghematan energi listrik yang dilakukan sudah dapat melakukan ON/OFF automatis serta mengatur suhu secara otomatis pada AC dengan perangkat yang  portable. Alat SELACTION automatis ini ialah bekerja pada saat merespon aktifitas manusia dalam sebuah ruangan. Maka dalam penelitian ini difokuskan pada penghematan yang dapat dilakukan dengan mempergunakan alat SELACTION. Menggunkan uji experimen dengan variabel yang sama dan menggunkan uji tkomperatif uji t. Uji komparatif digunakan untuk mencari dan mengetahui hubungan antara variabel dalam panelitian, agar medapatkan selisih penghematan energi listrik yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat SELACTION.
RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BERBASIS WEB PADA UNIVERSITAS RAHARJA Handayani, Indri; Lutfiani, Ninda; Kristanti, Citra Yulian
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22828

Abstract

Hak Kekayaan Intelektual atau biasa disebut dengan HKI adalah Hak ekonomis yang dimiliki oleh seseorang bagi hasil pemikirannya yang berbentuk produk ataupun proses yang berguna bagi manusia. Pengelolaan serta pemanfaatan HKI saat ini masih dirasa kurang maksimal, informasi terkait HKI belum tersampaikan kepada masyarakat luas. Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk mengelola serta memanfaatkan hasil kegiatan dan inovasinya yang kemudian hasil tersebut wajib untuk disebarluaskan. Sistem Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual sangatlah penting bagi Perguruan Tinggi dalam mengelola serta menyebarluaskan informasi terkait HKI.  Namun, saat ini sistem pengelolaan HKI yang ada di Universitas Raharja masih bersifat manual sehingga penyebarluasan informasi terkait HKI masih belum dapat dilakukan. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan adanya sebuah Sistem Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Berbasis Web supaya dapat mengelola sekaligus menyebarluaskan informasi terkait HKI yang diakses secara online sehingga informasi didapatkan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT dan menggunakan Content Management System (CMS). Kata kunci— Sistem Pengelolaan, Hak Kekayaan Intelektual, Website
PENGISI DAYA BATERAI TELEPON SELULER PORTABEL BERBASIS PANEL SURYA Ariawan, Ketut Udy
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22818

Abstract

Panel surya atau sering disebut solar cell merupakan suatu alat atau komponen yang terdiri dari sel surya yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Panel surya ini dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik mini, salah satunya sebagai pengisi daya baterai telepon seluler yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Panel surya yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan 5 Volt, daya 1.2 Watt, arus 240 mA, dan memiliki dimensi ukuran 11 x 7 cm. Buck boost step down converter yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan input 5-32 Volt, tegangan output 1.2-35 Volt, dan menggunakan chip XL6009. Rangkaian modul pengisi daya baterai yang digunakan seri TP4056 Li-ion dengan spesifikasi tegangan input 4.5-5.5 Volt. Rangkaian modul USB yang digunakan memiliki spesifikasi tegangan input 6-40 Volt, dan tegangan output 5 Volt. Pada pengisi daya baterai telepon seluler portabel ini, sinar matahari mendorong solar cell mengeluarkan tegangan untuk mengisi sebuah baterai yang bertujuan menyimpan tegangan dari solar cell. Output dari solar cell maksimal 5 VDC dan output dari baterai maksimal 3.7 VDC dengan menggunakan buckboost converter, output dari rangkaian menjadi 5 VDC. Intensitas cahaya matahari sangat mempengaruhi output tegangan solar cell. Intensitas cahaya matahari terbesar terjadi pada pukul 12.00 Wita, dengan rata-rata intensitas cahaya yang diperoleh sebesar 63.000 Candela menghasilkan tegangan sebesar ± 5.3 Volt dan arus sebesar ± 0.06 Ampere. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh waktu pengisian daya baterai telepon seluler, yaitu 2 jam 10 menit. Kapasitas baterai pengisi daya berada pada level 1 strip, yang mampu mengisi kapasitas baterai telepon seluluer hingga 29%.
RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SULA POLITEKNIK NEGERI SUBANG Efendi, Adhan
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe mobil listrik sula Politeknik Negeri Subang. Proses manufaktur melalui beberapa tahap seperti membaca desain rancangan, mengukur benda kerja, memotong benda kerja, penyambungan, assembly, dan uji coba. Proses ini sangat menunjang hasil akhir pada manufaktur rangka utama mobil listrik sula. Hasil rangka mobil listrik sula dilakukan dengan uji jalan trak 1 km dan beban penumpang 50 kg. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prototipe mobil listrik sula yang dibuat telah memenuhi standar untuk diikutkan dalam lomba mobil listrik Nasional.
SISTEM MANAJEMEN DATA SKRIPSI (STUDI KASUS : PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UPN ”VETERAN” JAWA TIMUR) prami swari, made hanindia; Putra, Chrystia Aji
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25436

Abstract

Perpustakaan merupakan “dapur” dalam memproduksi ilmu pengetahuan, baik dalam bentuk buku maupun karya penelitian seperti skripsi. Keterbatasan jumlah staf perpustakaan dan tempat penyimpanan buku di perpustakaan FIK menyebabkan saat ini seluruh skripsi tersebut belum teratur peletakannya, bahkan banyak yang diletakkan di lantai begitu saja. Pengawasan yang minim serta peletakan buku dan CD skripsi yang belum tertata baik sangat memungkinkan skripsi tersebut dapat diambil pengunjung dengan sangat mudah dan sangat mungkin dapat disalahgunakan. Permasalahan lain yang terjadi adalah skripsi-skripsi tersebut membutuhkan tempat penyimpanan yang tidak sedikit dan selalu bertambah dari waktu ke waktu. Berdasarkan hasil analisis masalah yang dilakukan maka perlu dibuat sebuah sistem pengelolaan skripsi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan terstruktur dalam pembuatannya dan mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak dengan model waterfall yang terdiri dari kegiatan analisis masalah dan kebutuhan, perancangan sistem, implementasi sistem, serta pengujian sistem. Data skripsi yang akan dijadikan sumber pustaka berasal dari koleksi skripsi yang dikumpulkan dalam bentuk CD di perpustakaan FIK UPN “Veteran” Jawa Timur. Untuk menghindari kemungkinan penyalahgunaan skripsi, maka data-data yang diakses dapat diatur sesuai hak akses pengguna. Melalui sistem ini skripsi mahasiswa dapat disimpan dalam bentuk digital sehingga dapat dilestarikan tanpa menghabiskan tempat dan dapat diakses dengan lebih mudah.
STEM : INNOVATION IN VOCATIONAL LEARNING Fathoni, Ahmad; Muslim, Supari; Ismayati, Euis; Rijanto, Tri; -, Munoto; Nurlaela, Lutfiyah
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832

Abstract

AbstractIndonesia with a population of more than 200 million people, has an obligation to produce quality human resources to be able to compete with other countries. The problem currently faced is the high level of open unemployment, especially in SMK graduates. One way to improve the quality of human resources is by providing innovation in the learning process, especially in the field of vocational learning. Learning that can be applied in vocational education is learning based on STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). The purpose of this study is to describe more deeply about STEM learning as an innovative learning process that can be applied in vocational learning. The study was conducted using the literature review method of relevant research references and results, which were continued through focus group discussions (FGD). This study obtained the results of (1) STEM learning successfully applied both abroad and domestically; (2) it can improve students' creativity and critical thinking; (3) STEM learning can be integrated with learning models such as Project Based Learning, Problem Based Learning and cooperative learning; (4) Make students more confident in their future careers; and (5) STEM learning is very suitable for use in 21st century learning, especially in the vocational field so that STEM learning can be used as a solution in improving the quality of human resources and developing 21st century skills skills and in accordance with the objectives of vocational learning Keywords : STEM, Innovation, Learning, Vocational
PENGEMBANGAN TRAINING KIT KENDALI ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN MENGOPERASIKAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK Krismadinata, Krismadinata; Anwar, Anwar; Akbar, Junaidi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 18, No 1 (2021): Edisi Januari 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v18i1.29502

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang proses perancangan dan pembuatan produk media pembelajaran training kit kendali elektronik dengan tujuan mengetahui validitas, kepraktisan, efektivitas training kit dan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media training kit kendali elektronik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Model yang digunakan Borg & Gall dengan langkah penelitian yang digunakan adalah potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produk final. Validator training kit terdiri dari dosen ahli media pembelajaran, dosen ahli materi pembelajaran, dan guru mata pelajaran mengoperasikan sistem kendali elektronik. Validitas training kit diketahui berdasarkan pendapat validator terhadap training kit yang dikembangkan. Kepraktisan training kit dilihat dari pendapat guru mata pelajaran dan siswa setelah menggunakan training kit. Efektifitas training kit dilihat dari penilaian kinerja siswa pada saat melakukan praktikum menggunakan training kit. Hasil validitas dengan kategori sangat valid ditinjau dari komponen isi dan tujuan, instruksional dan teknis. Hasil kepraktisan dengan kategori sangat praktis di tinjau dari kemudahan penggunaan, waktu yang diperlukan dalam pelaksanaan, mudah di interprestasikan dan memiliki ekivalensi. Hasil efektivitas dengan kategori sangat efektif di tinjau dari ketuntasan siswa terhadap materi yang diajarkan menggunakan media training kit yang dikembangkan.
OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR MELALUI SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA Setyowati, Wiwit Wahyu
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23018

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang diciptakan untuk terlaksananya pembelajaran yang terdiri dari proses pengajaran dan belajar dengan harapan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan upaya dengan optimalisasi pestasi belajar siswa. Pertanyaan yang diajukan yakni “apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa?” dengan tujuan untuk mengetahui apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Melalui kajian literatur beberapa referensi dan penelitian yang relevan, analisa hasil penelitian, dan kemudian dilaksanakan focus group discussion. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Optimalisasi hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatkan kemandirian belajar siswa khususnya jurusan multimedia; (2) Adapun peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai langkah seperti perencanaan pembelajaran yang lebih mengarah pada penumbuhan sikap belajar secara mandiri baik berbantuan media atau kolaborasi metode pembelajaran yang bervariasi; (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran untuk optimalisasi hasil belajar melalui sikap kemandirian belajar perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti sarana prasarana serta kelengkapan pembelajaran baik pihak sekolah maupun siswa.
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat Nashiroh, Putri Khoirin; Ekarini, Fitria; Ristanto, Riska Dami
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 1 (2020): Edisi Januari 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906

Abstract

Kemampuan pedagogik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kulian Pengembangan Program Diklat; dan (2) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian pre-eksperimental yang melibatkan 1 kelas eksperimen. Hasil rata-rata pretes adalah 50,26 dan rata-rata postes adalah 78,07. Hasil uji-t sampel berpasangan pretes-postes menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata secara signifikan hasil pretes dengan postes. Persentase respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran sebesar 87,21%. Hasil Nilai N-Gain menunjukkan persentase 56%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa dengan kategori efektivitas peningkatan kemampuan pedagogik cukup efektif dan kategori respon mahasiswa sangat efektif.
EFEKTIVITAS MEDIA E-LEARNING DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI 1 SAWAN Artha, I Komang Dodi; Sugihartini, Nyoman; Wahyuni, Dessy Seri
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media e-learning pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X di SMK Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah Research and Devlopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sawan dengan jumlah 32 peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran pemrograman dasar. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan beberapa instrument diantaranya yaitu lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan serta angket respon guru dan peserta ddiik. Hasil penelitian untuk uji kevalidan media e-learning didapatkan dari hasil perhitungan rata-rata uji ahli isi, ahli media dan ahli desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid.  Hasil perolehan nilai N-Gain untuk mengetahui tingkat efektivitas media e-learning memperoleh skor sebesar 0,76 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respon guru dan peserta didik memperoleh skor sebesar 48 dan 63,37 dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan media e-learning telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan, keefktifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: Media E-learning, Model Pembelajaran Guided inquiry, Model ADDIE.

Page 1 of 17 | Total Record : 169